ISI

Upacara HUT Pramuka Ke 62 Tahun 2023 Berjalan Meriah dan Bertabur Penghargaan


29-August-2023, 13:18


Muara Enim – Upacara Hari Ulang Ulang Tahun Pramuka Ke 62 tahun 2023 berjalan lancar, acara dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Muara Enim.

PLT Bupati Muara Enim sekaligus selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Kamabicab) Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffa PhD bertindak sebagai Pembina Upacara. Selasa (29/8).

Turut Hadir, Kapolres Muara Enim selaku Pamong Saka Bhayangkara, Sekda Muara Enim Selaku Seketaris Mabincab Gerakan Pramuka, Ketua Beserta Rombongan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan, Waka Bina Muda Kwarda Sumsel Giri Ramanda Kiemas,
Pengurus Mabicab Gerakan Pramuka Muara Enim, Pimpinan Kwartir Cabang Muara Enim beserta Andalan, Ketua Majelis pembimbing Ranting, Ketua Kwartir Ranting beserta andalan ranting, Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan, Pelatih dan Pembina Penegak, Penggalang dan Siaga.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Muara Enim Drs H Rusdi Hairullah M Si dalam laporan nya mengatakan, bahwa pada HUT Pramuka ke 62 banyak hal yang menarik dan tentunya banyak mendapat penghargaan, seperti kegiatan yang telah dilaksanakan pada Tahun 2023 diantaranya :

Pengiriman Peserta Lomba Tingkat IV Provinsi Sumatera Selatan Lomba Tingkat IV Provinsi Sumatera Selatan dilaksanakan Pada Tanggal, 17 s.d. 24 April 2023 di Bumi Perkemahan Gandus Palembang.

Kontingen Kwarcab Muara Enim di wakili oleh SMP Pandetanesa Kwartir Ranting Ujanmas dan MTs. Sabilul Huda Kwartir Ranting Lubai Ulu dan Alhamdulillah Mendapatkan Juara Umum II.

Pengiriman peserta Raimuna Daerah Sumatera SelatanKegiatan Raimuna Daerah Sumatera Selatan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Silampari Kota Lubuk Linggau pada Tanggal, 21 s.d. 26 Mei 2023, kontingen Kwartir Cabang Gerakan
Pramuka Muara Enim mengirimkan Peserta sebanyak 52 Peserta terdiri dari Pramuka Penegak utusan Kwartir Ranting se Kwartir Cabang Muara Enim.

Monitoring dan Pembinaan Kwartir Ranting Monitoring sekaligus pembinaan terhadap Kwartir Ranting se-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muara Enim bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang aturan-aturan kepramukaan serta pola Pendidikan dan pelatihan bagi peserta didik.

Pengiriman Peserta Raimuna NasionalRaimuna Nasional ke-XII Tahun 2023 dilaksanakan pada Tanggal, 12 s.d. 22 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur.Kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muara Enim
mengirimkan 4 Sangga yang terdiri dari 32 Orang Peserta , 6 Orang Pembina Pendamping dan 2 Orang Pimpinan Kontingen.

Peserta Raimuna Nasional dilepas oleh Bupati Muara Enim yang diwakilkan kepada Asisten 1 Pemkab Muara Enim di Gedung Pangripta Nusantara Bappeda.

Kursus Mahir Tingkat Lanjutan,Kursus Mahir Pembina Tingkat Lanjutan dilaksankan secara mandiri oleh Kwartir Ranting Lubai Ulu, yang dilaksanakan pada Bulan Juli 2023 di Lubai Ulu yang diikuti oleh Pembina pramuka di Kwartir Ranting Lubai dan Lubai Ulu.

Scout Serasan Competition V Dalam Rangka Hari Pramuka Ke – 62 Tahun 2023Dalam rangka menyambut Hari Pramuka Ke – 62 Tahun 2023 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muara Enim menyelenggarakan Perlombaan diantaranya:
Lomba Pionering tingkat Siaga, Penggalang dan Penegak

Lomba Sandi, Morse, Semapore tingkat Siaga Penggalang dan Penegak

Lomba Gerak Jalan Pramuka Tingkat Siaga Penggalang dan Penegak

Kegiatan Lomba dilaksankan pada Tanggal, 09 dan 10 Agustus 2023 di halaman GOR Pancasila Muara Enim dan Pemkab Muara Enim untuk Lomba Gerak Jalan Pramuka.

Perkemahan Akhir Tahun, Kegiatan Perkemahan Akhir Tahun direncanakan dilaksanakan pada akhir Bulan Desember 2023 yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Transat Muara Enim, untuk itu kami mohon dukungan penuh kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim
dan BUMN, BUMD di Kabupaten untuk menghidupkan Kembali Bumi Perkemahan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muara Enim yang sudah lama tidak difungsikan.

Selanjutnya, Rusdi juga menyampaikan bahwa Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muara Enim mendapatkan penghargaan – penghargaan bagi Anggota Pramuka diantaranya : Penghargaan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka :
Penghargaan MELATI : 1 Orang
Penghargaan Karya Bhakti : 3 Orang

Penghargaan Dharma Bhakti : 3 Orang Penghargaan dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera
Selatan:

Panca Warsa IV : 1 Orang,
Panca Warsa III : 11 Orang,
Panca Warsa II : 11 Orang,
Panca Warsa I : 7 Orang,

“Sebelum mengakhiri Laporan ini saya atas nama Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muara Enim mengucapkan terima kasih kepada Bupati Muara Enim dan Pemerintah kabupaten Muara Enim yang
telah banyak memberikan bantuan terutama bantuan HIBAH Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muara Enim Melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga kabupaten Muara Enim yang diberikan setiap tahun.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada semua OPD, BUMN, BUMD yang telah banyak membantu semua kegiatan Kepramukaan di Kabupaten Muara Enim. Semoga akan menjadi amal ibadah kita dalam mencerdaskan generasi muda menuju Sumber Daya Manusia yang Profesional dan berwawasan Kebangsaan sesuai dengan Tema Hari Pramuka ke – 62
Tahun 2023 yaitu “DENGAN PERINGATAN HARI PRAMUKA KE – 62, MARI KITA WUJUDKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG PROFESIONAL DAN BERWAWASAN KEBANGSAAN”. Jelas Rusdi.

Seusai pembacaan Laporan, acara dilanjutkan pembagian Penghargaan, yang diserahkan langsung PLT Bupati Muara Enim.

Sementara itu PLT Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffa PhD dalam sambutan nya mengatakan, “Hari ini adalah hari yang momentum bagi kita semua kita memiliki spirit semangat untuk memperingati Hari Pramuka dengan maksud dan tujuan untuk mempertajam dasar-dasar value nilai Pramuka tersebut.

Dalam pramuka mungkin kita sangat mengenal kedisiplinan dan juga kerjasama dan semua itu dalam ruang lingkup gotong royong.

Oleh karena itu Mari kita dalam kesempatan ini semakin mempertajam dan memperkuat lagi nilai-nilai tersebut guna mewujudkan Muara Enim ini yang semakin baik lagi dan terdepan di Sumatera Selatan, “Ujarnya.

Pada kesempatan ini pula, Lanjut Kaffa, ” Saya ingin mengingatkan kepada kita semua bahwa kerjasama kita dalam balutan bingkai persatuan sangat penting untuk membuat kita semakin melesat jauh ke depan untuk meningkatkan kapasitas Kita sebagai manusia atau bagian dari sumber daya manusia di Kabupaten Muara Enim ini kita semua bisa untuk melakukan yang terbaik dan kita juga yang meyakini Apapun masalahnya seberapapun keterbatasannya kalau kita bermental bisa insya Allah kita pasti bisa dan Muara Enim pun pasti bisa

“tadi subuh saya bertirakat mencoba menyelami dari hati yang paling dalam makna Pramuka salah satu yang saya temukan adalah Pramuka ini sangat menyatu dengan alam oleh karena itu dalam kesempatan ini pula dan dalam keadaan di penghujung tahun ini Saya mengingatkan, jaga alam kita dan alam akan jaga kita waspada kita terhadap kebakaran dan lain sebagainya karena saat ini Muara Enim masih dalam kategori normal dibanding Kabupaten lainnya, pertahankan itu dan saya sangat bangga kita sampai pada titik ini pada hari ini Alhamdulillah syukur, “Ucap Kaffa.

Terakhir, Tambah Kaffa, “saya ingin berpesan kepada anak-anakku sekalian teruslah belajar teruslah bekerja jangan pernah lelah dan berdoa Letakkan keyakinanmu kepercayaanmu kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Allah Subhanahu Wa Ta’ala diiringi dengan kepatuhanmu dari hati dan pikiranmu kepada kedua orang tuamu Insyaallah kalian akan berhasil

Dasar-dasar value nilai Pramuka tadi akan dijiwai dan teraplikasi dengan baik pada gilirannya anda akan menjadi contoh yang baik bagi sesama kalian, terima kasih anak-anakku saya sangat mencintai kalian dan saya sangat hot for the best Berharap yang terbaik untuk kalian karena kalianlah generasi penerus di Kabupaten Muara Enim ini untuk membawa Muara Enim terus melaju take off terdepan di Sumatera Selatan atas semua ini saya mengucapkan terima kasih , “Ungkap Kaffa.

(Ali).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

BANYU ASIN 1-May-2024, 11:08

TAK TERIMA ISTRI CETAK KTP MALA NGINAP DI HOTEL 

MUBA - 1-May-2024, 09:24

Jalan Talang Mandung Telah Diperbaiki, Warga Berterima kasih 

LAHAT - 1-May-2024, 08:00

 PT SMS Berikan Bantuan Alber Untuk Membuka Akses Jalan Ditiga Desa

LAHAT - 30-April-2024, 21:27

Polres Lahat, Polda Sumsel Team Asistensi ZI Mabes Polri 

LAHAT - 30-April-2024, 21:25

Kedatangan YM, Kaum Hawa Palembaja Berebut Berfoto Calon Bupati Lahat

LAHAT - 30-April-2024, 20:59

Hj. Lidyawati S.Hut, MM Akan Maju di Pilkada Muara Enim 

OKU - 30-April-2024, 20:46

Ormas Pemuda Pancasila Meminta Dengan Tegas Agar Dishub OKU Tertibkan Parkir dan Pungutan Yang Dianggap Ilegal dan Liar.

MUARA ENIM - 30-April-2024, 20:33

Lidyawati Cik Ujang “Bertarung” di Pilkada Muara Enim, Sudah Kembalikan Formulir ke PAN 

PALEMBANG - 30-April-2024, 19:16

Komplotan Pelaku Jual Beli Akun WhatsApp untuk Judi Online di Palembang Diringkus Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Sumsel 

PALEMBANG - 30-April-2024, 15:59

Pj Bupati Sandi Fahlepi Hadiri Musrenbang RKPD Sumsel Tahun 2025 

MUBA - 30-April-2024, 13:16

Pemkab Muba Beri Kontribusi Besar untuk Warga Nahdlatul Ulama 

MUBA - 29-April-2024, 23:59

Pj Bupati Sandi Fahlepi dan Ribuan Warga Muba Nobar Timnas 

LAHAT - 29-April-2024, 23:45

Pendopoan Bupati Lahat Jadi Lautan Manusia Nobar Semifinal Piala Asia U 23

BANYU ASIN 29-April-2024, 21:40

PJ BUPATI BANYUASIN MELEPAS PESERTA JALAN SANTAI 

LAHAT - 29-April-2024, 21:37

Ratusan Massa Barisan Muda Lahat dan Front Pemuda Lahat Bangkit Geruduk Pemkab Lahat 

LAHAT - 29-April-2024, 20:59

Pelaku Curas DPO Antar Provinsi, Berhasil Diungkap Polsekta Lahat 

BANYU ASIN 29-April-2024, 20:25

HANI SYOPIAR RUSTAM TEBAR BENIH IKAN DI SUNGAI BOOM BERLIAN 

BANYU ASIN 29-April-2024, 20:23

Waw.!!! Hampir 1.000 Warga Dari Berbagai Kecamatan Nyatakan Dukungan Untuk YM 

OKU - 29-April-2024, 19:49

Selain Sosialisasi Manfaat Makan Ikan, 120 Paket Makanan Olahan Ikan Dibagikan Saat Acara GEMARIKAN Kabupaten OKU

MUBA - 29-April-2024, 19:23

Pj Bupati Sandi Fahlepi Ajak Birokrat Muba Tingkatkan Kolaborasi, Jauhi Kompetisi 

BANYU ASIN 29-April-2024, 15:19

Hj DIANA KUSMIlA AMBIL FORMULIR DI DPC PARTAI PAN 

MUBA - 29-April-2024, 12:29

Rutin Keliling Desa di Muba, Banyak Libatkan Generasi Muda 

MUBA - 29-April-2024, 11:49

Sandi Fahlepi Ungkap Butuh Support dan Kerjasama yang Baik untuk Membangun Muba 

OKU - 29-April-2024, 11:43

Dalam Apel Gebyar Bakti Penyulang, Senior Manager Distribusi dan Manager PLN UP3 Lahat Menyampaikan Hal Penting Untuk Personil PLN ULP Baturaja, Begini Pesannya ..

BANYU ASIN 29-April-2024, 09:51

LIMA DESA KECAMATAN MUARA SUGIAN AKAN DI BANGUN

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE