ISI

PENTINGNYA SARPAS DALAM PENDIDIKAN


4-May-2018, 09:30


BANYUASIN — Salah satu aspek yang seharusnya mendapat perhatian utama oleh setiap pengelola pendidikan adalah mengenai fasilitas pendidikan. Sarana pendidikan umumnya mencakup semua fasilitas yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMAN) Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Drs. Hertining Dyah L saat ditemui di ruang kerjanya. Jum’at (04/05).

“SMAN 1 Suak tapeh ini baru mulai memasuki tahun ketiga, jelas sarana dan prasarananya masih sangat banyak kekurangan, salah satunya lapangan sekolah ini perlu adanya perbaikan karena setiap dimusim hujan lapangan memjadi becek sehingga segala aktivitas di sekolah menjadi terganggu,”kata dia.

Untuk itu lanjut dia, kita sangat berharap adanya kepedulian dari pihak perusahaan agar dapat memberikan bantuan demi kemajuan pembangunan sekolah ini. “Sebelumnya  dari PT. Metco Allhamdulillah telah memberikan bantuan untuk membangun lapangan Volly Ball,” ujar dia. 

Dia juga mengatakan bahwa pada tahun 2018 ini, sekolahnya juga mendapatkan bantuan dari pusat melalui dana dari APBN untuk pembangunan ruang leb komputer dan RKB  sebanyak dua kelas. “Ya semua ini berkat kerja keras operator sekolah kita yang selalu bekerja dengan baik sehingga tahun ini kita bisa mendapat bantuan dana dari pusat,” jelas dia.

Menurut dia fasilitas sekolah yang langsung digunakan seperti Gedung, ruangan belajar  atau kelas, alat-alat atau media pendidikan, meja, kursi, dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan fasilitas/prasarana adalah yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, seperti halaman, kebun atau taman sekolah, maupun jalan menuju ke sekolah.

Fasilitas pendidikan pada dasarnya kata dia, dapat dikelompokkan dalam empat kelompok yaitu tanah, bangunan, perlengkapan, dan perabot sekolah (site, building, equipment, and furniture). 

“Agar semua fasilitas tersebut memberikan kontribusi yang berarti pada jalannya proses pendidikan, hendaknya dikelola dengan baik. Sedangkan Manajemen yang dimaksud melipuiti (1) Perencanaan, (2) Pengadaan, (3) Inventarisasi, (4) Penyimpanan, (5) Penataan, (6) Penggunaan, (7) Pemeliharaan, dan (8) Penghapusan,” papar dia.

Jadi lanjut dia, secara umum sarana dan prasarana adalah alat penunjang keberhasilan suatu proses upaya yang dilakukan di dalam pelayanan publik, karena apabila kedua hal ini tidak tersedia maka semua kegiatan yang dilakukan tidak akan dapat mencapai hasil yang diharapkan sesuai dengan rencana.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses pendidikan, bahwa kualitas pendidikan tersebut juga di dukung dengan sarana dan prasarana yang menjadi standar sekolah atau instansi pendidikan yang terkait. Sarana dan prasarana sangat mempengaruhi kemampuan siswa dalam belajar,” tutur dia.

Hal ini menunjukkan terang dia, bahwa peranan sarana dan prasarana sangat penting dalam menunjang kualitas belajar siswa. Misalnya saja sekolah yang berada di kota yang sudah memiliki faslitas laboratorium komputer, maka anak didiknya secara langsung dapat belajar komputer.

“Sedangkan sekolah yang berada di desa  tidak memiliki fasilitas itu dan tidak tahu bagaimana cara menggunakan komputer kecuali mereka mengambil kursus di luar sekolah,” kata dia.

Lebih jauh dikatakan dia, Pengelolaan itu dimaksudkan agar dalam menggunakan sarana dan prasarana di sekolah bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Pengelolaan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang amat penting di sekolah, karena keberadaannya akan sangat mendukung terhadap suksesnya proses pembelajaran di sekolah. 

“Dalam mengelola sarana dan prasarana di sekolah dibutuhkan suatu proses sebagaimana terdapat dalam manajemen yang ada pada umumnya, yaitu mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pemeliharaan dan pengawasan. Apa yang dibutuhkan oleh sekolah perlu direncanakan dengan cermat berkaitan dengan sarana dan prasarana yang mendukung semua proses pembelajaran.,” jelas dia.

Dikatakan dia bahwa, Pentingnya Sarana dan Prasarana dalam Proses Pembelajaran karena Sekolah merupakan lembaga sosial yang keberadaannya merupakan bagian dari sistem sosial bangsa yang bertujuan untuk mencetak manusia susila yang cakap, demokratis, bertanggung jawab, beriman, bertaqwa, sehat jasmani maupun rohani, memiliki pengetahuan dan keterampilan, berkepribadian yang mantap serta mandiri.

“Agar tujuan tersebut dapat tercapai maka dibutuhkan kurikulum yang kuat, baik secara infrastruktur maupun suprastruktur. Kurikulum ini nantinya yang akan digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan seluruh kegiatan pembelajaran, khususnya interaksi antar pendidik dengan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar,” Pungkas dia. (Adam)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PALEMBANG - 7-June-2024, 20:12

BAWASLU SUMSEL AKAN TURUN GUNUNG TERKAIT PERHITUNGAN ULANG SURAT SUARA DI LAHAT 

OKU - 7-June-2024, 19:45

Sebanyak 1.740 PPPK Dilantik Oleh Pj. Bupati OKU

LAHAT - 7-June-2024, 18:25

MK PUTUSKAN HITUNG ULANG 6 TPS DAPIL 4 HASIL PILEG 2024 

LAHAT - 7-June-2024, 15:53

Ini Pesan YM Saat Safari Jum’at di Masjid Darussalam Desa Selawi 

OKU - 7-June-2024, 12:19

Truk Berisi Batubara Terjungkal di Jalan Cor Beton Batu Kuning

LAHAT - 7-June-2024, 10:56

Setiap Jum’at, Plaza Ayik Lematang Bakal Dijadikan Pusat Senam Lansia dan Jantung 

LAHAT - 7-June-2024, 09:17

CALYSTHA : “WIDYA NINGSIH, REPRESENTATIF KAUM MUDA DAN MEWAKILI GENDER PEREMPUAN” 

LAHAT - 6-June-2024, 23:59

Polres Lahat, Polda Sumsel Giat Bansos Peringati Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 

BANYU ASIN 6-June-2024, 23:59

PJ BUPATI BANYUASIN RESPON CEPAT KERUSAKAN JALAN OPI RAYA 

BANYU ASIN 6-June-2024, 23:59

HANI SYOPIAR RUSTAM INGATKAN KESELAMATAN KERJA SANGAT PENTING 

LAHAT - 6-June-2024, 21:29

ARIADI : “PAN USUNG BURSAH ZARNUBI, DI PILKADA LAHAT”

PALEMBANG - 6-June-2024, 21:21

Korsahli Kapolri Irjen Eddy Sumitro Tambunan di Polda Sumsel : Orientasi Penggunaan Medsos Untuk Pelayanan Masyarakat 

MUBA - 6-June-2024, 21:19

Kunjungi Muba, Kabupaten Muara Enim Belajar Penerapan Sistem Sewa Kendaraan Dinas 

PALEMBANG - 6-June-2024, 21:18

Tak Mengenal Lelah, YM Langsung Jenguk Warga Lahat di RSMH Palembang 

OKU - 6-June-2024, 20:56

Mutasi Jabatan di Polres OKU, Ini Dia Nama-Namanya ..

JAKARTA - 6-June-2024, 20:48

YM dan HD Ngobrol Santai Bersama Para Tokoh Politik 

JAKARTA - 6-June-2024, 20:47

YM dan HD Ngobrol Santai Bersama Para Tokoh Politik 

LAHAT - 6-June-2024, 16:20

ARISTOTILES : INI BAYANG BAYANG CALON BUPATI LAHAT AKAN DIUSUNG PARTAI PBB

LAHAT - 6-June-2024, 09:54

LSPI , NETRALITAS PILKADA HARGA MATI PENYELENGGARA PEMILU JANGAN JADI BONEKA 

JAKARTA - 5-June-2024, 20:59

PPP Rekomendasikan YM – ARY Maju di Pilkada Lahat 2024 

LAHAT - 5-June-2024, 20:13

Warga Lahat Keluhkan Alat Elektronik Banyak Yang Rusak 

LAHAT - 5-June-2024, 20:11

Surat Tugas DPP Diberikan, Puluhan Ribu Kader DPC Demokrat Lahat Siap Memenangkan Pasangan “BERLIAN” 

PALEMBANG - 5-June-2024, 18:52

Kapolda Sumsel Koordinasi dengan GM PLN UID Sumsel Terkait Padamnya Aliran Listrik 

LAHAT - 5-June-2024, 18:20

Peringati HLH Sedunia, PJ Bupati Lahat Ajak Masyarakat Fokus Restorasi Lahan 

LAHAT - 5-June-2024, 18:19

Jika Diberikan Mandat, BERLIAN Canangkan Program Ekonomi Kerakyatan 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE