ISI

Polres OKU dan GANN OKU Bersinergi Cegah Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba


2-September-2019, 21:26


OKU – Kapolres OKU AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari menerima kehadiran anggota GANN (Generasi Anti Narkotika Nasional) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di ruang kerjanya, pada hari Senin (02/09).

Kapolres OKU berikan suapan kue pada salah satu Polwan Polres OKU

Sebelumnya anggota GANN tersebut bersama-sama anggota Polwan Polres OKU merayakan HUT Polwan ke 71, gelar apel dan berdo’a bersama, dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng dan kue oleh Kapolres OKU.

Dalam audiensi diruang kerja Kapolres OKU, anggota GANN OKU menyampaikan maksud dan tujuan dari pembentukan DPC GANN di Kabupaten OKU adalah untuk turut membantu Aparat Penegak Hukum utamanya Satnarkoba Polres OKU dalam mengatasi peredaran dan penyalahgunaan Narkoba.

“tujuan LSM GANN adalah untuk ikut andil dalam pencegahan hingga pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba utamanya dikalangan generasi muda penerus bangsa, dengan adanya niat serta misi tersebut Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) akan segera dibentuk kepengurusannya di OKU “, jelas Yetti Asmarayani kepada Kapolres OKU selaku Ketua Mandat DPC GANN OKU yang mewakili Ketua DPD Provinsi Sumsel Nur Frafyanti Fanny.

” Generasi Anti Narkotika Nasional merupakan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang bertujuan membantu Aparat Pemerintahan dalam mengatasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. GANN tentunya melibatkan semua unsur di Pemerintahan dan masyarakat dan utamanya Polres OKU “, kembali dikatakan oleh Yetti Asmarayani.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Yetti Asmarayani yang biasa disapa dengan Asmara Nian, Kapolres OKU mengatakan, ” saya secara pribadi dan juga selaku Kapolres OKU sangat mengapresiasi kehadiran GANN di OKU, dengan demikian diharapkan antara Polres OKU dan GANN serta instansi terkait juga masyarakat dapat secara bersama-sama menyatukan misi dalam rangka pencegahan dan pemberantasan peredaran serta penyalahgunaan narkoba “, kata Kapolres OKU.

Ditambahkan Kapolres OKU, ” bahwa narkoba tidak memandang usia, menyusup ke dalam sendi-sendi kehidupan, apabila sudah terkena atau kecanduan narkoba maka pemakai akan mulai terganggu syaraf otaknya sehingga tidak dapat berpikir dengan jernih, gampang curigaan dan mudah emosi, itu hanya sebagian kecil dampak buruknya, belum lagi hal-hal lainnya seperti melakukan tindakan kriminal mencuri, merampok, merampas sampai membegal hanya untuk mendapatkan uang demi membeli narkoba “, papar NK Widayana S.

Hadirnya GANN di OKU yang tupoksinya adalah mensosialisasikan serta memberikan penyuluhan mengenai dampak buruk penyalahgunaan narkoba terutama pada generasi muda, maka GANN diharapkan dapat membantu terciptanya OKU yang semakin aman, nyaman dan kondusif.

Kepengurusan DPC LSM GANN Kabupaten OKU tentunya melibatkan banyak pihak, selain Kapolres OKU, juga Dandim 0403/OKU, Bupati OKU, Sekda OKU, Ketua DPRD OKU, Kejaksaan OKU, Rutan Kelas II B Baturaja, Diknas, Dinkes, Dinsos, Disparbud, Dispora, Dinas PPPA, Sat Pol PP, Tokoh Agama, serta masih banyak lainnya.

LSM GANN
Generasi Anti Narkotika Nasional

GANN adalah sebuah Lembaga yang berbasis massa serta program lahir dan berangkat dari rasa sayang yang teramat dalam dan penuh keprihatinan bagaikan orang tua terhadap anak, cucu, dan semua masyarakat yang ada di muka bumi ini.Dimana setiap orang tua pasti menginginkan anak cucunya sukses dikemudian hari.
Namun dengan fenomena dan keadaan yang ada sekarang ini di Indonesia yang sudah dinyatakan darurat narkoba maka mustahil akan terwujud semua cita-citanya. Jika kita semua masyarakat tidak berbuat sesuatu untuk mulai menata kebaikan bersama-sama dari semua lapisan elemen dan masyarakat jadi siapa lagi ?

GANN adalah Lembaga Khusus yang Istimewa. Pertanyaannya Kenapa khusus dan Istimewa?, sebab GANN adalah Lembada milik kita semua yang berbasis serta dari semua lapisan dan elemen masyarakat, dimana kita mengharapkan seluruh lapisan elemen dan masyarakat untuk bersama-sama menumpas peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Tujuan GANN :
Membantu program pemerintah dalam hal pencegahan pemberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Minimal di lingkungan terdekat kita sendiri agar generasi penerus kita yg merupakan anak cucu kita bisa menjadi generasi emas yg bermanfaat untuk keluarga dan negara yang bebas dari narkotika.

Fungsi dari GANN :
Membantu pemerintah dalam hal penanganan dan penanggulangan terhadap penyalahgunaan dan Peredaran gelap narkotika.

Tugas pokok GANN :
Memberikan pemahaman dan penyuluhan kepada masyarakat terutama kepada siswa-siswi SD, SMP, SMA dan lain-lain agar mengetahui bahaya daripada penggunaan narkoba sejak dini serta memberikan sesuatu kesibukan buat generasi bangsa agar bisa lebih mandiri baik di sibukan dengan kegiatan kesenian, kebudayaan, keterampilan ataupun pekerjaan yang positif.

Wewenang GANN :
Membantu meringankan tugas semua aparat dan instansi-instansi terkait dalam penanganan dan penanggulangan permasalahan narkotika serta membangun sinergitas yang baik dengan instansi-instansi pemerintah yang terkait termasuk dengan Polri ataupun BNN.

GANN
Bersifat organisasi berbasis ~massa~ serta ~Program~yang menjalin serta bersinergitas dengan POLRI dan BNN serta instansi terkait lainnya termasuk kementrian kesehatan, pendidikan nasional dan BPOM.

Visi GANN :
Berupaya dan berusaha dengan giat berperan dalam memerangi, memberantas dan mencegah peredaran serta penyalahgunaan narkoba.

Misi GANN :

  1. Meningkatkan fungsi dan peranan lembaga serta kualitas sumber daya manusia
  2. Membantu meningkatkan penegakkan hukum penyalahgunaan narkoba.
  3. Meningkatkan peran masyarakat untuk bersama-sama memerangi, memberantas, mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba.
  4. Bersama-sama dengan organisasi kemasyarakatan, lembaga keagamaan, tokoh masyarakat, instansi dan lembaga pemerintahan melakukan upaya penanggulangan peredaran dan penyalahgunaan narkoba. (admin)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

OKU - 25-September-2024, 16:04

Disdik OKU Gelar Rakor Tuntaskan ATS Menuju Indonesa Emas 2045

MUBA - 25-September-2024, 11:21

Motif Wanita Siram Cuka Para Ke Mantan Suami Sirih di Muba Karena Tak Mau Bantu Bayarkan Pinjaman Uang 

PALEMBANG - 25-September-2024, 11:20

Muba Raih Peringkat 1 Percepatan Penurunan Stunting di Sumsel 

LAHAT - 25-September-2024, 10:49

PLN ULP Lembayung Uprating A3CS Untuk Perkuat Keandalan

OKU - 24-September-2024, 22:02

Istri Paslon ‘BERTAJI’ Hadiri Undangan Beberapa Tempat di Batumarta II Dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Serta Relawan BERTAJI

OKU - 24-September-2024, 21:15

Istri Paslon ‘BERTAJI’ Kunjungi Istri Mantan Bupati OKU Yulius Nawawi, Disambut dengan Hadroh Nawawi Al Hajj Kebun Jeruk

MUSI RAWAS - 24-September-2024, 16:30

PLN Dorong Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat, Bersama Pemkab Musi Rawas Resmikan Jaringan Listrik di Desa Sindang Laya dan Desa Mukti Karya

LAHAT - 24-September-2024, 15:51

Tindak Lanjuti Hasil CFA, PLN UP3 Lahat Turunkan Tim PDKB

BANYU ASIN 24-September-2024, 14:15

KAPOLRES BANYUASIN MELAKSANAKAN PENGECEKAN URINE MENDADAK TERHADAP PERSONIL PROPAM POLRES BANYUASIN 

LAHAT - 24-September-2024, 12:49

Polres Lahat Doa Bersama Untuk Ciptakan Pilkada Damai 2024 

MUBA - 24-September-2024, 12:20

Ikhtiar Wujudkan Pemilu Damai, Enam Pemuka Agama Ajak Masyarakat Doa Bersama 

LAHAT - 23-September-2024, 23:59

Pengundian Nomor Urut Paslon Cabup-Cawabup Lahat Berlangsung Aman dan Damai 

MUBA - 23-September-2024, 23:59

KPU Muba Undi Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Muba 

BANYU ASIN 23-September-2024, 23:58

KPU BANYUASIN LAKUKAN PEMBATASAN TERHADAP WARTAWAN LOKAL UNTUK LIPUTAN 

LAHAT - 23-September-2024, 22:41

YM-BM Sejumlah Program Gratis, BZ-WIN Target Berantas 50 Ribu Pengangguran, BERLIAN Ajak Lanjutkan Pembangunan

LAHAT - 23-September-2024, 21:19

Polres Lahat Pengamanan Pengundian No Urut Paslon Cabup dan Cawabup Lahat 

LAHAT - 23-September-2024, 20:58

Lagi. Terduga Pengedar Sabu Berhasil Ditangkap Satresnarkoba Polres Lahat 

BANYU ASIN 23-September-2024, 18:43

SEKDA BANYUASIN PIMPIN APEL PAGI 

BANYU ASIN 23-September-2024, 18:41

MUSYAWARAH REVIUW PENYUSUNAN RPJM DES TAHUN 2022 -2028 KE TAHUN 2030 

OKU - 23-September-2024, 17:40

Bertaji Nomor Urut 2, Teddy Ajak Simpatisan Berpolitik Santun

OKU - 23-September-2024, 16:18

KPU Selenggarakan Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati OKU Pilkada Tahun 2024

JAKARTA - 23-September-2024, 16:07

PLN Gandeng PGE Bentuk Konsorsium Kembangkan Pembangkit Listrik Panas Bumi

LAHAT - 23-September-2024, 12:25

Paslon Joncik Muhammad dan A. Rivai Dapat Nomor 2 Pilkada Empat Lawang 

MUBA - 23-September-2024, 12:12

Pj Bupati Muba Terima Audiensi Jajaran Bank Perkreditan Rakyat Sumsel 

MUBA - 23-September-2024, 10:16

Sinergi, Damkar dan BPBD Muba berhasil Padamkan kebakaran Lahan di jalan Perumahan AMD tembusan Lumpatan 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE