ISI

Menyusuri (Politik) Hati Seorang Lidyawati Bacalon Bupati Lahat 2024 


2-July-2024, 11:47


Lahatonline.com, Lahat – Kepastian melajunya Cik Ujang mendampingi Herman Deru pada Pilgub Sumsel, ditambah mencuatnya beberapa nama di bursa Kepala Daerah Kabupaten Lahat, semakin menambah dinamika Pilkada Lahat tahun 2024. Berbagai prediksi anyar kembali bermunculan dibumbui ilmu cocoklogi ala netizen mulai meramaikan penerawangan para elite mengenai pemimpin Kabupaten Lahat tahun 2024.

Majunya Cik Ujang sebagai Cawagub Sumsel tahun 2024 awalnya tentu saja membimbangkan harapan masyarakat pendukung tentang Cahaya Jilid II. Sebelum akhirnya kubu Cahaya menghadirkan sosok yang sebelumnya digemborkan akan meramaikan Pilkada Muara Enim, Hj. Lidyawati, S.Hut,.M.M.

Munculnya nama Lidyawati yang tetap menggandeng H. Haryanto sebagai wakilnya telah memantik lagi semangat pendukung Cahaya dengan menggaungkan “rasa yang sama”. Slogan Berlian yang diketengahkan dengan segala definisi dan filosofinya turut mendongkrak popularitas pasangan Berlian yang mulai beranjak meningkat. Tak sekadar akronim, begitu kata salah seorang penulis menyebutnya.

Meski slogan Berlian merebak, namun dalam benak siapa pun tentu tidak bisa memungkiri akan masih adanya keraguan terkait kiprah politik dan ketangguhan seorang Lidyawati di kancah Pilkada yang tentu saja membutuhkan mental baja, kepiawaian menarik simpati, serta tidak menjadikan ajang ini sebagai gerakan coba-coba.

Keraguan itu tentu bukan tidak beralasan. Isu feminisme menjadi pisau bermata dua meski sebelah sebagian tumpul. Pemimpin berjenis kelamin perempuan akan dicermati dari sisi kerapuhan dan labilitas. Hanya saja sisi lainnya tentang warna baru, sejarah, serta kiprah Lidyawati di birokrasi akan membantah segala perspektif yang ada.

Kemudian akan ada keraguan tentang pengalaman, mengingat adanya nama-nama pesaing yang lebih matang dalam kancah politik, bahkan sudah tidak diragukan dengan nama besar mereka. Mampukah seorang Lidyawati yang minim pengalaman politik ini menyepadankan kemampuannya? Diperkuat lagi dalam beberapa kesempatan, Lidyawati mengatakan secara lugas bahwa dirinya tidak memiliki basic politik. Pernyataan ini tentu akan menggoda nalar berpikir, “Sudah tepatkah Cik Ujang menjadikan Lidyawati sebagai penggantinya?”. Mengingat, di lingkup kepartaian, DPD Demokrat Lahat memiliki nama-nama yang bisa diketengahkan. Dalam pengamatan sekilas tentu akan menempatkan nama-nama petinggi Demokrat sebagai sosok tepat dibandingkan Lidyawati.

Untuk menjawab segala keresahan yang menggerogoti pemikiran, maka saya mencoba flashback lagi kiprah Lidyawati selama mendampingi Cik Ujang sebagai Bupati Lahat. Baik di rumah maupun dalam pekerjaan.

Sebelum mengulas kiprahnya sebagai pendamping orang nomor satu di Kabupaten Lahat, kita menarik dulu pangkal benang ke belakang. Jauh sebelum Cik Ujang menjabat sebagai Bupati Lahat, Lidyawati merupakan sosok perempuan yang dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia selalu melibatkan diri dalam aksi sosial dan kemanusiaan. Entah sudah berapa banyak materi yang digelontorkan untuk berdonasi terhadap warga Palestina termasuk juga dalam isu kemanusiaan lainnya. Saat itu, meski belum populer di tengah masyarakat umum, nama Lidyawati sudah terlebih dahulu populer di catatan relawan kemanusiaan.

Setelah menjadi istri orang nomor satu di Kabupaten Lahat, di awal-awal kepemimpinan Cik Ujang, Lidyawati langsung bergerak di bidang sosial masyarakat dengan membentuk organisasi sosial bernama GLPS (Gerakan Lahat Peduli Sosial). Dengan GLPS, Lidyawati merangkul dan menjalin sinergi banyak organisasi kepemudaan untuk turut terlibat dalam gerakan ini. Seiring pergerakan GLPS, Lidyawati turut melahirkan satu gebrakan yang dinamakan Jumat Berkah, yang mana ini merupakan kegiatan berbagi setiap Hari Jumat, bahkan bertahan hingga hari ini meski Cik Ujang sudah tidak lagi menjabat sebagai Bupati Lahat.

Perhatian Lidyawati kepada masyarakat semakin kentara dengan turut berjibaku dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Lahat. Memanfaatkan jabatan sebagai Ketua PKK Lahat, Lidyawati berkolaborasi bersama kader Posyandu dan Kader KB di Kabupaten Lahat hingga pada masa jabatannya sebagai Ketua PKK Lahat berakhir, angka stunting Kabupaten Lahat menjadi terendah kedua di Sumatera Selatan.

Tidak hanya sampai di situ, perjuangan Lidyawati juga terbukti dengan memperjuangkan Kabupaten Lahat sebagai Kabupaten Layak Anak. Ia berhasil menyatukan persepsi berbagai sektor pemerintahan Kabupaten Lahat untuk mendukung memenuhi beragam indikator sebagai Kabupaten Layak Anak. Kerjasamanya dengan Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Lahat mendapatkan predikat Madya yang kemudian bergerak menuju predikat Nindya saat tugasnya sebagai Ketua TP PKK Lahat berakhir.

Dengan segala kinerja dan perjuangannya, rasanya tidak salah jika Patani (Pandu Tani Indonesia) mengganjarnya sebagai Tokoh Inspiratif Perempuan pada tahun 2022.

Kemudian, kita akan kembali mengaitkan dengan pencalonan Lidyawati sebagai kepala daerah. Pada awal kita menyimak perkataan Lidyawati tentang ketidakmahiran dirinya dalam dunia politik. Namun, dari perjalanan kiprahnya ia memang tidak menempatkan politik sebagai senjata utamanya, melainkan menempatkan hati dan ketulusan sebagai kekuatan perjuangannya.

Salahkah jika perempuan minim politik ini berkompetisi di ajang sekelas Pilkada? Mari kita simak seutas quotes dari Margareth Thatcher yang juga pernah digelontorkan Lidyawati, “Dalam politik, jika Anda ingin sesuatu dikatakan, tanyakan pada seorang pria; jika Anda ingin sesuatu dilakukan, mintalah pada seorang wanita.”. Dalam Quotes ini, setidaknya kita tahu, bahwa seorang perempuan lebih merespon dengan aksi ketimbang basa-basi.

Mencalonkan diri sebagai Bupati Lahat dan berpasangan dengan H. Haryanto dengan tagline Berlian, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Sejarah tentang Bupati Perempuan pertama serta melanjutkan kinerja apik Cahaya menjadi magnet kuat di tengah masyarakat Bumi Seganti Setungguan.

Dias

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

Bengkulu 1-July-2024, 15:32

Kantor Baru PLN Unit Layanan Muko-Muko Diresmikan Demi Tingkatkan Pelayanan dan Keandalan Listrik

MUBA - 1-July-2024, 13:37

Pj Bupati Muba H Sandi Hadiri Upacara dan Tasyakuran HUT Bhayangkara ke 78 di Griya Bumi Serasan Sekate 

KALIMANTAN TIMUR 1-July-2024, 08:08

Menteri BUMN Pastikan Peringatan HUT RI di IKN Gunakan Listrik Hijau

MUBA - 30-June-2024, 19:10

TP PKK Muba Gelar Pelatihan Ketahanan Keluarga Anti Narkoba 

LAHAT - 29-June-2024, 22:35

Kasat Pol-PP, Damkar dan Kadis Kominfo Lahat Himbau Waspada Kebakaran

PALEMBANG - 29-June-2024, 20:47

Serunya Kontes Mobil Klasik/Tua dan Bazar UMKM Hari Bhayangkara Polda Sumsel, Peserta Membludak. 

LAHAT - 29-June-2024, 20:46

DAHSYAT, TEAM SES HD – CU MENJAMUR, YANG HADIR PELANTIKAN MEMBLUDAK

LAHAT - 29-June-2024, 19:51

Pj Bupati Lahat Raih Penghargaan Percepatan Penurunan Prevelensi Stunting se-Indonesia 

LAHAT - 29-June-2024, 18:54

Damkar Pemkab Lahat, Jinakkan Sijago Merah Saat Melalap Rumah Neti 

LAHAT - 29-June-2024, 18:26

Gerak Cepat PLN Hadirkan Energi Bersih di IKN Mendapat Apresiasi Dari Menteri BUMN

LAHAT - 29-June-2024, 18:24

Semakin Tak Terbendung, HD-CU dan Berlian Kukuhkan Tim Relawan Cahaya Maju 

LAHAT - 29-June-2024, 16:37

Cabup Lahat YM Undangan Pernikahan Devina dan Gagas 

LAHAT - 29-June-2024, 16:36

Yulius Maulana, ST Menghadiri Undangan Hakikah Viera Shaguitha Hidayat Prumnas Tiara 

LAHAT - 29-June-2024, 14:37

Ketua PWI Sumsel Kunjungi PWI Lahat 

MUSI RAWAS - 29-June-2024, 07:12

Ada jaringan 4G, Masyarakat desa Sadu Ucapkan Terimakasih kepada Kades Edo Dan PT. Cybergt Teknologi Indonesia 

MUBA - 28-June-2024, 23:59

 Petro Muba Beri Kontribusi Rp5 Miliar

MUBA - 28-June-2024, 20:00

Pemkab Muba Ikuti Interviu Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 

BANYU ASIN 28-June-2024, 14:30

Rapat Evaluasi Pembahasan Dokumen Kependudukan Permasalahan Data Pemilih Di Perbatasan Wilayah Kabupaten Banyuasin 

MUBA - 28-June-2024, 14:17

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Pemkab Muba Gelar Uji Emisi Kendaraan Gratis 

LAHAT - 27-June-2024, 23:13

Masyarakat Tanjung Raya Nyatakan 75% Kemenangan Yulius Maulana

LAHAT - 27-June-2024, 23:05

Pasangan HD – CU Telah Hadir Ditiga Kabupaten

MUARA ENIM - 27-June-2024, 17:58

Cagub dan Cawagub Sumsel HD-CU Bakar Semangat Tim Relawan di Muara Enim 

PAGAR ALAM - 27-June-2024, 17:57

AKSI TUNTUT KETERBUKAAN DANA PUBLIKASI OLEH JURNALIS DI TUNDA, PEJABAT PEMKOT PAGAR ALAM DINAS LUAR 

MUBA - 27-June-2024, 17:55

Peningkatan Ekonomi Keluarga, TP PKK Muba Gelar Pelatihan Pengembangan Kreativitas melalui Potensi Sumber daya yang Dimiliki 

LAHAT - 27-June-2024, 17:54

Pemkab Lahat Ikrar Komitmen Bersama Netralitas ASN 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE