ISI

Direktur Eksekutif DPP Forsesdasi Sampaikan Laporan Hasil Rakernas


30-September-2020, 20:34


Jakarta – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Ogan Komering Ulu Yang Juga Kepala Biro Organisasi Setda Prov Sumsel Sebagai Direktur Eksekutif DPP Forsesdasi Muhammad Zaki Aslam, S.IP, M.Si Menghadiri Rapat Kerja Nasional Forum Sekretaris Daerah Se Indonesia (Forsesdasi) Tahun 2020 Bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri RI Jakarta, Rabu (30/09/2020)

Rakernas FORSESDASI Tahun 2O20 dibuka secara langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yakni Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Dwi Wahyu Atmaji mewakili Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo dan Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bidang Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia mewakili Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh.

Tema yang di usung dalam acara tersebut adalah “Peningkatan Kualitas dan Percepatan Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Indonesia maju”.

Dalam sambutannya sekaligus menjadi keynote speaker, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori mengucapkan terimakasih kepada para Sekretaris Daerah yang sudah hadir secara virtual.

Semoga kita selalu bisa bersinergi ke depannya. Kita sukseskan momentum ini.

Hal-hal yang disampaikan oleh Muhammad Hudori yakni terkait program untuk mensejahterakan masyarakat. Muhammad Hudori juga mengimbau kepada seluruh peserta yang hadir agar bersikap netralitas dalam Pilkada.

Kurangi kerumunan massa. Pilkada harus aman, tertib, lancar dan bebas dari penularan Covid-19.

Sementara, Sekretaris Kementerian PAN dan RB Dwi Wahyu Atmaji juga menyampaikan mengenai implementasi informasi birokrasi dan akuntabilitas daerah sesuai target RPJMN 2019-2024 yang memuat strategi pembangunan Nasional, kebijakan umum, Proyek Prioritas Strategis, program Kementerian/Lembaga dan lintas Kementerian/ Lembaga, arah pembangunan kewilayahan dan lintas kewilayahan, Prioritas Pembangunan, serta kerangka ekonomi makro yang mencakup gambaran perekonomian secara menyeluruh termasuk arah kebijakan fiskal dalam rencana kerja yang berupa kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

Lebih lanjut, Dwi Wahyu Atmaji menjelaskan peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan hal utama yang harus dilakukan Pemerintah, karena semua itu menjadi dambaan masyarakat di seluruh Indonesia. Adapun pelayanan prima adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.

Pelayanan prima dapat dicapai oleh suatu unit/ lembaga pelayanan publik, jika menerapkan standar pelayanan publik dengan baik, sebab, ukuran penilaian masyarakat terhadap pelayanan prima sebenarnya sangat sederhana, yakni persyaratan sederhana, pelayanan cepat, nyaman, serta berbiaya murah bahkan gratis.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia menghimbau agar terus dilakukan pengawasan pengadaan barang dan jasa yang terkait Pandemi Covid-19 sekarang ini.

Dadang Kurnia juga mengingatkan agar bersama-sama untuk saling berkolaborasi mempercepat penanganan pencegahan Covid-19.

Sekda Provinsi Sumsel selaku Ketua Umum DPP Forsesdasi H.Nasrun Umar, SH.,MM menyampaikan bersama Forum Sekda se-Indonesia memberikan apresiasi dan dukungan semoga di tahun 2021 kita dapat melaksanakan Rakernas dan Munas Forsesdasi tahun 2021 dengan baik dan sukses.

Keberhasilan implementasi birokrasi yang bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik sangat tergantung pada komitmen pimpinan yang didukung oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional dan integritas wujudkan pemerintahan berkelas dunia harus dilaksanakan secara komfrehensif yaitu perubahan pada pola pikir budaya kerja serta struktur kelembagaan secaea holistik.

Dalam rangka pencegahan tindak pidana korupsi oleh ASN diharapkan pemerintah daerah memperhatikan dan melaksanakan penerapan e-planning, dan e-budgeting, penerapan secara elektronik.

Rangkaian acara diisi dengan Pemberian Cinderamata dari FORSESDASI Kepada Mendagri, Menteri PAN dan RB diwakili Sekretaris Kementerian PAN dan RB Dwi Wahyu Atmaji dan Kepala BPKP Pusat diwakili Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia.

Direktur Eksekutif DPP Forsesdasi, Muhammad Zaki Aslam, S.IP, M.Si menyampaikan laporan hasil Rakernas pada hari ini dan memberikan kesimpulan atas kegiatan hari ini menghasilkan keberhasilan Forsesdasi yang bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan dengan baik, salah satu cara untuk mewujudkan pemerintahan kelas dunia adalah memberikan pelayanan publik yang baik sesuai standar yang telah di tentukan sehingga kepercayaan penuh dari masyarakat.

Rangkaian acara diakhiri dengan Penetapan Tuan Rumah Rakornas Tahun 2021 sekaligus penutupan secara resmi Rakornas Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas FORSESDASI Tahun 2O2O oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Dari hasil penetapan, Tuan rumah Rakornas Tahun 2021 ditetapkan di Provinsi Kepulauan Riau.

Sekda Provinsi Kepulauan Riau Pada Rakornas ini menyampaikan kesiapan Pemkot Batam dalam mensukseskan Rakornas Forsesdasi tersebut. Batam sangat siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan berskala nasional ini.

Rakornas ini rencananya akan dilaksanakan pada 19-21 Maret 2021 Mendatang.

Turut hadir mendampingi Biro Organisasi Pemprov Sumsel, Kabag Prokopim Setda OKU.

Acara ini diikuti oleh seluruh Sekretaris Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

JAKARTA - 18-May-2024, 18:28

Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri 

LAHAT - 18-May-2024, 18:27

Polres Lahat Buka Fun Bike Adventure Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78 

LAHAT - 18-May-2024, 18:26

Tim Gabungan Bongkar Gudang Penyimpanan BBM Ilegal 

LAHAT - 18-May-2024, 18:24

Polres Lahat, Polda Sumsel Sosialisasi Kepada Expedisi dan Sopir Angkutan Barang 

LAHAT - 18-May-2024, 15:47

PT BGG Bangun Tiga Unit RTLH Milik Warga Muara Lawai 

OKU TIMUR 18-May-2024, 14:58

Hadiri HUT Ke 50 Desa Harjomulyo, Ini Pesan Bupati Enos 

LAHAT - 18-May-2024, 02:38

Puluhan Pedagang UMKM Ngotot Tetap Akan Berjualan di MTQ

MUBA - 17-May-2024, 23:59

Serius tangani Pengelolaan Sampah, Pemkab Muba Akan Buat TPA Baru 

EMPAT LAWANG - 17-May-2024, 22:21

Hanya, Siska Hidayat Muhammad Perwakilan Propinsi Sumsel Berangkat CJH

PALEMBANG - 17-May-2024, 21:31

Ratusan Mahasiswa Tergabung Aliansi Mahasiswa Sumsel Demo Kekantor Gubernur 

LAHAT - 17-May-2024, 20:49

Gerak Cepat, Satlantas Polres lahat Tindak Pelanggaran ODOL 

LAHAT - 17-May-2024, 20:37

YM Safari Jum’at di Masjid Al-Mubaroq Jl Penghijauan 

PALEMBANG - 17-May-2024, 16:41

 KABUPATEN BANYUASIN RAIH WTP KE 13

LUBUK LINGGAU - 17-May-2024, 14:26

Prihatin, Tak Ada Cakada Bicara Masalah Hukum

MUBA - 17-May-2024, 13:29

Kunjungi RSUD BayLen, Pj Bupati Sandi Cek Pelayanan, Sarana dan Prasarana 

OKU - 17-May-2024, 00:32

PT. SSP Kembali Berikan Bantuan Melalui Pemkab OKU Untuk Warga Terdampak Banjir.

JAWA TENGAH - 16-May-2024, 23:59

Pj Ketua TP PKK Muba Hadiri Malam Puncak HKG PKK ke-52 di Solo 

JAKARTA - 16-May-2024, 19:20

Genjot Percepatan Pengalihan PI 10 Persen Wilayah Kerja Jambi Merang, Pemkab Muba Audiensi Bersama Dirut PT Pertamina Hulu Energi 

LAHAT - 16-May-2024, 18:54

Masyarakat Enam Kecamatan Mengingkan Nopran Marjani Mencalonkan Cabup atau Cawabup 

PALEMBANG - 16-May-2024, 18:52

Rakor Bersama SKK Migas, Kapolda Sumsel Komitmen Tindak Tegas Illegal Drilling dan Illegal Refinery 

MUBA - 16-May-2024, 18:15

Datangi Muba, Kapolda Sumsel Komitmen Penegakan Hukum Penyalahgunaan Minyak Ilegal 

MUBA - 16-May-2024, 15:18

Agus Fatoni : Expo HUT ke-44 Dekranas, Momen Majukan Produk Kerajinan UMKM 

BANYU ASIN 16-May-2024, 14:19

SATU DATA INDONESIA KABUPATEN BANYUASIN EVALUASI PELAKSANAAN DESA CANTIK 

OKU - 15-May-2024, 22:49

Komando Mahar Kabupaten OKU Siap Perjuangkan Mawardi Yahya menjadi Gubernur Sumsel

MUBA - 15-May-2024, 18:04

Cuaca Ekstrem Pemkab Muba Ingatkan Warga Waspada Banjir, Petir dan Longsor 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE