ISI

“TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN MEMBUAT KURIKULUM BERBASIS DIGITAL”


3-July-2021, 08:40


OKU Timur – Jumat, 25 Juni 2021, 13:00 WIB.

Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk meng edukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 Kota / Kabupaten area Sumatera II, mulai dari Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI / Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam thema.

Sebagai Keynote Speaker, oleh Bupati Ogan Komering Ulu Timur H. Lanosin Hamzah S.T, menyatakan bahwa mendukung kegiatan Literasi Digital agar dapat memanfaatkan internet dan teknologi untuk hal yang positif dan kreatif serta menamba daya saing sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan turut membangun Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, dilanjutkan oleh Bp. Presiden RI, Bapak Jokowi yang memberikan sambutan dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

DIGITAL SKILL – ULIL ALBAB, (RTIK & Safenet) Thema : “KENALI DAN PAHAMI REKAM JEJAK DI ERA DIGITAL” Ulil menjelaskan PII (Personal Identifiable Information) atau informasi yang dapat mengidentifikasi diri antara lain Nama : nama lengkap, nama ibu kandung; Nomer Identitas : NIK, NPWP, No Kartu Anggota, dan sebagainya; Alamat Pribadi : Alamat rumah, email; Nomer kontak : HP, Telepon rumah; Karakteristik : Foto, sidik jari; Data Biometrik, Informasi aset dan properti dan lain sebagainya. Untuk jejak yang dikuasai Google lanjut Ulil antara lain apa yang kita cari (searching), situs yang dikunjungi, video yang ditonton, iklan yang di klik, alamat Ip dan data cookies, sedangkan untuk Facebook & Twitter adala data pribadi yang kita serakan (nama, foto, pekerjaan, pendidikan, email dan sebagainya).

DIGITAL CULTURE – PUJIANTO, S.Kom.,M.Cs (Dosen Fakultas Teknik Universitas Baturaja) Thema : “TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN MEMBUAT KURIKULUM BERBASIS DIGITAL” Pujianto mengacu data dari APJII 2020 yang menyatakan 73% masyarakat Indonesia sudah memiliki akses internet. Capaian pembelajaran lulusan yaitu Literasi Data, Literasi Teknologi dan Literasi Manusia. Sedangkan tahap perancangan pembelajaran adalah analisis, design, implementation dan evaluation. Untuk bentuk pembelajarannya menurut Pujianto antara lain Tatap muka/kuliah, tutorial, penelitian, magang, pratikum dan sebagainya. Metode pembelajarannya yaitu diskusi kelompok, simulasi, studi kasus dan belajar kolaburasi. Pendekatan pembelajaran yang terstruktur dan sistematis antara keunggulan pembelajaan tatap muka dan daring (blended learning).

DIGITAL SAFETY – RIFKY INDRAWAN (Ketua Relawan TIK Prov Lampung) Thema : “BIJAK SAAT BELANJA & DAGANG ONLINE ” Dalam pemaparannya, Rifky menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam belanja dan dagang online, antara lain jenis & spesifikasi barang yang didagangkan, asal wilayah pedagang/toko online, reputasi pedagang/toko online, metode pengiriman dan pembayaran, Retur, refund & asuransi. Bentuk atau jenis e commerce di Indonesia, yaitu B2B (Bukalapak, Lazada, Traveloka), C2C (OLX, Kaskus), Online 2 Offline (Go Food, Grabfood, Go Shop). Sedangkan metode jualan online seperti dropships, reseller, jastip, dan sebagainya. Metode pembayarannya lanjut Rifky ada COD, Transfer, Debit, e money, kartu kredit dan lain sebagainya. Hal ynag harus diperhatikan sebagai pembeli yaitu pastikan barang apa yang akan anda beli, pilih e-commerce yang anda percaya, jangan malas untuk membandingkan harga, jangan malas untuk membaca syarat & ketentuan, Jangan lupa untuk mencari tahu reputasi pedagang & review orang yang pernah membeli, pilih metode pembayaran yang sesuai keinginan dan lain lain. Untuk pedagang antara lain pilih metode penjualan online yang sanggup anda lakukan , pilih platform jual beli yang anda yakini, pilih metode pembayaran yang dapat anda terima, pilih metode pengiriman yang tersedia dekat dengan anda, informasikan stok barang yang anda jual, respon pertanyaan pembeli dengan cepat & jelas, kuasai teknik packing yang aman untuk barang yang anda jual dan promosi.

DIGITAL ETHICS – FAIK RAHIMI S.H.,M.H (Dosen Universitas Mahakarya Batu Raja) Thema : “USAHA MENCEGAH, MENDETEKSI, DAN MENYIKAPI CYBERBULLYING ” Faik menjelaskan, bahwa menurut hukum positif, cyber bullying termasuk dalam kategori cyber crime. Adapun ciri-ciri khusus dari kejahatan ini, antara lain Tidak ada kekerasan fisik (non-violence), memanfaatkan teknologi dan peralatan tertentu, memanfaatkan jaringan telekomunikasi, media dan informatika secara global. Untuk mencegahnya, dari diri sendiri antara lain dengan cara berpikir dua kali sebelum memposting atau membagikan sesuatu secara online, teliti saat mengirim dan menerima pesan dan sebagainya. pencegahan dari orang tua, yaitu berikan edukasi cara online yang aman, pahami media sosial yang digunakan anak, awasi kegiatan online yang dilakukan anak, ajari cara menghadapi cyber bullying. Bagaimana menyikapi cyberbulliying ? Faik menjelaskan jangan membalas dan menulis komentar yang sama negatifnya sebagai respon, block dan report komentarnya, pahami bahwa tidak semua orang punya kepercayaan dan pandangan yang sama.

SHARING SESSION- JESSICA YO (Wakil Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia,39,8K followers ) Jessica membahas tentang poin poin dari pemaparan para nara sumber, dengan menekankan lebih ke permasalahan cyberbullying yang saat ini masih banyak terjadi di Indonesia.
(Asmara Nian)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

LAHAT - 1-May-2024, 08:00

 PT SMS Berikan Bantuan Alber Untuk Membuka Akses Jalan Ditiga Desa

LAHAT - 30-April-2024, 21:27

Polres Lahat, Polda Sumsel Team Asistensi ZI Mabes Polri 

LAHAT - 30-April-2024, 21:25

Kedatangan YM, Kaum Hawa Palembaja Berebut Berfoto Calon Bupati Lahat

LAHAT - 30-April-2024, 20:59

Hj. Lidyawati S.Hut, MM Akan Maju di Pilkada Muara Enim 

OKU - 30-April-2024, 20:46

Ormas Pemuda Pancasila Meminta Dengan Tegas Agar Dishub OKU Tertibkan Parkir dan Pungutan Yang Dianggap Ilegal dan Liar.

MUARA ENIM - 30-April-2024, 20:33

Lidyawati Cik Ujang “Bertarung” di Pilkada Muara Enim, Sudah Kembalikan Formulir ke PAN 

PALEMBANG - 30-April-2024, 19:16

Komplotan Pelaku Jual Beli Akun WhatsApp untuk Judi Online di Palembang Diringkus Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Sumsel 

PALEMBANG - 30-April-2024, 15:59

Pj Bupati Sandi Fahlepi Hadiri Musrenbang RKPD Sumsel Tahun 2025 

MUBA - 30-April-2024, 13:16

Pemkab Muba Beri Kontribusi Besar untuk Warga Nahdlatul Ulama 

MUBA - 29-April-2024, 23:59

Pj Bupati Sandi Fahlepi dan Ribuan Warga Muba Nobar Timnas 

LAHAT - 29-April-2024, 23:45

Pendopoan Bupati Lahat Jadi Lautan Manusia Nobar Semifinal Piala Asia U 23

BANYU ASIN 29-April-2024, 21:40

PJ BUPATI BANYUASIN MELEPAS PESERTA JALAN SANTAI 

LAHAT - 29-April-2024, 21:37

Ratusan Massa Barisan Muda Lahat dan Front Pemuda Lahat Bangkit Geruduk Pemkab Lahat 

LAHAT - 29-April-2024, 20:59

Pelaku Curas DPO Antar Provinsi, Berhasil Diungkap Polsekta Lahat 

BANYU ASIN 29-April-2024, 20:25

HANI SYOPIAR RUSTAM TEBAR BENIH IKAN DI SUNGAI BOOM BERLIAN 

BANYU ASIN 29-April-2024, 20:23

Waw.!!! Hampir 1.000 Warga Dari Berbagai Kecamatan Nyatakan Dukungan Untuk YM 

OKU - 29-April-2024, 19:49

Selain Sosialisasi Manfaat Makan Ikan, 120 Paket Makanan Olahan Ikan Dibagikan Saat Acara GEMARIKAN Kabupaten OKU

MUBA - 29-April-2024, 19:23

Pj Bupati Sandi Fahlepi Ajak Birokrat Muba Tingkatkan Kolaborasi, Jauhi Kompetisi 

BANYU ASIN 29-April-2024, 15:19

Hj DIANA KUSMIlA AMBIL FORMULIR DI DPC PARTAI PAN 

MUBA - 29-April-2024, 12:29

Rutin Keliling Desa di Muba, Banyak Libatkan Generasi Muda 

MUBA - 29-April-2024, 11:49

Sandi Fahlepi Ungkap Butuh Support dan Kerjasama yang Baik untuk Membangun Muba 

OKU - 29-April-2024, 11:43

Dalam Apel Gebyar Bakti Penyulang, Senior Manager Distribusi dan Manager PLN UP3 Lahat Menyampaikan Hal Penting Untuk Personil PLN ULP Baturaja, Begini Pesannya ..

BANYU ASIN 29-April-2024, 09:51

LIMA DESA KECAMATAN MUARA SUGIAN AKAN DI BANGUN

LAHAT - 28-April-2024, 21:26

YM Didampingi Tim Pemenangan dan Rombongan Hadiri Pernikahan Desi – Yoga 

PALEMBANG - 28-April-2024, 19:48

Dua Anggota Polri Harumkan Indonesia Lewat Timnas U-23 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE