ISI

SETELAH 2 TAHUN PENANTIAN, JEMBATAN GANTUNG BELIMBING HARI INI DIRESMIKAN


20-March-2018, 19:03


Muara Enim,(Pendam II/Swj) – Selama 42 hari proses pengerjaannya, akhirnya perbaikan Jembatan Gantung yang melintang diatas Sungai Lematang penghubung Desa Berugo dengan Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumsel, telah selesai dikerjakan secara swadaya oleh para Prajurit jajaran Kodam II/Swj bersama masyarakat sekitar lokasi jembatan.

Dan pada hari ini, Selasa (20/3/2018), Pangdam II/Swj AM. Putranto, S. Sos., meresmikan penggunaan Jembatan Gantung sepanjang sekitar 182 meter dan lebar 1,5 meter tersebut di lokasi Jembatan Desa Berugo Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita yang dilakukan langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., dan dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain, Kadispenad yang diwakili Kabag Penerangan Elektronik, Kolonel Inf Fadjar Tjahjono, Para Asisten Kasdam II/Swj, Para Komandan dan Kabalakdam II/Swj beserta Danyonzipur 2/SG, Dandim 0404/ME, Bupati Muara Enim beserta FKPD, Direktur PT. Tanjung Enim Lestari Pulp and Paper, PT. Musi Hutan Persada dan PT. Semen Baturaja, Para Pejabat ditingkat Kecamatan dan Desa se-wilayah Kabupaten Muara Enim, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda beserta masyarakat dan tamu undangan lainnya.

“Selaku Pangdam II/Swj sekaligus sebagai pribadi, saya merasa bangga dan mengucapkan terima kasih, atas kebersamaan serta sinergitas kita selama lebih kurang 42 hari ini, sehingga proses perbaikan Jembatan Gantung yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat ini dapat terselesaikan”, ungkapnya.

Semoga dengan dioperasionalkannya kembali Jembatan Gantung ini, sambung Pangdam, akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di sekitarnya, dapat memperlancar aktivitas sehari-hari para warga, dan kesejahteraan rakyat semakin meningkat. “Terutama bagi anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa, agar mereka tidak lagi mengambil resiko atau membahayakan dirinya dengan bergelantungan menyeberangi jembatan hanya untuk bisa menuju ke sekolah atau kembali ke rumah masing-masing”, ujar Mayjen Putranto.

Pangdam II/Swj menjelaskan bahwa, perbaikan Jembatan Gantung ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial TNI AD, khususnya Kodam II/Swj, beserta Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan komponen bangsa lainnya, terhadap kondisi kehidupan masyarakat yang mengalami kesulitan.

“Ini adalah wujud nyata dari Kemanunggalan antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dengan Rakyat, yang harus tetap kita bangun dan lestarikan, karena kita menyadari tanpa keikutsertaan Rakyat, TNI/Polri tidak akan dapat menjalankan tugas pokoknya secara optimal”, ujarnya,

Pada kesempatan itersebut Pangdam juga berpesan, agar Jembatan Gantung yang telah diperbaiki tersebuti dipelihara dan dirawat dengan baik untuk memperpanjang usia pakai, serta difungsikan sebagaimana mestinya. “

Pada akhir sambutannya, Pangdam II/Swj juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim, PT. Tanjung Enim Lestari Pulp and Paper, PT. Musi Hutan Persada, PT. Semen Baturaja, dan semua pihak yang telah mendukung serta ikut berpartisipasi dalam kegiatan Karya Bakti Kodam II/Swj dengan sasaran perehaban Jembatan Gantung.

“Khusus kepada para prajurit Kodam II/Swj, tak henti-hentinya saya ingatkan, dimanapun kalian berada harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan bantulah untuk mengatasi setiap kesulitan rakyat di sekelilingmu. Bekerjalah dengan ikhlas, dilandasi oleh hati nurani dan jangan pernah sekalipun mengharapkan imbalan atau pujian atas hasil karya kalian”, pungkasnya.

Sebelumnya, sejak tahun 2016 lalu, jembatan gantung yang melintang diatas Sungai Lematang penghubung Desa Berugo dan Tanjung Dalam, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan ini, tidak bisa difungsikan akibat kondisinya yang rusak berat.

Kondisi ini tentunya menjadi salah satu faktor penghambat kelancaran aktivitas kedua warga desa, khususnya anak-anak sekolah yang setiap hari harus meniti serpihan-serpihan kerangka jembatan agar bisa menuju ke sekolah. Kisah para siswa beserta warga, yang yang berjuang hingga mencapai ke daratan seberang inipun akhirnya diberitakan oleh salah satu stasiun TV swasta nasional, hingga diketahui oleh Kasad Jenderal TNI Mulyono.

Informasi mengenai kondisi kerusakan jembatan inipun akhirnya disampaikan kepada Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos. Seketika itu juga pimpinan TNI AD di wilayah Sumbagsel ini memerintahkan unsur-unsurnya untuk mencari tahu lokasinya dan diketahui berada di wilayah Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim.

Itulah awal dimulainya perbaikan jembatan gantung yang dibangun oleh Pemkab Muara Enin pada 2006 silam. Pada tanggal 5/2/2018 atas perintah Pangdam II/Swj, dilakukan survey dan penyiapan material oleh Kodim 0404/Muara Enim dan sehari kemudian (6/2/2018) proses perbaikan pun dimulai. Selanjutnya Yonzipur-2/SG yang bermarkas di Prabumulih ditunjuk sebagai pelaksana utama di lapangan, mengingat satuan ini merupakan salah satu unsur TNI AD yang berkemampuan melaksanakan fungsi teknis militer Zeni, baik di daerah pertempuran maupun daerah aman.

Kegiatan Karya Bakti Kodam II/Swj dengan sasaran jembatan gantung yang melibatkan kedua satuan ini ternyata bukan pekerjaan yang ringan. Kencangnya hembusan menyebabkan badan jembatan selalu bergoyang sehingga diperlukan penguatan pada konstruksi jembatan. Terlebih kondisi cuaca beberapa bulan terakhir hujan sehingga target perbaikan yang direncanakan memakan waktu 3 minggu hingga 1 bulan, terpaksa mundur menjadi 42 hari.

Berdasarkan data, jembatan ini sudah 3 kali diadakan peningkatan dan perbaikan, pada tahun 2008, 2012 serta 2013. Namun pada akhir tahun 2016, kembali mengalami kerusakan.

Jembatan 182×1,5 Meter yang telah diresmikan kembali pengoperasionalannya oleh Pangdam II/Swj ini, merupakan akses utama para siswa menuju ke sekolah, Puskesmas dan Pasar Kalangan yang berada di Teluk Lubuk. Selama 2 tahun terakhir, masyarakat harus menggunakan jalan lambung hingga 8 Km atau menaiki sampan untuk dapat mencapai ke seberang. (BSD)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

LAHAT - 9-July-2024, 19:31

HUT SRC ke-16 Sekaligus Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Lahat 

OI - 9-July-2024, 19:10

Deklarasi Pencanangan Zona Integritas dan Penandatanganan Pakta Integritas Pemkab Ogan Ilir

BANYU ASIN 9-July-2024, 19:01

Pembangunan Jalan Desa Sedang-Saterio Tuntas 100 Persen, Masyarakat Senang! 

PALEMBANG - 9-July-2024, 18:59

Erick Thohir Tinjau Program TJSL PLN Hidroponik Sako Baru Yang Sukses

JAKARTA - 9-July-2024, 18:55

Pj. Bupati Banyuasin Koordinasi Dan Silahturahmi Dengan Menteri Kesehatan RI 

MUBA - 9-July-2024, 18:54

Sekda Apriyadi Sambangi Perbaikan Jalan dan Rumah Relokasi di Desa Teluk Kijing 

OKU - 9-July-2024, 18:53

Kapolres OKU Melayat Ke Rumah Duka Suami Personel ASN Yang Meninggal

LAHAT - 9-July-2024, 13:49

Ratusan Anggota Banser NU PC Lahat Siap Menangkan Yulius Maulana ST di Pilkada Lahat 

OI - 8-July-2024, 23:23

Wabup Ogan Ilir Berharap Muncul Atlet Unggul di Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2024

LAHAT - 8-July-2024, 23:02

Makin Solid, Tim Pemenangan Yulius Maulana Kompak Hadiri Undangan di 6 Kecamatan 

LAHAT - 8-July-2024, 22:50

Tim Yulius Maulana Hadiri Acara Lomba Keagamaan 

OKU - 8-July-2024, 19:20

Pengedar Narkoba Dibekuk Satnarkoba Polres OKU

JAKARTA - 8-July-2024, 15:00

Pj. Bupati Banyuasin Hadiri Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Pemerintah Pusat Tahun 2023 

BANYU ASIN 8-July-2024, 14:53

LAPAS BANYUASIN TERIMA SOSIALISASI PERMENKUMHAM NOMOR 8 TAHUN 2024 DAN TATA CARA PELAKSANAN LITMAS 

MUBA - 8-July-2024, 13:40

Masyarakat Kota Sekayu Resah Maraknya Pencurian, Warga : Jangan Sampai Kami Main Hakim Sendiri 

MUBA - 8-July-2024, 09:28

Apriyadi Sidak Malam Hari, Awasi Perbaikan Jalan di Sekayu 

LAHAT - 7-July-2024, 21:03

Polsek Merapi Barat Ungkap Percobaan Curat 

PALEMBANG - 7-July-2024, 08:34

PLN UP3 Palembang Edukasi Manfaat dan Bahaya Listrik

LAHAT - 6-July-2024, 20:45

Jabatan Kades 8 Tahun, PJ Bupati Lahat Akui Telah Mempersiapkan Semua Administrasi Diperlukan 

LAHAT - 6-July-2024, 20:18

Para Santri dan Kyai Ponpes An-Nur Doakan Hj Lidyawati Jadi Bupati 

LAHAT - 6-July-2024, 19:45

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto Mengucapkan Selamat Ultah ke-49 Tahun Yulius Maulana ST 

BANYU ASIN 6-July-2024, 17:54

Surat Rekomendasi DPRD Banyuasin dan Mediasi Perangkat Desa Paldas di Komisi I DPRD Banyuasin 

LAHAT - 6-July-2024, 14:08

Mappilu PWI Lahat Siap Tancap Gas dan Siapkan Sejumlah Program Kerja 

PALEMBANG - 6-July-2024, 13:54

Abdul Aziz Kamis Tokoh KAHMI Sumsel Berpulang, Selamat Jalan Kanda Kami: Engkau Orang Baik 

MUBA - 5-July-2024, 23:20

Pemkab – DPRD Muba Kolaborasi Perjuangan Nasib Tenaga non ASN Datangi Kemenkes RI

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE