ISI

BUPATI BANYUASIN TERIMA KUNKER TWG RSSH AIDS 


30-November-2022, 16:56


BANYUASIN, SO — Bupati Banyuasin H.Askolani terima Kunker TWG RSSH dan asistensi bersama OPD Badan Kantor Lembaga Organisasi lain diluar Sektor Kesehatan di Kabupaten Banyuasin. Kunjungan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Guest House Rumah Dinas Bupati Banyuasin, Rabu (30/11/2022).

Technical Working Group (TWG) merupakan
Kelompok Kerja permanen di CCM untuk komponen HIV/AIDS, Tuberkulosis, Malaria dan Penguatan Sistem Kesehatan ( RSSH ) ATM dalam rangka upaya eliminasi HIV/Aids, TBS dan Malaria di Tahun 2030 dan sebagai tindaklanjut petunjuk teknis integrasi ATM ( Aids- TBC – Malaria ) dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah.

Bupati H.Askolani menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melakukan evaluasi atas perencanaan dan penganggaran upaya penanggulangan ATM di daerah masing-masing, terutama pada Kabupaten/Kota lokus RSSH ATM Tahun 2023. Serta meningkatkan sumber daya pemerintah daerah serta partisipasi para pihak kunci untuk mengakhiri epidemi.

” Saya Bangga Kabupaten Banyuasin menjadi salah satu contoh Based Marking lokus RSSH ATM Tahun 2023 salah satu upaya Pemkab Banyuasin yaitu mengeluarkan PP-ATM Tahun 2023 seperti Penyusunan Raperbup dalam Penanggulangan penyakit termasuk didalamnya PP-ATM,Penyusunan RAD-ATM 2023-2024, Penyusunan instrument monev PP-ATM, Rapat Rutin Tim Satgas PP-ATM, Pembuatan Data Base Penerima Bantuan PMT Bagi Pasien TB dari Keluarga Tidak Mampu”, jelasnya.

Bupati H.Askolani juga menjelaskan Kabupaten Banyuasin memiliki 7 program Unggulan dan 12 Gerakan bersama Masyarakat seperti Program Banyuasin Sehat yang terdapat Gerakan Begesah (Beragam Edukasi Gerakan Masyarakat Sadar Hidup Sehat).

“Dalam mencegah ATM sebenarnya telah selaras dengan 12 Gerakan Bersama masyarakat khususnya Begesah, namun secara umum masih ada gerakan yg menunjang kesehatan secara umum seperti Gertas, Gerbang Tobaru, Gemar Tugas, Pulauan Bueh dan Gerakan Peduli Sampah. Gerakan ini telah kami sampaikan hingga ketingkat desa dan kelurahan dalam menuju visi Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera” tegasnya.

Menurut Staff Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kemenkes RI DR. Slamet, MHP mengatakan pemangku kepentingan tingkat nasional telah menetapkan konsensus dalam rangka menentukan intervensi terhadap prioritas masalah. Maka masing-masing komponen penyakit telah menetapkan strategi dan rencana aksi untuk dicapai. Diharapkan terjadi ending ATM pada tahun 2030.

Dalam sistem desentralisasi yang sudah diberlakukan di Indonesia, walaupun upaya kesehatan adalah tanggung jawab Kementerian Kesehatan, namun tidak secara otomatis memiliki kewenangan terhadap manajemen sumber daya bagi pelaksanaan berbagai strategi penanggulangan seperti yang dimuat dalam masing-masing strategi dan rencana aksi nasional. Diperlukan kepemimpinan serta manajemen program oleh Pemerintah Daerah ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Kemudian Kementerian Kesehatan dan secara umum oleh Kementerian Dalam Negeri melakukan pembinaan dan pengawasan secara teknis.

” dibutuhkan kerjasama lintas sektor dengan pembagian tugas dan peran. Melakukan koordinasi dan komunikasi efektif lintas program dan lintas sektor. Merencanakan tujuan, sasaran, prioritas, strategi dan program, dan. Memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat di tingkat kecamatan sampai tingkat desa sehubungan dengan program pencegahan dan penanggulangan ATM di Kabupaten Banyuasin dengan melibatkan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintahan Desa”, ungkapnya.

Koordinator Regional Sumatera dan Kalimantan SR Adinkes Dr. Iskandar sangat bangga dan mengapresiasi Kabupaten Banyuasin telah di jadikan Based Marking atau contoh untuk Kabupaten/ Kota Lainya.

” Pasca pandemi covid -19 masih ada 3 penyakit ini yang harus dan dapat ditanggulangi sesegera mungkin melalui kolaborasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Dengan adanya hasil Pencapaian dari Kabupaten Banyuasin merupakan hasil untuk Sumatera Selatan dan hasil Provinsi Sumatera Selatan adalah hasil untuk Republik Indonesia”, katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin Dr. dr Rini Pratiwi M.Kes menyampaikan Target HIV aids di Banyuasin 19.209 yang diperiksa 8.332 positif 21 orang
Capaian kasus yang ditemukan dan diobati Kabupaten Banyuasin menepati Peringkat Ke-3 provinsi Sumsel setelah Kabupaten Muara Enim dan Kota Palembang.
Sementara itu Capaian Program Malaria terdapat 2 kasus yang merupakan impor dari Lampung Yang dirawat di Puskesmas Simpang Rambutan Kecamatan Rambutan dan Puskesmas Jakabaring Kecamatan Rambutan.

“Penyebab Capaian ini Rendah dikarenakan Sarana dan prasarana serta alat peraga pendukung kegiatan masih kurang dan terbatas, SDM Puskesmas yang kompeten dan terlatih masih kurang dan terbatas, disamping itu masih sering terjadi rotasi tugas petugas kesehatan, Beberapa terobosan dan inovasi program untuk meningkatkan capaian program dan atau menurunkan kasus penyakit belum berjalan efektif, Realisasi capaian program dimasa pandemi Covid 19 ini belum berjalan efektif”, jelasnya.

dr. Rini juga menjelaskan untuk pelayanan Program AIDS di Kabupaten Banyuasin sudah ada 39 layanan VCT, 33 layanan sudah diset up PDP dan 7 layanan PDP sudah aktif. Dan untuk pelayanan Program TB di Kabupaten Banyuasin 33 Puskesmas, 6 Rumah Sakit, 3 Lapas, serta 4 alat TCM serta untuk pelayanan Program Malaria di Kabupaten Banyuasin ada di 33 Puskesmas dan 6 Rumah Sakit.

Kunjungan TWG RSSH dan asistensi bersama OPD Badan Kantor Lembaga Organisasi lain diluar Sektor Kesehatan di Kabupaten Banyuasin ini diakhiri dengan Penandatanganan kesepakatan Bersama Pemkab Banyuasin dalam hal ini Staff Ahli Kemenkes RI, Adinkes dengan Bupati Banyuasin, Kepala Bappeda Kadinkes Banyuasin Kepala PMD, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.

Turut Hadir Staff Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kemenkes RI DR. Slamet, MHP, Biro Perencanaan dan Anggaran Kemenkes RI Nurlatifah, Project Associate UNDP Eko Cipako Simano, Koordinator Regional Sumatera SR Adinkes Dr. Iskandar, Koordinator Onev SR Adinkes Caprina Runggu, SKM, M.Epid, TMU National Tuberculosis Program Bawa Waryuningtyas TO RSSH Sekretariat CCM Ciptaningtyas Rahayu, Kepala Bappeda Banyuasin Ir. Kosarudin Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba (Ketua Adinkes Prov. Sumatera Selatan) H.Azmi Dariusmansyah, Para Asisten Staff Ahli dan Staff khusus Para Kepala OPD, Kades dan Tamu Undangan Lainya”(Dodi).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

MUBA - 17-May-2024, 23:59

Serius tangani Pengelolaan Sampah, Pemkab Muba Akan Buat TPA Baru 

EMPAT LAWANG - 17-May-2024, 22:21

Hanya, Siska Hidayat Muhammad Perwakilan Propinsi Sumsel Berangkat CJH

PALEMBANG - 17-May-2024, 21:31

Ratusan Mahasiswa Tergabung Aliansi Mahasiswa Sumsel Demo Kekantor Gubernur 

LAHAT - 17-May-2024, 20:49

Gerak Cepat, Satlantas Polres lahat Tindak Pelanggaran ODOL 

LAHAT - 17-May-2024, 20:37

YM Safari Jum’at di Masjid Al-Mubaroq Jl Penghijauan 

PALEMBANG - 17-May-2024, 16:41

 KABUPATEN BANYUASIN RAIH WTP KE 13

LUBUK LINGGAU - 17-May-2024, 14:26

Prihatin, Tak Ada Cakada Bicara Masalah Hukum

MUBA - 17-May-2024, 13:29

Kunjungi RSUD BayLen, Pj Bupati Sandi Cek Pelayanan, Sarana dan Prasarana 

OKU - 17-May-2024, 00:32

PT. SSP Kembali Berikan Bantuan Melalui Pemkab OKU Untuk Warga Terdampak Banjir.

JAWA TENGAH - 16-May-2024, 23:59

Pj Ketua TP PKK Muba Hadiri Malam Puncak HKG PKK ke-52 di Solo 

JAKARTA - 16-May-2024, 19:20

Genjot Percepatan Pengalihan PI 10 Persen Wilayah Kerja Jambi Merang, Pemkab Muba Audiensi Bersama Dirut PT Pertamina Hulu Energi 

LAHAT - 16-May-2024, 18:54

Masyarakat Enam Kecamatan Mengingkan Nopran Marjani Mencalonkan Cabup atau Cawabup 

PALEMBANG - 16-May-2024, 18:52

Rakor Bersama SKK Migas, Kapolda Sumsel Komitmen Tindak Tegas Illegal Drilling dan Illegal Refinery 

MUBA - 16-May-2024, 18:15

Datangi Muba, Kapolda Sumsel Komitmen Penegakan Hukum Penyalahgunaan Minyak Ilegal 

MUBA - 16-May-2024, 15:18

Agus Fatoni : Expo HUT ke-44 Dekranas, Momen Majukan Produk Kerajinan UMKM 

BANYU ASIN 16-May-2024, 14:19

SATU DATA INDONESIA KABUPATEN BANYUASIN EVALUASI PELAKSANAAN DESA CANTIK 

OKU - 15-May-2024, 22:49

Komando Mahar Kabupaten OKU Siap Perjuangkan Mawardi Yahya menjadi Gubernur Sumsel

MUBA - 15-May-2024, 18:04

Cuaca Ekstrem Pemkab Muba Ingatkan Warga Waspada Banjir, Petir dan Longsor 

BANYU ASIN 15-May-2024, 16:57

SMA DI BANYUASIN IKUTI SELEKSI PASKIBRAKA TINGKAT PROVINSI 

BANYU ASIN 15-May-2024, 16:37

PEMDES PURWOSARI BANGUN JALAN USAHA TANI 

JAWA TENGAH - 15-May-2024, 16:36

PJ BUPATI BANYUASIN KUNJUNGI KANTOR DINAS DUKCAPIL SURAKARTA 

MUBA - 15-May-2024, 13:14

Dinkominfo Kolab Dengan BPS Segera Luncurkan Aplikasi MUBA SURVEY 

PALEMBANG - 15-May-2024, 13:13

Asisten III Setda Muba Hadiri Rapat Paripurna DPRD Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumsel ke 78 

PALEMBANG - 15-May-2024, 10:32

Bantu Pengamanan dan Pengelolaan Aset, KAI Apresiasi Polda Sumsel dan Jajaran BPN Sumsel 

Lampung 14-May-2024, 22:58

Pemdes Pekon Muara Baru Kecamatan Kebun Tebu Salurkan BLT DD Tahap Dua TA 2024

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE