ISI

BRAVO : DALAM WAKTU SINGKAT KAWANAN PERAMPOK BERHASIL DILUMPUHKAN


14-March-2018, 22:19


BANYUASIN — Penangkapan dua pelaku perampokan yang menginap di Penginapan Tetesan Embun, Kecamatan Betung, Banyuasin membuat suasana menjadi tegang. Di mana sempat terjadi baku tembak cukup sengit antara petugas kepolisian dan kawanan perampok tersebut. Alhasil, kedua pelaku mendapat hadiah timah panas di kedua kakinya, bahkan seorang di antaranya tewas di tempat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Banyuasin di-back up Tim Buru Sergap (Buser) Kepolisian Sektor (Polsek) Betung bersama Timsus Gurita Polres Prabumulih pimpinan KBO Sat Reskrim Polres Prabumulih, Iptu Akhyar dan tim Buser Polsek Babat Toman, Polres Musi Banyuasin (Muba) menggerebek kamar nomor 2a Penginapan Tetesan Embun yang dihuni dua pelaku perampokan, Senin (12/3) malam.

“Kita meringkus dua dari empat pelaku perampokan di Prabumulih yang bermalam di Kecamatan Betung, Banyuasin. Pelaku bernama Angga alias Ndut (27), warga Desa Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti, Musi Rawas (Mura) tewas, sementara Abdul Rahman (23), warga Desa Selangit, Kecamatan Selangit, Mura dilumpuhkan kedua kakinya. Serta dua pelaku yang melarikan diri masing-masing inisial LE dan IR, juga warga Mura,” ujar Kapolsek Betung, AKP Naziruddin, kepada wartawan, kemarin.

Naziruddin menjelaskan, kedua pelaku usai merampok di kawasan pusat perdagangan di Kota Prabumulih. Lalu empat kawanan rampok itu sengaja bermalam di Penginapan Tetesan Embun, Betung.

Ditangkapnya dua dari empat kawanan rampok tersebut lanjut Naziruddin, setelah mendapat informasi dari Polres Prabumulih bahwa pelaku 365 (pencurian disertai pemberatan disingkat curat alias perampokan) setelah dilakukan pengejaran menghilangkan jejak memasuki wilayah hukum Polres Banyuasin.

Berkat informasi data dan ciri-cirinya telah diketahui identitasnya, terendus sekitar pukul 14.00 WIB ada sebuah mobil Merek Honda Mobilio warna merah hati dengan nopol B 2196 SKV parkir di halaman Penginapan Tetesan Embun.

Naziruddin menambahkan, setelah dilakukan pengecekan melalui resepsionis Penginapan Tetesan Embun bahwa pemilik mobil tersebut sesuai dalam daftar bernama Jatmiko warga asal Muara Beliti, Mura menginap di kamar nomor 2a satu kamar untuk 4 orang.

Langsung dikomandoinya kata Naziruddin bersama jajaran melakukan penggerebekan sekitar pukul 18.30 WIB, tetapi saat anggotanya masuk ke lokasi, para perampok langsung mengunci pintu kamarnya namun langsung didobrak dan mereka berusaha naik plafon untuk bersembunyi.

Tak mau kehilangan buruannya imbuh Naziruddin, anggotanya langsung meringsek dan terus mengepung lokasi sehingga mereka terjatuh dari plafon kamar lain dan dua pelaku lainnya berhasil lolos kabur. Namun satu tewas ditembak di tempat atas nama Angga dan satu ditembak kedua kakinya atas nama Abdul Rahman.

“Usai kami identifikasi baik para pelaku dan barang bukti baik milik pelaku maupun barang hasil kejahatannya pada pukul 01.00 WIB dini hari, setelah petugas dari Mapolresta Prabumulih tiba di Mapolsek Betung seluruhnya kami serahkan termasuk jenazah Angga dan Abdul Rahman yang kami lumpuhkan dengan tembakan di dua kakinya,” ujar dia.

Untuk selanjutnya, Nazaruddin memerintahkan anggotanya melakukan pengejaran terhadap kedua pelaku lainnya yang berhasil lolos dari penggerebekan, karena mereka masih membawa senjata api.

Diberitakan sebelumnya telah terjadi pencurian di dua toko yakni Toko Eiger di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur dan toko Service Centre Handphone Oppo. Aksi kawanan pencuri bersenpi ini masuk dengan cara merusak rolling door ruko dan memecahkan pintu kaca ruko.

Akan tetapi aksi kawanan pencuri ini ini berhasil diketahui saat anggota Timsus Gurita Polres Prabumulih melakukan patroli rutin di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Saat melintas di tempat kejadian perkara (TKP), tepatnya di depan toko Eiger petugas melihat sebuah mobil minibus tengah terparkir di depan pintu ruko, tak ingin membuang-buang waktu, petugas langsung melepaskan tembakan peringatan kepada para pelaku.

Bukannya menyerah salah satu pelaku malah membalas tembakan tersebut ke arah petugas, aksi baku tembak antara pelaku dengan petugas pun terjadi. Pelaku yang terdesak kemudian kabur melarikan diri menggunakan mobil ke arah Muara Enim.

Kemudian anggota Timsus Gurita Polres Prabumulih melakukan pengejaran serta melakukan koordinasi dengan Polres-Polres jajaran di Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel).

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Reskrim, AKP Eryadi Yuswanto SH MH saat dikonfirmasi mengatakan penangkapan para pelaku kawanan pencurian ini dapat dilakukan berkat koordinasi yang baik antara Polres Prabumulih, Buser Polres Banyuasin, Buser Polsek Betung, Buser Polsek Babat Toman Polres Muba.

Dari kawanan ini berhasil diamankan barang bukti berupa 2 pucuk senjata api rakitan berikut amunisi, 1 unit mobil Honda Mobilio warna merah maron, 8 unit handphone (Hp), 1 tas berisi pakaian pelaku, 1 tas berisi alat pertukangan ungkung membongkar toko/ruko, serta barang hasil curian mereka di Kota Prabumulih.

”Tim gabungan kami juga masih berada di lapangan untuk melakukan pengejaran kedua pelaku yang identitasnya sudah kami ketahui, semoga dalam waktu dekat dapat tertangkap,” pungkasnya. (Adam)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

LAHAT - 17-July-2024, 20:54

Musrenbang RPJPD, Pj Bupati Lahat Paparkan Visi-Misi Lahat 2025 – 2045 

LAHAT - 17-July-2024, 18:01

Pj Bupati Lahat Terima 1 Unit Mobil Ambulance Dari BNI Berbagi Untuk RSUD Lahat 

MUBA - 17-July-2024, 17:56

Optimalkan Integrasi dan Sinergitas Aplikasi Yang Telah Ada Efektif Efisien 

OI - 17-July-2024, 15:45

Wabup Ogan Ilir Pimpin Apel Pagi, Ini Pesan Yang Disampaikan.

BANYU ASIN 17-July-2024, 14:54

Terus Tekan Inflasi, Banyuasin Ikut Gerakan Tanam Serentak Cabai Dan Bawang Merah 

PALEMBANG - 17-July-2024, 14:53

Penambangan Liar (PETI) di IUP PT BA, Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo Sepakat Turunkan Tim Bersama : Tidak Boleh Ada Pembiaran 

MUBA - 17-July-2024, 13:34

Serentak, Kepala Desa di 229 Desa Wilayah Muba di Kukuhkan oleh Pj Bupati Muba 

LAHAT - 17-July-2024, 08:01

Ketua GCL Ingatkan Pj Bupati Lahat Untuk Mendirikan Asrama Permanen Mahasiswa Lahat 

BANYU ASIN 17-July-2024, 07:15

DITANTANG BERKELAHI OKNUM KADES AIR SOLOK BATU BACOK KORBAN PAKAI PARANG 

LAHAT - 16-July-2024, 22:09

Polres Lahat Gelar Press Conference Ungkap Kasus Penganiayaan dan Pembunuhan

LAHAT - 16-July-2024, 22:04

Jabatan Kepala Desa Resmi Jadi 8 Tahun

LAHAT - 16-July-2024, 22:04

Tekan Inflasi, Pemkab Lahat Sukseskan Tanam Serentak Cabai & Bawang Merah Secara Virtual

OI - 16-July-2024, 21:54

Bantuan Hadroh/Rebana Wabup Ogan Ilir Untuk Ibu-ibu Pengajian

MUBA - 16-July-2024, 21:53

Penurunan Angka Kemiskinan Muba sebesar 2,02% penurunan terbesar ke-4 secara Nasional

LAHAT - 16-July-2024, 18:34

Mappilu PWI Lahat Audiensi Dengan Pj Bupati Lahat 

OKU - 16-July-2024, 16:25

Pelaksana Survei Seismik 2D Amalia Bayarkan Dana Kompensasi Kepada 31 Desa di Muara Enim dan OKU

BANYU ASIN 16-July-2024, 14:54

Dirjend Dukcapil Kemendagri Dr. Teguh Apresiasi Kinerja Dukcapil Banyuasin 

OKU - 16-July-2024, 14:54

Semidang Aji Menjadi Lokasi di Kabupaten OKU Dalam Kegiatan Tanam Cabe dan Bawang Merah Serentak se_Sumsel.

PAGAR ALAM - 16-July-2024, 13:24

SEORANG ANAK DI DUGA TEWAS TERENDAM, POLRES PAGAR ALAM OLAH TKP KOLAM RENANG HOTEL ORCHID 

OKU - 16-July-2024, 12:49

Sosialisasi Keselamatan Ketenagalistrikan Untuk Cegah Kebakaran

MUBA - 16-July-2024, 11:45

Monitor MPLS, Bunda Paud Muba Hj Triana Disambut Bahagia di TK dan SD 

BANYU ASIN 16-July-2024, 11:16

MOBIL TRUK GAS ELPIJI PT.ABMG TERBAKAR

OI - 15-July-2024, 23:07

Kecelakaan di Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Kembali Terjadi

OI - 15-July-2024, 22:05

Bentuk Perhatian Pemerintah, Wabup Ogan Ilir Berikan Bantuan Pada Korban Kebakaran

OKU - 15-July-2024, 21:21

Api Melahap Gedung Pemkab OKU.

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE