ISI

Penuhi Keinginan Masyarakat, Akhir nya PJ Bupati Muara Enim Operasikan 4 Titik Palang Perlintasan Kereta Api


9-October-2023, 14:10


Muara Enim – keinginan masyarakat khusus nya para pengendara Baik Kendaraan Roda 2 maupun 4 yang menginginkan diaktifkan nya Palang Perlintasan Kereta Api akhirnya terpenuhi, dimana hari ini Pemerintah Kabupaten Muara Enim bersama unsur Forkopimda beserta stakeholder laksanakan Uji Coba dan Peluncuran Pengoperasian Pintu Perlintasan Sebidang Rel Jalan Perlintasan Langsung (JPL) 121, 122 A, 01 dan JPL 03, acara berpusat di JPL 01 tepat nya dijalan Pemuda, belakang Lapangan Merdeka Kebupaten Muara Enim.

Pantauan awak media, peresmian dilaksanakan langsung oleh PJ Bupati Muara Enim Dr H Ahmad Rizali MA, didampingi Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki dan Kadishub Muara Enim H Junaidi SH M Hum M Si. Senin (9/10).

Turut hadir, Para Asisten, Kepala OPD, Kapolres diwakili Kasat Lantas AKP Suwandi, Kajari, diwakili Kasi Pidum, ketua Pengadilan diwakili seketaris, Dirut SDM PTBA Suherman didampingi UV Sustaian Ability PTBA Hartono dan staf, Deputi Pam 1 Drive III Palembang Darmawan Kabid PerkeretaApian, Dishub Provinsi  Sumsel, BPTD Kelas II Palembang dan Camat Muara Enim.

Uji coba dan Launching Pengoperasian Pintu Perlintasan Sebidang Rel mengangkat Tema yang bertuliskan Himbauan, “Mulai Sahini dan Seterusnye Pailah Sanak sanak kite jage keselamatan di Pelaluan Kereta Api”.

Direktur SDM Ptba Suherman dalam sambutan nya menyampaikan atas nama Bukit Asam, dirinya diminta untuk membantu terlaksana nya keinginan bersama dan ini merupakan kewajiban dari pihak nya sebagai badan usaha yang beroperasi di muara enim untuk sama-sama membangun dan mengembangkan daerah yang di cintai ini 

“Pagi ini kita bersama-sama akan menguji cobakan pintu per lintasan yang sudah kita bangun ini , kami berharap pintu ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat kota Muara Enim dan Kabupaten Muara Enim khususnya, ” Ujar Suherman.

Sementara itu, PJ Bupati Muara Enim Dr Ahmad Rizali MA dalam sambutan nya menyampaikan bahwa ada empat pos yang kita resmikan hari ini yaitu jpl 1 di Jalan Pemuda, jpl 121 di rumah tumbuh, Jpl 122A di pelarawan dan jpl 03 di Pelita Sari.

“Pembangunan ini bantuan dari PTBA dan mudah-mudahan terus ada bantuan, Karena batu bara kita ini khususnya yang dikelola oleh PTBA yang menggunakan jalur kereta api ini 1 tahun 30 juta Ton keuntungannya 12 triliun nah di masa mendatang itu akan dinaikkan menjadi 100 juta ton per tahun artinya 3 kali lipat dari kondisi yang ada saat ini, “Ucap nya.

Selain itu, untuk PJ Bupati dalam waktu dekat ini bersama Kadishub Muara Enim akan beraudiensi menghadap pak menteri PUPR untuk mengusulkan Pembangunan Flyover, di setiap perlintasan di Muara enim seperti di GOR, dan itu tinggal menunggu izin pembangunannya.

Tiga lagi di Belimbing, baru desain izinnya belum, kemudian duanya lagi Gumeg 1 Gumeg II karna perlintasan sebidang manual ini tidak lagi bisa cukup, pasti sudah sangat membutuhkan lintasan flyover oleh karena itu Pak Herman melalui PT ba, mungkin kita akan studi banding ke Lampung, ya Lampung itu saya lihat mereka bikin flyover tidak terlalu ruwet.

“Nanti perlintasan jalan pemuda dengan perlintasan rumah tumbuh itu kita usahakan bangun flyover, Mumpung kita belum pembahasan 2024, Mungkin beberapa hari ini akan studi banding kelampung, kita akan melihat bagaimana membuat itu, disanakan banyak juga kereta api nya, tapi flyover nya sederhana yang penting efektif untuk masyarakat, karna di perlintasan di Daerah kita inikan tidak ada Bus-Bus besar, atau batubara, rata-rata mobil Kecil itu yang kita harapkan cepat kita bangunkan Oleh karena itu kerja sama nanti aku tagih ya pak suherman, karna CSR untuk Muara Enim ini berapa nian sebenar nyo, aku dapat laporan dari pak gubernur 62,5 Miliar untuk Kabupaten Muara ini nah jadi kita bisa manfaatkan itu, “Jelas PJ Bupati pada sambutan nya, dilanjutkan meresmikan Palang Perlintasan dengan mengoperasikan alat manual di Pos JPL 01.

Kadishub Muara Enim H junaidi SH M. Hum M Si ketika dibincangi awak media seusai acara, mengucapkan Terima kasih atas sudah di operasikan palang perlintasan yang secarq simbolis oleh Bupati di perlintasan yang memang sudah ditunggu-tunggu terkhususnya petugas dan masyarakat yang memang menurut nya diperlintasan Jalan Pemuda ini sangat ramai sekali dan di sini sudah dua kali terhitung semenjak dirinya bertugas di Kabupaten Muara Enim yang kejadian sangat fatal bahkan menimbul kan korban meninggal

Selain itu Junaidi menjelaskan bahwa untuk petugas dan jpl yang di operasikan sekarang baru 4 yang dioperasikan dipersiapkan mungkin dari KAI nanti yang dua yang selama ini juga tertunda untuk mengoperasikannya itu akan dioperasikan juga.

“Nah kalo untuk petugasnya sementara ini kita buat minim karena kita sebagaimana disampaikan oleh Pak Bupati tadi yang seharusnya nanti kita kondisikan sesuai dengan kebutuhan di lapangan namun sekarang 9 orang satu titik Karena itu 3 sif  maka lebih kurang 36 orang dulu sementara dengan cadangannya lebih 40 orang.

Jadi, kami sangat berterima kasih terkhusus kepada media dan rekan-rekan dari LSM yang senantiasa memberikan masukan saran dari keberadaan ter khusus angkutan batu bara ini, jadi jpl ini di mana memang sangat rentan terjadi permasalahan dan kecelakaan.

kami bersama  Satlantas, Kapolres dari Polres Muara ini sebenarnya ya  sangat kesulitan dalam arti kata penambahan penambahan sebagaimana yang disampaikan oleh pak bupati dan kami sempat berkunjung bersama Pak Bupati pada tanggal 4 November tadi ke Palembang ke drive 3, dimana dari kunjungan itu Pihak PTKI mengatakan bahwa akan ada peningkatan pengangkutan batubara nah ini kalau melihat dari kondisi sekarang yang melintas lebih kurang 10 menit sampai 15 menit Bagaimana kalau meningkat itu sampai tiga kali lipat berarti dari 30 juta ton per tahun menjadi 100 ton, ini yang kita pikirkan sebagaimana disampaikan tadi artinya jalan  pelintasan yang kita buat ini tidak lagi mungkin berpikir untuk meningkatkan melainkan kita harus mau atau tidak mau membuat flyover, dari minggu depan ini flyover tidak sebidang,

Pak Bupati menyampaikan tadi dalam waktu dekat ini kami, anggota DPRD bersama lantas dan lain nya nanti akan berkunjung study banding bersama ke Lampung, “Ungkap nya.

Pada kesempatan ini juga, lanjut Kadishub, ” Kami menghimbau untuk masyarakat tentunya palang pintu ini kan dalam rangka penyesuaian jadi memang harus tetap hati-hati, tetap waspada jangan terlena dengan adanya penjagaan maupun palang pintu ini artinya kami ini bertugas dengan kepolisian dengan Satlantas Ini sekedar mengatur lalu lintas, ketika keterbatasan kami hanya mengatur lalu lintas, “Ungkap Junaidi.

Edi salah satu masyarakat Muara Enim yang kebetulan melintas ketika dibincangi awak media, menyambut baik atas sudah diresmikan nya Palang Perlintasan Kereta Api.

” Alhamdulillah, akhirnya palang pintu perlintasan sudah beroperasi, pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Muara Enim yang sudah peduli dengan keluhan kami masyarakat, semoga dengan di operasikan ini, tingkat kecelakaan akan berkurang dan tentunya kami khususnya saya akan tetap berhati hati saat melintas walau sudah ada palang nya, “Pungkas nya.

(Ali).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

LAHAT - 29-April-2024, 20:59

Pelaku Curas DPO Antar Provinsi, Berhasil Diungkap Polsekta Lahat 

BANYU ASIN 29-April-2024, 20:25

HANI SYOPIAR RUSTAM TEBAR BENIH IKAN DI SUNGAI BOOM BERLIAN 

BANYU ASIN 29-April-2024, 20:23

Waw.!!! Hampir 1.000 Warga Dari Berbagai Kecamatan Nyatakan Dukungan Untuk YM 

OKU - 29-April-2024, 19:49

Selain Sosialisasi Manfaat Makan Ikan, 120 Paket Makanan Olahan Ikan Dibagikan Saat Acara GEMARIKAN Kabupaten OKU

MUBA - 29-April-2024, 19:23

Pj Bupati Sandi Fahlepi Ajak Birokrat Muba Tingkatkan Kolaborasi, Jauhi Kompetisi 

BANYU ASIN 29-April-2024, 15:19

Hj DIANA KUSMIlA AMBIL FORMULIR DI DPC PARTAI PAN 

MUBA - 29-April-2024, 12:29

Rutin Keliling Desa di Muba, Banyak Libatkan Generasi Muda 

MUBA - 29-April-2024, 11:49

Sandi Fahlepi Ungkap Butuh Support dan Kerjasama yang Baik untuk Membangun Muba 

OKU - 29-April-2024, 11:43

Dalam Apel Gebyar Bakti Penyulang, Senior Manager Distribusi dan Manager PLN UP3 Lahat Menyampaikan Hal Penting Untuk Personil PLN ULP Baturaja, Begini Pesannya ..

BANYU ASIN 29-April-2024, 09:51

LIMA DESA KECAMATAN MUARA SUGIAN AKAN DI BANGUN

LAHAT - 28-April-2024, 21:26

YM Didampingi Tim Pemenangan dan Rombongan Hadiri Pernikahan Desi – Yoga 

PALEMBANG - 28-April-2024, 19:48

Dua Anggota Polri Harumkan Indonesia Lewat Timnas U-23 

BANYU ASIN 28-April-2024, 18:54

HANI SYOPIAR RUSTAM TINJAU KONDISI JALAN AIR SALEK 

MUBA - 28-April-2024, 16:54

Pj Bupati Sandi Fahlepi Blusukan Tinjau Infrastruktur Jalan 

MUBA - 28-April-2024, 16:52

Sekda Apriyadi Mahmud Hadiri Wisuda di Ponpes Assalam Al-Islamy 

BANYU ASIN 28-April-2024, 14:42

ACARA HUT BANYUASIN KE 22 DISAMBUT GEMBIRA 

BANYU ASIN 28-April-2024, 12:04

PJ BUPATI BANYUASIN TANDA TANGANI MoU DENGAN PT BANK PANIN DUBAI SYARIAH 

PALEMBANG - 27-April-2024, 20:16

Kapolda Tinjau Dua Lokasi Pembuatan Sumur Bor Bantuan POLRI 

BANYU ASIN 27-April-2024, 20:13

HJ DIANA BASIR SIAP MAJU CALON WAKIL BUPATI BANYUASIN 

MUBA - 27-April-2024, 18:20

Terpilih Aklamasi, Akhmad Toyibir dan Mohammad Reza Nahkodai IKAPTK Muba 2024-2029 

LAHAT - 27-April-2024, 18:15

Kalapas Pimpin Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 Kemenkumham RI 

JAKARTA - 27-April-2024, 18:13

Jadi Calon Bupati Lahat 2024-2029, YM Banjir Dukungan Masyarakat Lahat di Perantauan 

MUBA - 27-April-2024, 16:24

Sandi Fahlepi : Tanggap Darurat Perbaiki Jalan Agar Bisa Segera di Lintasi Oleh Masyarakat 

OKU - 27-April-2024, 16:14

PLN UP3 Lahat Gelar Apel Gebyar Bakti Penyulang di PLN ULP Baturaja.

BANYU ASIN 26-April-2024, 20:26

HJ DIANA. BASIR CALON WAKIL BUPATI BANYUASIN 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE