ISI

SUSNO DUADJI : PERINGATAN TAHUN BARU HIJRIYAH SAAT TEPAT UNTUK HIJRAH


30-September-2016, 11:52


PALEMBAMG – Jumat siang ini 30 September 2016 warga Desa Merah Mata-Pulau Borang, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin bertempat di Pelataran halaman Rumah Kepala Desa, Bpk. H. Ruslan memeperingati TahunBaru Islam 1 Muharam 1438 H, dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok pengajian, pemuda setempat.

Pada kesempatan tersebut saya sampaikan bahwa ;

Pertama kali tahun baru penanggalan Islam, Hijriyah dimulai dan ditetapkan di era Khalifah Umar ibnu al-Khattab atas saran dari menantu Rasulullah SAW, yakni Ali bin Abi Thalib kemudian diputuskan dalam suatu musyawarah , perhitungan penanggalan berpatokan pada hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah yaitu ; Rasul sampai di Madinah pada hari Senin, 12 Rabi’ al-Awwal yang bertepatan dengan tanggal 24 September 622 M.

2016-09-30_11-55-42

Kedua setiap memperingati tahun baru adalah momentum yang terbaik untuk kita semua mengadakan koreksi dari ; apakah kwalitas keimanan dan ketaqwaan saya ditahun ini lebih baik atau lebih buruk dari tahun sebelumnya, dan apakah ditahun yang akan datang ada atau tidak niat dan kemauan untuk memperbaiki kwalitas keimanan dan ketaqwaan dibanding tahun sebelumnya.

Ketiga jangan lah mengukur kwalitas dan kesuksesan hidup dengan tolak ukur duniawi yang lenuh dengan tiluan, kebohongan dan kepalsuan. Apa yang nampak baik dan elok belum tentu baik dan elok kalau dijalani, demikian juga apa yang nampak buruk dari sudut pandang manusia /duniawi belum tentu buruk di hadapan Allah SWT ; “Ketahuilah bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu dan berbangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani,,,,,, dst. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu” (Al Hadit :20)

Keempat ukuran derajat kemuliaan manusia dihadapan Allah SWT bukanlah harta, pangkat, jabata, dan kebendaa, melainkan tingkat keimanan dan ketakwaan ; ” Hai manusia ,,,,,. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertagwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Mahamengetahui lagi Mahamengenal” (Al Hujarat :13)

Kelima kalau kita sudah mengetahui dengan oasti dan yakin dengan keimanan kita bahwa harta,pangkat, jabata, dll yang bersifat duniawi bukanlah tolak ukur kemuliaan di hadalan Allah SWT ; mengapa kita masih lebih mengutamakan duniawi ; harta, jabatan, langkat, dan lain yang bersifat kebendaan yang toh akan menyesatkan kita akan membawa kita menuju ke neraka ?

Keenam sehubungan dengan kondisi duniawi perpolitiakan di Indonesia , khususnya di berbagai daerah saat ini ; berita Pilkada Bupati/ Walikota / Gubernur menghiasi pemberitaan berbagai media nasional dan lokal, media cetak media elektronik, audio dan visual termasuk media sosial… Kalau kita tidak waspada dan pandai menyikapinya maka pemberitaan ini dapat merayu kita untuk lebih mengutamakan duniawi dari pada akhirat.

Ketujuh bukan hal yang aneh, bahkan dipandang lumrah dan benar banyak orang yang mengejar jabatan duniawi melalui Pilkada dengan harapan mendapatkan jabatan duniawi menjadi gubernur/ walikota / bupati atau wakilnya, dengan cara menghalalkan berbagai cara yang berdasarkan tolak ukur agama tidak dibenarkan, misal ;

~ membeli dukungan partai politik , dengan nama uang lerahu / uang mahar, dan berbagai nama yang sejenis yang konon khabarnya tidak lah murah, pokoknya duitnya gede,, deh ! Semoga saja konon khabarnya ini tidaklah benar,

~ konon khabar nya ada calon yang membeli suara pemilih dengan “menyumbang” ,,, ya nyumbang tanda petik karena numbang ada tujuan tertentu, misal ngasih mobil, sepeda motor, dll Pada hal sanak familinya jauh kebih membutuhkan,, atau kadang kala memberi uang atau sembako,,, tapi dihari-hari biasa saat bukan di musim Pilkada ,,, si dia nyumbang panti yatim, panti jompo, panti sosial, tetangga yang dalam kondisi kekeruangan ,, koq ogah !

~ ngabisi duit untuk pasang baliho dan spanduk dengan photo gede dan menarik , dengan wajah yang dibuat santun dan ramah, kalo sudah tua dibikin jadi lebih muda dan ganteng,,, jumlahnya puluhan ribu,,, tentunya ngabisin duit ber Milyar juga,,,
~ bicara di media ; ngejelekin calon lain,,, fitnah,,, khabar bohong dan lain nya,,,
~ dan lain dan cara yang menurut standard Agama sungguh tidak dibenarkan.

Kedelapan politik itu indah, muliah, sangat diperlukan sepanjang diaplikasikan berlandaskan moral, etika, hukum, dan ketaqwaan karena tujuan nya mulia untuk kesejahteraan umat,,,, kalau ada penyimpangan yang salah bukan politiknya melainkan perilaku pelaku politik.

Kesembilan , marilah di saat kita memperingati tahun baru Islam 1 Muharam 1438 H ini kita koreksi diri kita masing-masing ;

~ Apakah kita masih tamak, haus harta , haus jabatan dan pangkat, menghalakan cara yang diharamkan oleh agama untuk mendapatkan semua itu.

~ apakah semua yang bersifat duniawi itu akan kita bawak pulang ke akherat ? Atau akan ditinggal menjadi objek rebutan anak cucu, yang akan memecah belah persaudaraan,,

~ berapa tahun lagi sih,,, kita hidup ? Tarolah seratus tahun lagi , apakah 100 tahun itu lama ? Apakah 100 tahun itu gak akan berakhir ?

Kesepuluh ; marilah momentum 1 Muharam 1438 H ini kita gunakan sebagai momentum koreksi untuk membuat keseimbangan dunia dan akhirat, apa yang kita perbuat di dunia ini adalah untuk kepentingan menuju akhirat.

Mari kita semua sebagai bangsa Indonesia khususnya umat Islam menghormati, memberi makna peringatan 1 Muharram dengan semangat ; perdamaian, kerukunan. Sebagaimana khutbah Nabi Muhammad SAW. pada Haji Wada’ yang juga di bulan haram, meminta agar ummatnya tidak saling bermusuhan, tidak melakukan kekerasan / tidak berperang satu sama lain.
Semoga !
Aamiin Yra

Susno Duadji
————————–
~ Penasihat Syarikat Dagang-Syarikat Islam
~ Ketua Umum TP Sriwijaya
~ Ketua KP3I
~ Datuk Patani Sumsel

(FIRDAUS)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

LAHAT - 27-September-2024, 14:04

Tim Satops Patnal Kemenkumham Sumsel di Back-Up Pegawai Lapas IIA Lahat Gelar Razia Dilapas 

MUBA - 26-September-2024, 20:22

Bersaing Kreativitas, Sebanyak 187 Peserta Ramaikan Kegiatan Karnaval dan Pawai Kendaraan Hias 

MUBA - 26-September-2024, 20:21

Hadiri Peringatan Maulid Nabi, Plt Asisten II Setda Muba Pesan Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada Serentak 

LAHAT - 26-September-2024, 16:41

Penyerahan Tersangka dan BB Tahap II Kasus Korupsi DD Tanjung Raya Kecamatan Tanjung Tebat Tahun 2020 

LAHAT - 26-September-2024, 15:57

Melalui YBM, PLN UP3 Lahat Serahkan Makanan Bergizi Cegah Stunting di Kabupaten Lahat

JAKARTA - 26-September-2024, 14:40

Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri Laporkan Kinerja Setahun Kepada Kapolri

JAKARTA - 26-September-2024, 13:27

Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri Laporkan Kinerja Setahun Kepada Kapolri 

LAHAT - 26-September-2024, 12:41

Jaksa Bebaskan Tulang Punggung Keluarga Dari Jeratan Pasal Pencurian 

LAHAT - 26-September-2024, 10:43

BPJS Launching Program Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan 

MUBA - 25-September-2024, 20:19

Pj Bupati H Sandi Fahlepi Dorong Inovasi Pelayanan Publik dan Percepatan Transformasi Digital 

LAHAT - 25-September-2024, 20:19

Aksi Donor Darah PLN UP3 Lahat dan PMI

OKU - 25-September-2024, 16:04

Disdik OKU Gelar Rakor Tuntaskan ATS Menuju Indonesa Emas 2045

MUBA - 25-September-2024, 11:21

Motif Wanita Siram Cuka Para Ke Mantan Suami Sirih di Muba Karena Tak Mau Bantu Bayarkan Pinjaman Uang 

PALEMBANG - 25-September-2024, 11:20

Muba Raih Peringkat 1 Percepatan Penurunan Stunting di Sumsel 

LAHAT - 25-September-2024, 10:49

PLN ULP Lembayung Uprating A3CS Untuk Perkuat Keandalan

OKU - 24-September-2024, 22:02

Istri Paslon ‘BERTAJI’ Hadiri Undangan Beberapa Tempat di Batumarta II Dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Serta Relawan BERTAJI

OKU - 24-September-2024, 21:15

Istri Paslon ‘BERTAJI’ Kunjungi Istri Mantan Bupati OKU Yulius Nawawi, Disambut dengan Hadroh Nawawi Al Hajj Kebun Jeruk

MUSI RAWAS - 24-September-2024, 16:30

PLN Dorong Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat, Bersama Pemkab Musi Rawas Resmikan Jaringan Listrik di Desa Sindang Laya dan Desa Mukti Karya

LAHAT - 24-September-2024, 15:51

Tindak Lanjuti Hasil CFA, PLN UP3 Lahat Turunkan Tim PDKB

BANYU ASIN 24-September-2024, 14:15

KAPOLRES BANYUASIN MELAKSANAKAN PENGECEKAN URINE MENDADAK TERHADAP PERSONIL PROPAM POLRES BANYUASIN 

LAHAT - 24-September-2024, 12:49

Polres Lahat Doa Bersama Untuk Ciptakan Pilkada Damai 2024 

MUBA - 24-September-2024, 12:20

Ikhtiar Wujudkan Pemilu Damai, Enam Pemuka Agama Ajak Masyarakat Doa Bersama 

LAHAT - 23-September-2024, 23:59

Pengundian Nomor Urut Paslon Cabup-Cawabup Lahat Berlangsung Aman dan Damai 

MUBA - 23-September-2024, 23:59

KPU Muba Undi Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Muba 

BANYU ASIN 23-September-2024, 23:58

KPU BANYUASIN LAKUKAN PEMBATASAN TERHADAP WARTAWAN LOKAL UNTUK LIPUTAN 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE