ISI

PLT Bupati Muara Enim Ajak Sukseskan Program Reflanting


21-August-2020, 16:58


Muara Enim, sriwijayaonline.com – PLT Bupati Muara Enim H Juarsah SH, Meresmikan sekaligus melangsungkan syukuran pelaksanaan program peremajaan kelapa sawit rakyat tahap I Tahun 2019 dan peluncuran tumbang pangkas perdana pohon kelapa sawit tahun tanam 2020 di Desa Sumaja Makmur, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim.

Syukuran ini ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pemotongan pita menandakan dimulainya pelaksanaan tumbang pangkas tahun 2020, yang di ikuti warga masyarakat dan gabungan kelompok tani (Gapoktan) se-Kecamatan Gunung Megang. Jumat (21/8).

Kepala Desa Sumaja Makmur, Parimin mengucapkan terima kasihnya atas perhatian Plt. Bupati dalam membantu para petani kelapa sawit, khususnya yang berada di Kecamatan Gunung Megang.

Sedangkan Kepala Dinas Perkebunan Muara Enim, Ir H Mat Kasrun melaporkan bahwa Program Peremajaan Sawit Rakyat melalui dukungan dana dari BPDPKS merupakan salah satu jawaban atas permasalahan rendahnya produktifitas kebun kelapa sawit rakyat yang di akibatkan oleh kondisi kebun kelapa sawit rakyat yang sudah tua / rusak ataupun kebun kelapa sawit yang tidak menerapkan kaidah Good Agricultural Practise atau yang lebih dikenal dengan istilah GAP Kelapa Sawit.

“Perlu kami sampaikan bahwa, komoditi kelapa sawit di Kabupaten Muara Enim adalah salah satu komoditas yang cukup luas di Kabupaten Muara Enim dengan total seluas 131.039,93 hektar yang terdiri dari Perusahaan Perkebunan Swasta dan Negara, Perkebunan Rakyat Eks. Plasma PTPN VII dan Perkebunan Rakyat Swadaya.

Terkhusus, Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat Eks. Plasma PTPN VII dengan total lahan seluas 10.880 Ha saat ini da|am kondisi rusak / tua dengan tingkat produktitiatas tanaman yang sudah sangat rendah.

Rata-rata produksi dalam skala lahan 1 kavling atau 2 hektar hanya mendapatkan 300 s.d 400 kg TBS per bulan dengan demikian maka produktifitas kebun kelapa sawit tidak lebih dari 3 Ton per hektar per tahun. Hal tersebut sudah sangat jauh dari potensi kebun kelapa sawit rakyat yang seharusnya yaitu berkisar antara 25 s.d 34 ton per ha per tahun untuk varietas kelapa sawit unggul saat ini.

Dengan demikian diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan potensi kelapa sawit yang saat ini masih rendah melalui program-program unggulan seperti Program Peremajaan Sawit Rakyat atau Program PSR yang sedang kita laksanakan saat ini, “Jelas nya.

Sementara itu PLT Bupati Muara Enim dalam sambutan nya menyampaikan bahwa dari total luas lahan pertanian di Kabupaten Muara Enim, merupakan lahan perkebunan yang didominasi olen 3 komoditas unggulan yaitu karet, kelapa sawit dan kopi. karena sebab itu Pemerintah Kabupaten Muara Enim sangat fokus melaksanakan program-program pemberdayaan, baik dari kegiatan hulu maupun hilir di sektor perkebunan.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini saya menghimbau supaya masyarakat tidak ragu untuk mengikut sertakan program ini mumpung program ini masih ada karna pemerintah masih membuka peluang sebanyak mungkin untuk reflanting kebun sawit ini. karna sepanjang jalan yang saya lihat tadi sepertinya produksi sudah tidak maksimal lagi karna tanaman sawit sudah tua.

Disini juga saya mengajak masyarakat untuk bersama sama meremajakan kebun sawit. ditengah tengah peremajaan kebun sawit ini maka kami juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan ekonomi dan meningkatkan tarap hidup supaya kita tidak tergantung  dengan hasil sawit yang baru kita tanam, maka nantinya laksanakanla tanam sela, tanaman sela yang juga dibantu oleh pemerintah dibantu dengan dana pinjaman juga sebesar 25 juta/HA, Kata H Juarsah.

Lebih lanjut Plt. Bupati berharap melalui peremajaan kelapa sawit ini dapat meningkatkan kualitas maupun produktivitas panen. Dirinya berpesan kepada para petani dan Gapoktan agar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan terencana, mulai dari pekerjaan pembukaan lahan dan tumbang pangkas pohon agar hasil yang diperoleh menjadi lebih optimal sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Nantinya didalam memanfaatkan lahan tanam yang baru ditanam, kita bisa menanam tanaman parahuja, kacang, jagung, kedelai bahkan juga bisa tanam tanaman yang minim dari gangguan hama seperti Tebu dan lain nya. dan terhadap hama juga kita carikan solusinya supaya apa yang kita tanam berhasil dengan baik.

Marila, dalam rangka meningkatkan perekonomian di kab muara enim yang sesuai dengan visi misi Muara Enim Merakyat, yang agamis, Berdaya saing, mandiri sehat dan sejahtera, maka saya mengajak kepada semua masyarakat untuk serius, mengambil dan memetik kesempatan ini.

Saya juga berharap kepada stekholder yang di bidang ini untuk mendorong dan mendukung kegiatan ini termasuk Per Bankkan,  “Ucap H Juarsah.

Turut hadir, Sekda Muara Enim, Kadin Perkebunan Provinsi Sumsel, Kadin Perkebunan Muara Enim, Kadin Koperasi dan UKM dan para kepala SKPD lingkup Pemkab Muara Enim, Camat, Kapolsek, Danramil Gunung Megang, Pimpinan dan perwakilan Bank Sumsel Babel, Bank BNI, Bank BRI Cabang Muara Enim, Manager PTPN VII unit sungai lengi, Manajer PTPN VII Unit Sungai Niru dan seluruh kepala Desa Lingkup Kecamatan Gunung Megang . (Ali).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PALEMBANG - 26-May-2024, 12:10

SRIWIJAYA EXPO KAB BANYUASIN PROMOSIKAN KAIN BATIK BAJUMPE 

BANYU ASIN 26-May-2024, 12:09

PJ BUPATI BANYUASIN HADIRI PELANTIKAN PANWASCAM BANYUASIN 

OKU - 25-May-2024, 23:24

PT. Abadi Ogan Cemerlang (AOC) dan PT Kalimantan Prima Persada menyampaikan Bantuan untuk Korban Bencana banjir di Semidang Aji.

JAKARTA - 25-May-2024, 21:48

YM dan Istri Tercinta Rayakan Ultah Ke-16 M. Rafi Yuri Fallah 

JAKARTA - 25-May-2024, 16:38

Cabup Lahat Yulius Maulana ST Hadiri Acara Rakernas PDIP ke-5 di Ancol 

OKU - 25-May-2024, 12:20

PT. SSP Kembali Berikan Bantuan Untuk Warga Masyarakat OKU Yang Terdampak Banjir.

LAHAT - 24-May-2024, 23:55

Polres Lahat Bersama UPPKB Merapi Tindak Sopir Angkutan ODOL

LAHAT - 24-May-2024, 23:41

Gunakan Produk Dalam Negeri, Kemenperin Berikan Penghargaan Kepada Pemkab Lahat

OKU - 24-May-2024, 21:51

Banjir Kedua di Kabupaten OKU Mengakibatkan Korban Nyawa, Tim Gabungan Bekerja Keras Mengevakuasi Korban

MUBA - 24-May-2024, 15:31

Bentuk Apresiasi Terhadap Desa Wisata, Pemkab Muba Bakal Gelar Festival Tegal Mulyo 

OKU - 24-May-2024, 13:19

PT. Sementara Baturaja Kembali Berikan Bantuan Untuk Korban Banjir Di Kabupaten OKU

LAHAT - 23-May-2024, 22:05

Unit Pidum Polres Lahat Ungkap Kasus Curat Iphone

PALEMBANG - 23-May-2024, 21:07

Kapolda Sumsel Ikuti Rakornas Pengawasan Intern BPKP RI 

LAHAT - 23-May-2024, 20:45

Fitrizal Homizi : Baru Pasangan BERLIAN Kembalikan Berkas Pendaftaran 

MUBA - 23-May-2024, 19:09

Sambangi Keluang, Sekda Apriyadi Cek Progres Peralihan Listrik MEP ke PLN 

OKU - 23-May-2024, 10:03

Kabupaten OKU Berduka, Banjir Kembali Melanda.

PALEMBANG - 22-May-2024, 21:49

Kapolda Sumsel Buka Rakernis Sinergitas Mitra Kamtibmas 

BANYU ASIN 22-May-2024, 20:30

Pj Bupati Muba Terima Audiensi SKK Migas Perwakilan Sumbagsel 

LAHAT - 22-May-2024, 16:18

Lagi. Satlantas Polres Lahat Sosialisasi dan Penindakan Bersama UPPKB Merapi Terhadap ODOL 

MUBA - 22-May-2024, 14:30

Muba Masifkan Cover BPJS Ketenagakerjaan untuk Warga 

BANYU ASIN 22-May-2024, 12:57

PJ BUPATI BANYUASIN MELANTIK 906 TENAGA KESEHATAN 

OKU - 22-May-2024, 12:14

KPU Perkenalkan Mascot dan Jingle Terbaru Pada Launching Pilkada Serentak.

MUBA - 22-May-2024, 12:00

Ajak Warga Sehat, Pj Bupati H Sandi Fahlepi Minta Dukungan dan Peran Serta Seluruh Elemen 

LAHAT - 22-May-2024, 11:59

Polsek Pulau Pinang dan Satresnarkoba Patroli dan Giat KRYD Berhasil Ungkap Kasus Narkoba 

PALEMBANG - 22-May-2024, 11:34

Pj Bupati Sandi Fahlepi Komitmen Lanjutkan Pembangunan Markas Kompi Brimob di Muba 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE