ISI

HNU, Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Kabupaten Muara Enim


17-August-2021, 20:49


Muara Enim, sriwijayaonline.com – Walau di tengah suasana pandemi Covid-19, pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-76 RI) tingkat Kabupaten Muara Enim yang  digelar secara sederhana dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Lapangan Kantor Pemkab Muara Enim, Selasa (17/08) tetap berlangsung khidmat.

Suasana khidmat tersebut dapat dirasakan saat Bendera Sang Saka Merah Putih  mulai dikibarkan menuju ujung tiang tertinggi sembari diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. ‘Indonesia Raya merdeka merdeka tanahku negeriku yang kucinta, Indonesia Raya merdeka merdeka hiduplah Indonesia Raya.

Fato HNU di Dampingi Ketua TP PKK Muara Enim, saat pemberian santunan dana kehormatan kepada para Veteran Kabupaten Muara Enim

Selaku Kepala Daerah, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) dalam upacara tadi bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup),  untuk pembacaan teks UUD 1945 dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki yang selanjutnya  pembacaan Do’a oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim.

Kemudian, bertindak sebagai Komadan Upacara Mayor Inf Zeri Mandani (Gomil Gol VI Rindam II/SWJ), Perwira Upacara Kapten Arm Broto Santoso (Pasi Pers Kodim 0404/ME) kemudian Desinta Putri Maharani dari SMA Negeri 2 Muara Enim bertugas sebagai pembawa baki yang selanjutnya diserahkan kepada Pengibar Bendera yakni M Al Hadi Rivan dari SMK  Bina Mulia, M Tegar Ramadhan dari SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim dan Radja Natael Sembiring dari SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim.

Foto HNU Didampingi Ketua TP PKK Muara Enim Saat mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta.

“17 Agustus dapat kita maknai sebagai tanggal/hari yang sangat bersejarah dan sangat berarti bagi kita semua. Sebagai anak bangsa kita wajib setiap tahun untuk memperingatinya yang tentu tujuannya untuk meningkatkan semangat nasionalisme, semangat kebangsaan, dan juga meningkatkan rasa tanggung jawab kita kepada bangsa, dan negara Republik Indonesia,” terang HNU saat diwawancara usai pelaksanaan upacara.

Foto HNU, di Acara Pemberian Remisi Kepada Warga Binaan di Lapas Kelas II B Muara Enim

Maka dari itu, HNU mengharapkan peran anak-anak muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa, menjadi penerus tongkat estafet kepemimpinan agar dapat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif yang dapat membakar jiwa nasionalisme sehingga dapat meresapi perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara, dan harus kalian lanjutkan perjuangan itu.

Kemudian, tekait pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih menghantui, HNU mengajak semua untuk optimis, untuk bersama-sama menghadapinya dengan menekankan disiplin protokol kesehatan (prokes).

“Kita harus optimis, bangsa kita bangsa yang besar bangsa yang sudah terbiasa menghadapi situasi-situasi tersulit sekalipun sebagaimana yang telah terjadi pada saat pahlawan kita menghadapi kesulitan-kesulitan di masa lampau, sekarang pun kita harus bisa menghadapi kondisi ini (pandemi Covid-19) dengan satu kata kunci yakni kebersamaan, kebersamaan, dan kebersamaan sehingga dengan kebersamaan itu dengan menekankan disiplin prokes itu, kondisi ini yakin akan kita rasakan semakin hari akan semakin membaik,” ujar HNU.

“Semoga diusia ke-76 tahun, Negara Kesatuan Republik Indonesia akan semakin maju dan selalu berjaya, INDONESIA MAJU, INDONESIA TUMBUH, MERDEKA, amin,” harap HNU.

Usai mengikuti pelaksanaan Upacara di Lapangan Kantor Pemkab Muara Enim yang dilanjutkan dengan pemberian santunan dana kehormatan kepada para Veteran Kabupaten Muara Enim. Tepat pukul 10.00 WIB, Pj Bupati Muara Enim beserta Forkopimda Kabupaten Muara Enim langsung mengikuti secara Virtual dari Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim. Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta.

Foto PJ Sekda Muara Enim Emran Thabrani Saar Acara Penurunan Bendera.

Sekitar Jam 13.00 wib, PJ Bupati Muara Enim  HNU Berikan Remisi Kepada Warga Binaan di Lapas Kelas II B Muara Enim Pada Peringatan HUT RI ke-76

Turut mendampingi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Muara Enim, Herdianto,Amd.IP.,S.H.,M.Si berikan Remisi Umum Bagi Narapidana dan Anak di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Muara Enim.

Kalapas Kelas II B Muara Enim, Herdianto, Amd.IP., S.H., M.Si., dalam laporannya menyampaikan, bahwa kondisi Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Muara Enim saat ini dalam keadaan aman dan terkendali. Adapun isi Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Muara Enim saat ini berjumlah 1.127 orang/warga binaan dengan rincian sebagai berikut, Pidana Umum dewasa laki-laki 484 orang, dewasa perempuan 8 orang, Anak-anak 7 orang, dengan jumlah keseluruhan, 499 orang. Kemudian untuk Narkotika, dewasa laki-laki 598 orang, dewasa perempuan 28 orang, Anak-anak 2 orang, dengan jumlah keseluruhan 628 orang.

Selanjutnya Narapidana dan Anak yang mendapatkan Remisi; Narapidana (belum bebas,red) berjumlah 566 orang, Anak (belum bebas) berjumlah 5 orang, Narapidana (belum bebas masih menjalani Subsider) berjumlah 6 orang. Kemudian Narapidana (Asimilasi di rumah) berjumlah 2 orang dan Narapidana (bebas) berjumlah 8 orang, dengan jumlah keseluruhan 587 orang/warga binaan.

Pengurangan masa menjalani pidana ini minimal 1 (satu) bulan dan maksimal 6 (enam) bulan bagi Remisi Umum.

“Sekali lagi saya sampaikan ucapan selamat kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan yang pada hari ini mendapat remisi. Ketika warga negara melakukan pidana, Negara berwenang menjatuhkan Funishment (hukuman,red), namun ketika mereka menjadi sadar dan mau bertaubat maka Negara pun berkewajiban memberikan maaf dan reward kepadanya, karena tidak ada satupun di dunia ini seseorang sengaja melakukan pelanggaran hukum dan kita tidak tau mungkin bisa jadi kita pun berada disini Wallahualam,”tutupnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim, H.Nasrun Umar atau yang akrap disapa HNU, atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengucapkan Dirgahayu  Republik Indonesia, selamat memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun bagi kita semua seluruh Bangsa Indonesia. Rasa syukur dan bahagia dalam memperingati hari kemerdekaan menjadi milik segenap lapisan masyarakat. Oleh sebab itu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Hukum dan HAM memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana (remisi,red) bagi warga binaan yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan disiplin tinggi dalam mengikuti program pembinaan sesuai syarat yang di amanatkan dalam Undang-undang Nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan dan Keputusan Presiden Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi.

“Saya ucapkan selamat kepada 592 warga binaan Lapas Kelas II B Muara Enim yang pada hari ini menerima remisi, terkhusus kepada 8 orang diantaranya yang langsung bebas pada hari ini. Selamat kembali ke tengah keluarga dan masyarakat. Jadilah insan yang lebih baik, hiduplah dalam tata nilai kemasyarakatan yang baik, taat aturan dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan,”ujar HNU.

“Dan bagi warga binaan yang masih menjalani masa hukuman, saya berpesan tunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam mengikuti seluruh tahapan,proses dan kegiatan program pembinaan. Sayapun mengucapkan terima kasih kepada Kepala Lapas Kelas II B Muara Enim beserta seluruh jajaran yang telah mengabdikan diri, bekerja dengan tulus dan ikhlas membina warga binaan sehingga nantinya siap kembali ke tengah masyarakat,”tambah HNU.

“Selain itu, saya juga mengucapkan selamat dan mengapresiasi kinerja Lapas Kelas II B Muara Enim atas prestasi dan capaian yang luar biasa, diantaranya sebagai Satuan Kerja Terbaik II dalam Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2020 di jajaran Kemenkumham Kantor Wilayah (Kanwil) Sumatera Selatan dan menjadi pilot project atau percontohan dalam pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kemenpan-RB Republik Indonesia bagi Kemenkumham Kanwil Sumatera Selatan dan insyallah kita doakan bersama dalam waktu dekat akan mencapai predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),”tutup HNU.

Selain Pj Bupati Muara Enim, turut hadir diacara pemberian Remisi ini, Forkopimda, Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah, Drs. Emran Tabrani, M.Si, para Staf Ahli, Asisten dan Kepala Perangkar Daerah dinas/instansi Pemkab Muara Enim, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Muara Enim, serta warga binaan Lapas Kelas II B Muara Enim.

Selanjut nya pada pukul 17.00 wib, acara dilanjutkan Upacara penurunan Duplikat Bendera Merah Putih, PJ Sekda Muara Enim Emran Thabrani bertidak selaku Inspektur Upacara.

Dalam waktu yang bersamaan, secara virtual dari Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim, Penjabat Bupati Muara Enim H Nasrun Umar bersama Forkopimda Kabupaten Muara Enim mengikuti jalannya Upacara Penurunan Bendera Merah Putih yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta.

(Ali).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PALEMBANG - 23-April-2024, 18:53

PJ BUPATI BANYUASIN HADIRI RAKOR PEMBERANTASAN KORUPSI 

OKU - 23-April-2024, 14:20

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah Hadir Dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKU Ke-V

MUBA - 23-April-2024, 13:33

Sekda Muba Hadiri Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Sekayu 

MUBA - 23-April-2024, 12:16

Mendesak, Muba Siapkan Rp60 Miliar Atasi Kerusakan Infrastruktur Dampak Bencana Alam 

PALEMBANG - 23-April-2024, 12:15

Pj Bupati Muba Hadiri Acara Lepas Sambut Pangdam II/Sriwijaya 

LAHAT - 22-April-2024, 23:18

RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA HUT KABUPATEN BANYUASIN KE-22

OKU - 22-April-2024, 19:34

Bayangkan… !!, 4 Bulan Gaji Tidak Dibayar, Karyawan Mitra Ogan Minta DPRD OKU Bantu Nasib Mereka

OKU - 22-April-2024, 19:04

Ada Warga Ngamuk, Kapolsek SBR Langsung Ke Lokasi TKP

MUBA - 22-April-2024, 18:58

Pemkab Muba Sediakan 40 Tenda Kuliner yang Bakal Ramaikan Kegiatan MTQ 2024 

LUBUK LINGGAU - 22-April-2024, 18:54

SULASTRI DI PUTUS BEBAS, SETELAH SEMPAT DITAHAN 10 BULAN

BANYU ASIN 22-April-2024, 15:05

PEMKAB BANYUASIN GELAR UPACARA HUT KABUPATEN BANYUASIN KE 22 

BANYU ASIN 22-April-2024, 14:56

HARI JADI KABUPATEN BANYUASIN KE 22 GELAR KOLABORATIF PERDANA 

MUBA - 22-April-2024, 14:50

Sandi Fahlevi Resmi Menjabat Pj Bupati Muba 

MUBA - 22-April-2024, 14:47

Bawakan Lagu Aisyah, Tri Suaka Bakal Meriahkan MTQ XXX di Muba 

LAHAT - 22-April-2024, 14:45

Team Broather Rudi Lahat Rebut 6 Piala di Event Zuffar Grasstrack Banyuasin 

LAHAT - 22-April-2024, 13:15

Polres Lahat, Polda Sumsel GO Bulanan 

BANYU ASIN 21-April-2024, 20:10

DUA ORANG WARGA DESA MERANTI DIDUGA KORBAN PEMBUNUHAN 

MUBA - 21-April-2024, 18:43

Pj Bupati H Apriyadi Mahmud Ajak Masyarakat Semarakkan MTQ ke 30 di Muba 

BANYU ASIN 21-April-2024, 10:43

Dr KONAR ZUBIR SH, MH SERAHKAN FORMULIR PENDAFTARAN BACALON BUPATI BANYUASIN 

LAHAT - 20-April-2024, 21:15

Tekan Jalur KA Maut, Pemkab Lahat Perketat Penjagaan 

LAHAT - 20-April-2024, 21:10

PJ Bupati Lahat Bersihkan Taman Ribang Kemambang

PAGAR ALAM - 20-April-2024, 12:55

MOBIL TERPEROSOK DI LIKUAN ENDIKAT, LALIN KENDARAAN MACET TOTAL

LAHAT - 19-April-2024, 20:37

Warga Kelurahan Sari Bungamas Sambangi Kediaman YM 

MUBA - 19-April-2024, 20:36

Kunjungi Kecamatan Sungai Keruh, Pj Bupati Muba Serahkan Berbagai Bantuan untuk Warga 

MUBA - 19-April-2024, 20:35

Tower Telkomsel On Air di Dua Desa Babat Supat, Warga Ucapkan Terima Kasih ke Pj Bupati Apriyadi Mahmud 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE