ISI

OKU Timur Dukung Literasi Digital, Manfaatkan Internet dan Teknologi Positif dan Kreatif


15-June-2021, 18:16


OKU Timur – Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk meng edukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 Kota/Kabupaten area Sumatera II, mulai dari Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI / Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam thema.

Sebagai Keynote Speaker, oleh Bupati Ogan Komering Ulu Timur H. Lanosin Hamzah S.T, menyatakan bahwa mendukung kegiatan Literasi Digital agar dapat memanfaatkan internet dan teknologi untuk hal yang positif dan kreatif serta menamba daya saing sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan turut membangun Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, dilanjutkan oleh Bp. Presiden RI, Bapak Jokowi yang memberikan sambutan dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

DIGITAL SKILL – Bp. MUHAMMAD ARIFIN, S.Kom (Kabid Komunikasi Publik Relawan TIK Indonesia) Thema : “TIPS DAN TRIK MENGHINDARI PENIPUAN DIGITAL” Menurut sumber dari katadata.co.id bahwa laporan terbanyak pertama tentang kasus kejahatan siber dari Januari September 2020 adalah penyebaran konten provokatif (1,048 kasus) dan di ikuti oleh terbanyak ke dua yaitu penipuan online (649 kasus). Phising merupakan tindakan memperoleh data pribadi (user, password dan data lainnya melalui email, media sosial dan aplikasi chat) yang dapat disalah gunakan oleh pelaku phising. Sementara OPT (One- Time Password) adalah kode yang biasa dikirim melalui sms atau email untuk verifikasi dalam memasukan sebuah ID dan password. OTP ini untuk mencegah tindak kejahatan yang merugikan salah satu pihak. Verifikasi terhadap segala informasi, permintaan maupun hal yang memancing penyerahan data. Tidak ada istilah aman di dunia digital. Sesuatu yang sudah tersebar di internet, menjadi milik semua orang.

Ada beberapa tips untuk menghindari penipuan online, antara lain : Ganti password dan PIN secara berkala. Kurangi penyebaran data pribadi di internet. Cek penipuan online melalui www.kredibel.co.id : cek rekenin penipu, cek telepon penipu dan lapor penipuan.

DIGITAL CULTURE – Bp. PUJIANTO, S.Kom., M.Sc (Dosen Fakultas Teknik Universitas Baturaja) Thema : “MEMBUAT KONTEN AGAMA YANG POSITIF DI SOSIAL MEDIA” Pujianto memberikan pemaparannya dalam membuat konten agama yang positif dengan beberapa penjelasan yang cukup baik. Etika dalam Media Sosial : 1. Hati hati dalam menyebarkan infomasi pribadi ke publik. 2. Gunakan norma saat berinteraksi dengan siapapun. 3. Pastikan unggahan tidak mengandung SARA dan Pornografi. 4. Cantumkan sumber konten. Jenis data yang dibutuhkan : 1. Data internal (aset digital). 2. Data hasil riset. 3. Dokumentasi dari kegiatan baru . 4. Data dari artikel ilmiah buku, Al Quran, Hadist dan lain lain. 5. Data dari lembaga keagamaan, dari media sosial sebelumnya. Karakteristik data berkualitas : Akurat, tepat waktu, relevan dan lengkap.

DIGITAL SAFETY – Bp. HARIQO WIBAWA SATRIA, M.HI (Direktur Eksekutif Komuniten & CEO Global Influencer School) Thema : “POSITIF, KREATIF, DAN AMAN DI INTERNET ” Hariqo menjelaskan bahwa ada banyak pengguna internet yang malas untuk membaca syarat dan ketentuan di jagat maya sehingga banyak yang terjebak. Belajarlah menjadi diri sendiri (learning to be) dan belajar hidup bersama (learning to live together), hindari slacktivism dan kombinasikan gerakan di internet dengan di lapangan.

Secara fakta bahwa : 1. Orang Indonesia paling religius – survey Gallup & Abts Associate 2019, yang di rilis Pew Research Center. 2. Indonesia di peringkat pertama sebagai negara yang paling murah hati di dunia dari 146 negara – survey Charities Aid Fondation 2018. 3. 49% netizen pernah menjadi korban bulliying – riset Polling Indonesia dan APJII, Maret April 2019. 4. 50% orang mengaku terlibat dalam bulliying dan 19% responden mengaku menjadi target bulliying – riset Microsoft 2020 Digital Civility Index (CDI) dalam mengukur kesopanan di dunia maya. Terakhir dalam pemaparannya Hariqo menyebut sebuah pepatah Gajah Mati Meninggalkan Gading, Manusia Mati Meninggalkan Konten.

DIGITAL ETHICS – Bp. HILMI WIRANAWATA, SE, MM (Penggiat Media Sosial Media Radio Jaringan) Thema : “KIAT MENJADI KRITIS DAN BIJAK DALAM MENGHADAPI HOA DI MASA PANDEMI ” Berita hoax menurut Hilmi dapat membahayakan intregrasi nasional. Berita hoax dapat mendorong masyarakat mengambil tindakan yang salah sebagai tanggapan dari isi berita. Akibatnya, dapat terjadi konflik sosial di tengah masyarakat serta hilangnya rasa saling percaya antar anggota masyarakat. Hal inilah yang kemudian membahayakan integrasi nasional. Berita hoax yang paling sering diterima adalah dari tulisan (62,10%), dan gambar (37,50%) sisanya berupa video. Sedangkan penyebaran hoax terbanyak dari media sosial (92,40%), dan aplikasi chatting (62,80%). Sumber yang di dapat dari AIS, Isu hoax 3 (tiga) besar terbanyak dari jenis kategorinya adalah politik, pemerintahan, dan kesehatan. Sementara jumlah sebaran hoax tentang Covid 19 di Indonesia antara lain : • Ketua Mafindo, Septiaji mencatat 712 kasus hoax selama Januari – November 2020. • Data Kominfo, ada lebih 2,000 (dua ribu) hoax beredar selama pandemi. • Per 26 Desember 2020, Kominfo menemukan 44 hoax dan disinformasi tentang vaksin Covid 19. Bahaya hoax yang tersebar bagi publik : • Dapat menyulut kebencian, kemarahan, hasutan kepada orang banyak hingga terjadi huru-hara, pemberontakan, dan sebagainya) biasanya dilakukan oleh tokoh atau aktivitis partai politik, pidato yang berapi-api untuk mempengaruhi massa. • Dapat membentuk persepsi, memanipulasi alam pikiran atau kognisi, dan mempengaruhi langsung perilaku agar memberikan respon sesuai yang dikehendaki oleh pelaku. • Selain itu HOAX bisa memicu perpecahan, baik itu antar individu maupun antar kelompok tertentu. • Berita hoax juga bisa merugikan kesehatan mental seperti post-traumatic stress syndrome (PTSD), menimbulkan kecemasan, sampai kekerasan. Penyebab dan pemicu hoax, diantaranya : • Lebih meperioritaskan isi berita daripada sumber berita nya. • Suka berbagi, malas membaca. • Terlalu cemas terancam bakal terjadi bahaya. • Mengikuti Tren. • Paling update, ingin pengakuan. • Psikopat atau dibayar oleh pihak tertentu.

Ada (tiga) langkah tangkal hoax, yaitu : 1. Cek sumber informasi. 2. Cek fakta pada sumber resmi sebelum menyebarkan berita. 3. Laporkan hoax ke email aduankonten@kominfo.go.id. Cara melaporkan hoax : • Face Book : gunakan fitur Report Status dan kategorikan informasi hoax sebagai hatespeech/harrasment/rude/threatening. • Google : bisa menggunakan fitur feedback untuk melaporkan situs dari hasil pencarian apabila mengandung informasi palsu. • Twitter memiliki fitur Report Tweet untuk melaporkan twit yang negatif, demikian juga dengan Instagram. • Dapat juga pengaduan ke pihak Kominfo melalui email aduankonten@kominfo.go.id dan ke Masyarakat Anti Hoax di laman data.turnbackhoax.id.

SHARING SESSION- IVO HERAWATY ( Influencer, 331K subscriber ) Dalam memberikan sharing sessionnya, Ivo memberikan kesimpulan sebagai berikut : • Tidak bisa dipungkiri, bahwa perkembangan teknologi telah berdampak signifikan terhadap kehidupan kita, mulai dari cara kita berkomunikasi, belajar, mapun berpikir. • Manusia akan terus membutuhkan teknologi dan berinovasi menciptakan teknologi baru untuk memudahkan segala aktivitas kehidupan sosialnya. • Optimalkan mental kreatif untuk terus berinovasi dan menghasilkan ide-ide original.

(Asmara Nian)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

LAHAT - 29-April-2024, 20:59

Pelaku Curas DPO Antar Provinsi, Berhasil Diungkap Polsekta Lahat 

BANYU ASIN 29-April-2024, 20:25

HANI SYOPIAR RUSTAM TEBAR BENIH IKAN DI SUNGAI BOOM BERLIAN 

BANYU ASIN 29-April-2024, 20:23

Waw.!!! Hampir 1.000 Warga Dari Berbagai Kecamatan Nyatakan Dukungan Untuk YM 

OKU - 29-April-2024, 19:49

Selain Sosialisasi Manfaat Makan Ikan, 120 Paket Makanan Olahan Ikan Dibagikan Saat Acara GEMARIKAN Kabupaten OKU

MUBA - 29-April-2024, 19:23

Pj Bupati Sandi Fahlepi Ajak Birokrat Muba Tingkatkan Kolaborasi, Jauhi Kompetisi 

BANYU ASIN 29-April-2024, 15:19

Hj DIANA KUSMIlA AMBIL FORMULIR DI DPC PARTAI PAN 

MUBA - 29-April-2024, 12:29

Rutin Keliling Desa di Muba, Banyak Libatkan Generasi Muda 

MUBA - 29-April-2024, 11:49

Sandi Fahlepi Ungkap Butuh Support dan Kerjasama yang Baik untuk Membangun Muba 

OKU - 29-April-2024, 11:43

Dalam Apel Gebyar Bakti Penyulang, Senior Manager Distribusi dan Manager PLN UP3 Lahat Menyampaikan Hal Penting Untuk Personil PLN ULP Baturaja, Begini Pesannya ..

BANYU ASIN 29-April-2024, 09:51

LIMA DESA KECAMATAN MUARA SUGIAN AKAN DI BANGUN

LAHAT - 28-April-2024, 21:26

YM Didampingi Tim Pemenangan dan Rombongan Hadiri Pernikahan Desi – Yoga 

PALEMBANG - 28-April-2024, 19:48

Dua Anggota Polri Harumkan Indonesia Lewat Timnas U-23 

BANYU ASIN 28-April-2024, 18:54

HANI SYOPIAR RUSTAM TINJAU KONDISI JALAN AIR SALEK 

MUBA - 28-April-2024, 16:54

Pj Bupati Sandi Fahlepi Blusukan Tinjau Infrastruktur Jalan 

MUBA - 28-April-2024, 16:52

Sekda Apriyadi Mahmud Hadiri Wisuda di Ponpes Assalam Al-Islamy 

BANYU ASIN 28-April-2024, 14:42

ACARA HUT BANYUASIN KE 22 DISAMBUT GEMBIRA 

BANYU ASIN 28-April-2024, 12:04

PJ BUPATI BANYUASIN TANDA TANGANI MoU DENGAN PT BANK PANIN DUBAI SYARIAH 

PALEMBANG - 27-April-2024, 20:16

Kapolda Tinjau Dua Lokasi Pembuatan Sumur Bor Bantuan POLRI 

BANYU ASIN 27-April-2024, 20:13

HJ DIANA BASIR SIAP MAJU CALON WAKIL BUPATI BANYUASIN 

MUBA - 27-April-2024, 18:20

Terpilih Aklamasi, Akhmad Toyibir dan Mohammad Reza Nahkodai IKAPTK Muba 2024-2029 

LAHAT - 27-April-2024, 18:15

Kalapas Pimpin Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 Kemenkumham RI 

JAKARTA - 27-April-2024, 18:13

Jadi Calon Bupati Lahat 2024-2029, YM Banjir Dukungan Masyarakat Lahat di Perantauan 

MUBA - 27-April-2024, 16:24

Sandi Fahlepi : Tanggap Darurat Perbaiki Jalan Agar Bisa Segera di Lintasi Oleh Masyarakat 

OKU - 27-April-2024, 16:14

PLN UP3 Lahat Gelar Apel Gebyar Bakti Penyulang di PLN ULP Baturaja.

BANYU ASIN 26-April-2024, 20:26

HJ DIANA. BASIR CALON WAKIL BUPATI BANYUASIN 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE