ISI

Ketua TP PKK Muara Enim Hadiri Puncak HARGANAS XXVI 2019


6-July-2019, 19:14


BANJARBARU – Ketua TP PKK Muara Enim Ir. Hj.Sumarni Ahmad Yani, M.SI didampingi anggotanya hari ini hadiri acara Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI (26) di Banjarbaru Kalimantan Selatan. Sabtu (6/7).

Diketahui bahwa berdasarkan kabar dari Humas TP PKK Muara Enim, Acara Puncak Harganas, dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani sabagai mewakili Presiden RI Joko Widodo sekaligus membuka acara tahunan tersebut, didampingi bersama rombongan termasuk Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek.

Penginisiasi acara Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo dan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan ketua Tim Penggerak PKK Prov Kalsel, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor menyambut hangat rombongan VIP tersebut dan menuju ke tenda utama.

Acara Tersebut mengangkat tema “Hari Keluarga, Hari Kita Semua”, dengan tagline “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”. Melalui tema dan tagline tersebut diharapkan dapat mendekatkan dan meningkatkan kembali interaksi antara anggota keluarga dimana pada acara tersebut masing masing provinsi membuka stand pameran untuk memamerkan ciri khas asal seperti contoh Stand Provinsi Sumsel memamerkan makan khas nya seperti Empek Empek Palembang dan lain sebagainya.

Puan Maharani dalam sambutannya menjelaskan Harganas menjadi peringatan tahunan untuk bisa merekatkan hubungan kekeluargaan dan gotong royong bagi keluarga Indonesia.

Peringatan ini penting tapi jangan hanya menjadi seremonial, harus direalisasikan konkrit di dalam keluarga Indonesia.

Ini merupakan harganas yang cukup meriah dan banyak tamu dari seluruh indfonesia.

“Apresiasi saya ucapkan ke gubernur yang sudah menggelar acara yang cukup meriah,” kata Puan.

Disebutnya, tahun depan Harganas akan akan dilaksanakan di Padang, Sumbar.

Dikatakan Puan, Harganas yang diperingati tiap tahun bertujuan memberikan motivasi ke masyarakat bahwa keluarga merupakan fondasi penting membangun keluarga sejahtera.

Pemerintah memberikan penghargaan untuk program KKBPK sebagai bentuk apresiasi atas komitmen yang ditujukan bagi tokoh masyarakat yang telah berjasa mewujudkan program itu di daerahnya.

BKKBN dan Kemenkes menjadi sarana mengingatkan kita semua bahwa mencintai keluarga berarti merencanakan keluarga bahagia.

Tugas BKKBN tidak hanya melakukan upaya pengendalian penduduk, tetapi membangun pemahaman dan komitmen dalam mewujudkan keluarga yang sehat, berpendidikan dan sejahtera.
Butuh peran aktif dari seluruh pihak.
Mulai masyarakat, keluarga, sampai ke pemerintah.

Keluarga menjadi tempat pertama dalam membimbing dan memberdayakan keluarga secara sosial ekonomi budaya.

Keluarga berperan penting membangun budi pekerti memperteguh pancasila dalam kehidupan bernegara.

Keluarga Indonesia harus memahami jika Indonesia merupakan negara besar dan beragam.

Keluarga harus menjadi tempat membangun sikap dalam menghargai perbedaan dan mengedepankan rasa persatuan keluarga Indonesia

“Keluarga indonesia itu satu pondasi keluarga kecil sampai ke Indonesia. Dan itu harus bisa gotong royong untuk mewujudkan apa dan bagaimana serta merencanakan sehingga kedepan sesuai harapan. Cinta keluarga itu satu hal yang wajib kita lakukan. Karena dinilai dari keluarga nantinya kita bisa membangun bangsa Indonesia yang baik,” sebutnya.

Dia berpesan pelaksanaan harganas XXVI bisa berjalan baik dan lancar.

“Saya berharap apa yang sudah dilakukan Kalsel terkait dengan program KB, kesehatan, dan PKK akan terus dilakukan penguatan dan peningkatan dalam memajukan Indonesia ke depan,” tandas Puan.

Sementara Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, dalam laporannya menyampaikan laporan Pada bulan Mei 2019 telah dilaksanakan acara Damai Indonesiaku di Masjid Azz-Zurriyah BKKBN Pusat bekerjasama dengan TV One (siaran langsung); pelepasan mudik bersama ke 40 titik bagi peserta KB dan pasar murah untuk peserta mudik dan masyarakat.

Bulan Juni 2019 dilaksanakan Pembukaan Seremonial Pekan Olah raga dan Seni di BKKBN Pusat; dan pada tanggal 28 Juni 2019 dilaksanakan upacara peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019 di BKKBN Pusat dan Perwakilan BKKBN Provinsi seluruh Indonesia yang dilanjutkan dengan aneka lomba.

Rangkaian Acara Puncak Harganas dari tanggal 1-6 Juli 2019 dilaksanakan Pelayanan Bhakti Sosial, Donor Darah, Khitanan Massal serta Pelayanan KB MKJP, IVA Test dan seminar di BKKBN Pusat mau pun di Provinsi Kalimantan Selatan; Pada tanggal 3-5 Juli 2019 dilaksanakan GenRe Edu Camp yang diikuti oleh 350 peserta remaja yang diselenggarakan di Bukit Kiram, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan;

Pada tanggal 4 Juli 2019 dilaksanakan pembukaan kegiatan Pameran dan Gelar Dagang, pembukaan pameran dan gelar dagang Harganas oleh Ibu Ketua Umum TP PKK dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan Lomba PKK KB – Kesehatan;

Pada tanggal 5 Juli 2019 dilaksanakan Gala Dinner di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin di Balai Kota Banjarbaru dilanjutkan dengan Penyerahan Penghargaan Bidang KKBPK Tahun 2019 yaitu penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, dan Cipta Karya Kencana yang diserahkan oleh Menko PMK; dan disaat yang bersamaan juga akan dilakukan Penandatangan MoU antara BKKBN dengan Pemerintah Republik Filipina dan Seychelles;

Pada tanggal 6 Juli 2019 dilaksanakan Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI dengan agenda Pemberian penghargaan Satya lancana Pembangunan dan Satya Lancana Wira Karya oleh Bapak Presiden Joko Widodo.

Hasto Wardoyo jelaskan, kami sampaikan pula bahwa pada Peringatan Harganas XXVI telah diserahkan bantuan sosial dari Kementerian/Lembaga dan mitra kerja antara lain berupa buku seri Pendidikan Orangtua dan Kartu Indonesia Pintar untuk 200 orang dari Kemendikbud, bantuan berupa perlengkapan sekolah dari BNI sebanyak 250 paket, bantuan berupa sembako dari BRI 300 paket dan dari Perum Bulog 500 paket, alat bantu dengar sebanyak 25 unit dari Asuransi Kredit Indonesia, Pil KB, kondom dan laktoboost dari DKT, pemberian makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil masing-masing ½ ton dan kartu indonesia sehat sebanyak 200 orang dari Kementerian Kesehatan, bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan berupa paket olahan ikan sebanyak 700 paket untuk peserta genre edu camp dan peserta kegiatan lomba masak, bantuan Kartu Program Keluarga Harapan sebanyak 200 orang dari Kementerian Sosial, Bantuan Bibit Tanaman dan hewan ternak dari Kementerian Pertanian, bantuan stimulan perumahan swadaya (bedah rumah) untuk keluarga pra sejahtera sebanyak 357 unit dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, bantuan 2000 paket telur ayam dan susu dari PT Charoen Pokphand Indonesia, serta bantuan sosial dari BKKBN untuk kelompok UPPKS berupa Alat Teknologi Tepat Guna (ATTG) kompor gas dan oven 3 set, 1 buah mesin jahit dan 1 buah mesin bordir.

Sementara Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dalam sambutan nya, berterimakasih kepada tamu dan undangan yang hadir dari seluruh nusantara.

Dia menyampaikan ucapan terimakasih dan mohon maaf jika dalam pelayanan dan menyajikan akomodasi dan acara ada yang kurang berkenan.

Dia mengajak untuk semuanya mencintai keluarga.

Di momen Harganas ini, pria yang akrab disapa Paman Birin juga menganjurkan warga untuk menghindari pernikahan dini, karena itu sudah jelas akan lambat sejahtera dalam kehidupannya.

“Biasanya kalau tidak matang persoalan pernikahan, ini kesiapan berkeluarga akan terganggu, dan kurang sejahtera,” ucap Paman Birin.

Sementara itu Ketua TP PKK Muara Enim Ir. Hj. Sumarni, M.SI Melalui Arief selaku Humas PKK Muara Enim saat di bincangi awak Media Melalui Via WA mengatakan bahwa TP PKK Muara Enim Menyambut Baik atas materi dan sambutan yang disampaikan Puan dan Kepala BKKBN RI.

“Kami TP PKK Kabupaten Muara Enim menyambut baik atas apa yang sudah disampaikan oleh Puan dan Kapala BKKBN RI tentang Harganas yang mengambil tema dari peringatan Harganas XXVI Tahun 2019 berbunyi“Hari Keluarga, Hari Kita Semua”, dengan tagline “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”.

Semoga dapat mendekatkan dan meningkatkan kembali interaksi antara anggota keluarga. Dimana kami siap mendukung “Gerakan Kembali ke Meja Makan” sebagai satu dari beberapa kegiatan yang digalakkan dalam momentum Harganas XXVI Tahun 2019″. Kata Sumarni Melalui Arief. (Ali).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

BANYU ASIN 24-April-2024, 21:00

PJ BUPATI BANYUASIN HADIRI DZIKIR TAUSIYAH 

MUBA - 24-April-2024, 17:32

Sekda Apriyadi : MTQ XXX di Muba, Sukses Tuan Rumah dan Prestasi 

BANYU ASIN 24-April-2024, 17:22

BAWASLU BANYUASIN BUKA PENDAFTARAN PANWASCAM KECAMATAN 

LAHAT - 24-April-2024, 14:40

Polres Lahat Klarifikasi Terkait Informasi Dugaan Penculikan Anak 

MUBA - 24-April-2024, 14:06

Sertijab, Apriyadi Siap Dukung Penuh Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi 

PAGAR ALAM - 23-April-2024, 21:28

SELEKSI PENERIMAAN POLRI TERPADU TA-2024 POLRES PAGAR ALAM TRANSPARAN DAN AKUNTABEL

PALEMBANG - 23-April-2024, 18:53

PJ BUPATI BANYUASIN HADIRI RAKOR PEMBERANTASAN KORUPSI 

OKU - 23-April-2024, 14:20

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah Hadir Dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKU Ke-V

MUBA - 23-April-2024, 13:33

Sekda Muba Hadiri Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Sekayu 

MUBA - 23-April-2024, 12:16

Mendesak, Muba Siapkan Rp60 Miliar Atasi Kerusakan Infrastruktur Dampak Bencana Alam 

PALEMBANG - 23-April-2024, 12:15

Pj Bupati Muba Hadiri Acara Lepas Sambut Pangdam II/Sriwijaya 

LAHAT - 22-April-2024, 23:18

RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA HUT KABUPATEN BANYUASIN KE-22

OKU - 22-April-2024, 19:34

Bayangkan… !!, 4 Bulan Gaji Tidak Dibayar, Karyawan Mitra Ogan Minta DPRD OKU Bantu Nasib Mereka

OKU - 22-April-2024, 19:04

Ada Warga Ngamuk, Kapolsek SBR Langsung Ke Lokasi TKP

MUBA - 22-April-2024, 18:58

Pemkab Muba Sediakan 40 Tenda Kuliner yang Bakal Ramaikan Kegiatan MTQ 2024 

LUBUK LINGGAU - 22-April-2024, 18:54

SULASTRI DI PUTUS BEBAS, SETELAH SEMPAT DITAHAN 10 BULAN

BANYU ASIN 22-April-2024, 15:05

PEMKAB BANYUASIN GELAR UPACARA HUT KABUPATEN BANYUASIN KE 22 

BANYU ASIN 22-April-2024, 14:56

HARI JADI KABUPATEN BANYUASIN KE 22 GELAR KOLABORATIF PERDANA 

MUBA - 22-April-2024, 14:50

Sandi Fahlevi Resmi Menjabat Pj Bupati Muba 

MUBA - 22-April-2024, 14:47

Bawakan Lagu Aisyah, Tri Suaka Bakal Meriahkan MTQ XXX di Muba 

LAHAT - 22-April-2024, 14:45

Team Broather Rudi Lahat Rebut 6 Piala di Event Zuffar Grasstrack Banyuasin 

LAHAT - 22-April-2024, 13:15

Polres Lahat, Polda Sumsel GO Bulanan 

BANYU ASIN 21-April-2024, 20:10

DUA ORANG WARGA DESA MERANTI DIDUGA KORBAN PEMBUNUHAN 

MUBA - 21-April-2024, 18:43

Pj Bupati H Apriyadi Mahmud Ajak Masyarakat Semarakkan MTQ ke 30 di Muba 

BANYU ASIN 21-April-2024, 10:43

Dr KONAR ZUBIR SH, MH SERAHKAN FORMULIR PENDAFTARAN BACALON BUPATI BANYUASIN 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE