ISI

AHLI WARIS ATAU HAK WARISAN TUGHUN MENUGHUN BERDASARKAN ADAT BESEMAH


17-April-2022, 18:03


PAGAR ALAM – Besemah adalah nama suku yang mendiami daerah lembah Gunung Dempo di Kota Pagaralam, Sumatra Selatan dan sekitarnya. Minggu, 17/04/2022

Menurut kisah para orang tua, ada tiga dewa yang menjadi puyang (nenek moyang) orang Besemah,

DEWA GUMAY [ DEWE SAKE MELUNG ] SERUNTING SAKTI [ DEWA SEMIDANG ] [ SERUNTING SAKT DAN DEWA ATUNG BUNGSU [ DEWA BESEMAH ]

Mereka bertigalah yang membuka lahan, membuat peradaban, dan menyebarkan jurai (keturunan)
Suku Besemah hingga hampir menguasai wilayah Sumatra Selatan, sebagian Jambi, dan Bengkulu. Kisah Tiga Dewa Pendiri Jagat Besemah ini diolah kembali dari sebagian penuturan narasumber jeme(orang) Besemah tentang legenda Besemah.

Kisah yang diceritakan oleh narasumber ini merupakan salah satu versi dari berbagai kisah legenda jagat Besemah. Dalam versi buku ini, legenda Besemah dibuat sebagai kisah dengan imajinasi yang diramu dari sumber utama ditambah sumber lainnya.

Dengan demikian, adalah wajar apabila pembaca menemukan kisah yang agak berbeda tentang legenda Besemah ini. Tiga dewa yang menjadi tokoh dalam buku ini, Dewa Gumay, Dewa Semidang, dan Dewa Atung Bungsu, memiliki peran masing-masing dalam mendirikan Jagat Besemah.

Mereka juga memiliki kisah dan pengalaman dalam mengemban misi mendirikan jagat Besemah. Semoga dari kisah legenda ini, pembaca dapat mengambil hikmahnya

DI dalam kisah ini juga dibuat hukum adat Besemah mengenai hak waras jeme Besemah dan berdasarkan kitap undang Yang di tulis oleh ninek PUYANG Besemah YAITU PUYANG RATU SINUHUN DIA ADALAH IBU DARI ATUNG BUNGSU ATAU DEWA BESEMAH.
BUKU TERSEBUT BERJUDUL ” SIMBUR CAHAYE “

Didalam buku tersebut telah di tulis suatu undang undang adat Besemah termasuk perkawinan dan hak waris jeme Besemah berdasarkan adat Besemah,karna ini adalah per undang undang yg sudah ada dan di sosialisasikan melalui rapat adat di bahas dalam semua suku yg ada Besemah terdiri dari 4 ( empat ) suku disebut [ lapiq empat ]
dan 2 (dua ) suku lagi yang tertua dan senior adalah suku Semidang dan penjalang disebut merdeka due

Dengan kesepakat bersama yang sangat demokratis disepakati hak waris berdasarkan adat Besemah adalah sebagai berikut :

Harta warisan yg dimaksud adalah warisan turun menurun seperti SEBUAH GHUMAH ,SEBIDANG SAWAH,SEBIDANG BELUKAGH [ LACEGHAN ] , SEBIDANG KEBUN,SEBUAH PAUK [ KOLAM IKAN ]
DAN SEPUCUK BALAU

Hak waris Harta tersebut diatas jatunya adalah hak anak Pertama laki laki,atau anak tertua laki laki di kekuarga tersebut
Misal anak pertama perempuan,ke dua juga perempuan dan yg ketiga adalah anak laki laki di dalam keluarga tersebut anak laki laki yg ke Tiga terebut adalah Hak waris harta tersebut dan yg perempuan dalam adat Besemah belaki atau ikut suaminya tidak dapat hak waris terkecuali anak perempuan tersebut Di Tunaqka atau suaminya ikut perempuan nya tentunya adalah kebijakan anak tertua laki laki tersebut menentukan atau memutuskan karna hak warisnya akan di kasih kakak perempuan nya atau adek perempuan nya.

Jadi yang punya peran disini dalam adat Besemah bukan orang tua melainkan hak WARIS adelah anak lanag Tue atau yg tertua lanang.kakak perempuan dan adek perempuan tidak punya hak menuntut minta harta tersebut karna ini hukum adat jadi tidak bisa di ganggu gugat dalam hal hukum apapun.jadi si ikhlas nya anak lanang ( laki laki ) untuk membagikan hartanya dan anak perempuan juga tau aturannya dan menerima nya dengan senang hati.

Kalau terjadi di dalam keluarga punya anak semuanya perempuan hak warisnya jatuh ke anak tertua perempuan tersebut atau yang anak perempuan juga di Tunaq kah make harta tersebut di bagi oleh orang tuanya tetapi tungguan anak Tue tadi harus di penuhi dulu baru di bagikan ke yg lainnya.

Adat Besemah menurut aku pada zaman tersebut cukup relevan dan bagus dan Suai tugas nya dan diberikan hak nya juga harus dijalankan karna anak Tue atau anak yg menerima hak waris waris tersebut sangat berat resekonya karna ada aturan yg harus di jalan kan sebagai ahli waris berdasarkan adat Besemah.yang pertama kewajiban hak waris harus bertanggung jawab menghidupi kedua orang tuanya sampai akhir dan juga harus mejaga harta hak waris tersebut supaya bisa mempertahakanya dan kehormatan keluarga baik adek laki laki atau kakak perempuan adek perempuan itu adalah tanggung jawab anak yang menerima hak waris tersebut

Tape saje tungguan anak lanang atau pemegang warisan secare adat Kite besemah adelah sebagai Berikut :

1.SEBUAH GHUMAH [TEMPAT TINGGAL]
DISEBUT GHUMAH BUDAL ARTINYE GHUMAH SAME SAME DIK BOLEH JUAL ATAU RUSAK ATAU HARUS DI ILUK,I ADELAH TANGGUNG JAWAB ANAK LANANG ATAU ANAK YE DI TUNAQ KAH

2.SEBIDANG SAWAH [ SAWAH WARISAN ]
TIDAK BOLEH DIJUAL KALAU ANAK BELAI NDAK PERLU ATAU MINTA HARUS DIPENUHI KARNA SAWAH TERSEBUT MILIK ATAU HAK MEREKA JUGA ANAK, PEMEGANG WARIS HANYA BERTANGGUNG JAWAB MENGOLAH DAN MEMPAATKANYA SAJE.

3.SEBIDANG KEBUN ATAU LACEGHAN / BELUKAGH
KEBUN ARTINYE LA DI TANAMI, LACEGHAN ATAU BELUKAGH ADELAH BAHAN KA NDEQ KEBUN ATAU SAWAH
INI JUGE TIDAK BOLEH DI JUAL AHLI WARIS HANYA BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MENGELOLANYA SAJA DAN ADENG LANANG ATAU BETINE ATAU KAKANG BETINE MASIH PUNYE HAK PULE.

  1. SEBUAH PAUK [ KOLAM IKAN ]
    SAMA JUGA ANAK AHLI WARIS TIDAK BERHAK MENJUAL HANYA BERTANGGUNG JAWAB MENGELOLA DAN MEMANFATKANYA SAJA
    KLU ANAK BELAI BEKENDAK NUMPANG MUPUS ATAU ADE GUNENYE NYE SIFATE MEMDESAK WAJIB DI BUBUS APE LAGI MANCING DLL DIK TAU MELARANGE KARENE DIYE MASIH PUNYE HAK

5.SEPUCUK BALAU [ TOMBAK ]
HARUS DI JAGE KARNE INI WARISAN DAN SIMBUL KEHORMATAN UNTUK KELUARGA BESAK KITE,ARTINYE AHLI WARIS ATAU ANAK TUE LANANG MASIH BERTANGGUNG JAWAB MORAL TERHADAP KELUARGENYE YE BELAKI DAN JANGAN SAMPAI MALUKA JURAI

Nah itula tungguan anak lanang pemegang waris berdasarkan Adat Besemah

Adepun kegunehannye sangat dalam pelosofinye dan tidak bertentangan dengan Al-Qur’an atau atauran agama islam pada umumnya,karne hukum adat ini berdasarkan kitap undang undang SIMBUR CAHAYE yang dibuat oleh ninek Moyang kite RATU SINUHUN DAN SUDAH MEMELUK AGAMA ISLAM

klu Kite retika alap adat kite Besemah tu patut KIte bangga dan di pertahankah mangke masuk nian PESAN PUYANG JADIKA JAGAD BESEMAH ATAU PESAN DIWENKAYANGAN TINGGI,PESANE LUQ INI :
1.BEKELAWAI BEMUANAI, SEANAK BUJANG SENAK GADIS,
APIT JUARAI, TUNGGAL JURAI
2.APIT DUSUN, APIT RURAH, SERUGUG SEKURUNG KAMPUNG, SEJAGAT SEBALE RAYE, NEGAKKA GANTI NGA TUNGGUAN.
3.LUGHUS TALI BELANDAR PAPAN.
4.JANJI NUNGGU KATE BETARUH.
5.UTANG MBAYAR PIUTANG TANGGAPI.
6.NDEPAT MBALIK, RAME BEGHAGEH
NDEK UGHANG NDEK UGHANG, NDEK DIGHI NDEK DIGHI.
7.BERANGKEKALAH PEDANG, SIANGILAH JALAN KE AYEK.
8.PACAK ULAK DI ULAK,I PACAK JANGAN DIJANGANI.
9.SEATI SERUPUKAN SEPINCANG SEPEJALANAN.
10.SERASAN SEKUNDANG SEGHASE SEPENANGGUNGAN.
11.SEGHEPAT MBAK LI SUKAT SEGHINCUNG MBAK LI TABUNG.
12.MBAK LI UWI PENGARANG RAKIT, TIMBUL TENGGELAM SAME SAME.
13.NDEK KECIK NURUT, NDEK BESAK NGALAH.
NDEK MUDE NGIKUT, NDEK TUE NGIPAT.
KECIK BESAK LANANG BETINE, ILUK JAHAT SAME MENGHASE.
NDAK CALAK, NDAK BEGANTI, NDAK MELAWAN BEKENCEGHAN

Semoge kite sebagai Jeme [ Orang ] Besemah tau bahwa kite punye aturan dan undang undang diweq patut kita ketahui untuk menjage adat budaya kite yemane mba ini generasi mude mba ini pacak menambah pengetahuan dan wawasan adat kite Besemah.karne.aku yakin generasi milineal sekarang ini tidak pernah memahami ini sehingga adat budaya kite terlanggar akhire saling merugikan deng beradeng termasuk ga jeme tue kite [ Bapak dan Ibu kita ]

Tentunya klu tau aturan adat seperti ini terhindar dari serakah bahwa hak waris anak tue lanang sewenang wenang terhadap hak waris nya sehingga memeperlakukan saudaranya dan orang tuanya kadang kadang udah keterlaluan, semoga setelah membaca ini ahli waris tidak lagi melanggar hak nya dan memberikan kewajiban nya sesuai undang-undang adat Besemah.

Adepun Tujuan warisan diberikan kepada hak waris anak Tue lanag tersebut tujuane adelah sebagi berikut :

  1. DI WARIS I SEBUAH GHUMAH [ SEBAGAI RUMAH BUTAL RUMAH SAME SAME ] Tujuane supaye adeng adeng atau kelawai ndak balik ke meraje la ade GHUMAH warisan untuk badah betunggal deng beradeng klu ade Hajat , Hajat iluk Hajat karuq ndak di tanggung jawabpi gale lih meraje atau ye Tunak atau anak tue ye dapat warisan tersebut.
  2. DIWARISI SEBIDANG SAWAH GUNENYE adelah ka ndeq di jawat di rawat supaye klu ade anak belai balik ade permakan dide ka ngutang minjam, sewaktu kumpul di meraje , Terus kalu sawa la ngetam juge harus di enjuk kelawai belaki atau anak belai bekendak
    Harus dipenuhi dide kene di kosongi jage kehormatan kelawai adeng negaka jurai jeme atau malu ga kule,ahli waris diq boleh serakah atau maluka anak belai.
    Warisan tungguan anak lanang dik tau di jual karne itu hak besame di wariskan Karne untuk di kelola diambik rejekinye bukan di jual..!!

3.DIWARISI SEBIDANG KEBUN / LACEGHAN/ BELUKAGH
GUNENYE juge ka ndek bantu adeng adeng atau kelawai contoh ,kelawai balik ke meraje ndak minjam duit besak juge ,misal Ndak nyekolah ka anak,atau anak kelawai butuh duit ndak ngawinka anak ,atau ndak beli bande duit kurang itu wajib dipikirkan diadeka lukmane carenye harus meraje mikirkanye karne itu maksudte di enjuk kebun di olah mangke hasile pacak bantu adeng adeng ga kelawai.

  1. DIWARISI PAUK [ KOLAM IKAN ] Di warisi pauk atau kolam ikan ,gunenye juge untuk bantu adeng adeng atau kelawai atau anak,e anake sewaktu diye balik misal : Ahi riye adeng adeng kelawai atau disebut anak belai [ arti anak belai anak kelawai anak adeng ndak di sayang ndak di belai disayangi mangke diye dide takut atau janggung ]
    Dide begulai tinggal mancing ke pauk biasenye umume pauk di Parak ghumah tula,terus juge ndak numpang mbubus Karne misal ndak baguk atau ade acara lain wajib meraje ngajung dik tau melarange,itula jadi anak tue ahli waris di dusun lama tanggung jawabpe sangat beghat jangan nian amu anak tue dik bertanggung jawab Dide ka barokah ka melarat adenye jangan ndak pertahanan kanye abis adenye warisan tersebut.

5.DI WARIS SEPUCUK BALAU [ TOMBAK ]
ADEPUN TUJUAN DI WARISI BALAU ADELAH SIMBOL KEHORMATAN UNTUK MENJAGA KELUARGA BESAK KITE.
BALAU ATAU TOMBAK tu senjate atau pesake jeme Besemah.

Simbol jage keluarge ndek pengamanan untuk menjage diri dari.kejahatan baik anak tua ahli waris atau keluarge besak kelawai ,adeng juge anak belai supaye negaka ganti nga Tungguan dalam adat Besemah jangan sampai malu.ade pepatah nyawe bayar nyawe dagha bayar dagha nameny.beganti jangan deng beradeng di ampuk jeme.di hine jeme sebagai simbol bahwa anak tue harus bertanggung jawab walaupun nyawe taruhane.

Inila uraian berdasarkan adat kite Besemah semoge jadi pelajaran untuk mengetahui adat istiadat dan budaya kite Besemah semoge bermanfaat,

Semoge kite gegalenye jurai Besemah dalam lindungan Allah SWT, AAMIIN ?

Salam Penulis,
Yanto Imron,SH
Editor, HERN4N/LO

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

LAHAT - 24-April-2024, 21:16

Diduga Arus Pendek, Kelurahan Kota Baru Lahat Nyaris Jadi Lautan Api 

BANYU ASIN 24-April-2024, 21:00

PJ BUPATI BANYUASIN HADIRI DZIKIR TAUSIYAH 

MUBA - 24-April-2024, 17:32

Sekda Apriyadi : MTQ XXX di Muba, Sukses Tuan Rumah dan Prestasi 

BANYU ASIN 24-April-2024, 17:22

BAWASLU BANYUASIN BUKA PENDAFTARAN PANWASCAM KECAMATAN 

LAHAT - 24-April-2024, 14:40

Polres Lahat Klarifikasi Terkait Informasi Dugaan Penculikan Anak 

MUBA - 24-April-2024, 14:06

Sertijab, Apriyadi Siap Dukung Penuh Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi 

PAGAR ALAM - 23-April-2024, 21:28

SELEKSI PENERIMAAN POLRI TERPADU TA-2024 POLRES PAGAR ALAM TRANSPARAN DAN AKUNTABEL

PALEMBANG - 23-April-2024, 18:53

PJ BUPATI BANYUASIN HADIRI RAKOR PEMBERANTASAN KORUPSI 

OKU - 23-April-2024, 14:20

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah Hadir Dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKU Ke-V

MUBA - 23-April-2024, 13:33

Sekda Muba Hadiri Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Sekayu 

MUBA - 23-April-2024, 12:16

Mendesak, Muba Siapkan Rp60 Miliar Atasi Kerusakan Infrastruktur Dampak Bencana Alam 

PALEMBANG - 23-April-2024, 12:15

Pj Bupati Muba Hadiri Acara Lepas Sambut Pangdam II/Sriwijaya 

LAHAT - 22-April-2024, 23:18

RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA HUT KABUPATEN BANYUASIN KE-22

OKU - 22-April-2024, 19:34

Bayangkan… !!, 4 Bulan Gaji Tidak Dibayar, Karyawan Mitra Ogan Minta DPRD OKU Bantu Nasib Mereka

OKU - 22-April-2024, 19:04

Ada Warga Ngamuk, Kapolsek SBR Langsung Ke Lokasi TKP

MUBA - 22-April-2024, 18:58

Pemkab Muba Sediakan 40 Tenda Kuliner yang Bakal Ramaikan Kegiatan MTQ 2024 

LUBUK LINGGAU - 22-April-2024, 18:54

SULASTRI DI PUTUS BEBAS, SETELAH SEMPAT DITAHAN 10 BULAN

BANYU ASIN 22-April-2024, 15:05

PEMKAB BANYUASIN GELAR UPACARA HUT KABUPATEN BANYUASIN KE 22 

BANYU ASIN 22-April-2024, 14:56

HARI JADI KABUPATEN BANYUASIN KE 22 GELAR KOLABORATIF PERDANA 

MUBA - 22-April-2024, 14:50

Sandi Fahlevi Resmi Menjabat Pj Bupati Muba 

MUBA - 22-April-2024, 14:47

Bawakan Lagu Aisyah, Tri Suaka Bakal Meriahkan MTQ XXX di Muba 

LAHAT - 22-April-2024, 14:45

Team Broather Rudi Lahat Rebut 6 Piala di Event Zuffar Grasstrack Banyuasin 

LAHAT - 22-April-2024, 13:15

Polres Lahat, Polda Sumsel GO Bulanan 

BANYU ASIN 21-April-2024, 20:10

DUA ORANG WARGA DESA MERANTI DIDUGA KORBAN PEMBUNUHAN 

MUBA - 21-April-2024, 18:43

Pj Bupati H Apriyadi Mahmud Ajak Masyarakat Semarakkan MTQ ke 30 di Muba 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE