ISI

Bentuk Program Jitu, Kwarcab Gerakan Pramuka Muara Enim Gelar Rakercab


24-October-2022, 13:21


Muara Enim, sriwijayaonline.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Muara Enim Gelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) tahun 2022, giat di pusatkan di Hotel Griya Serasan Sekundang Kabupaten Muara Enim.

Acara yang berlangsung dengan suasana kekuargaan dan tentunya penuh kekompakan yang memang terjalin utuh ini, dihadiri unsur pimpinan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muara Enim, Andalan Cabang, Korps Pelatih dan Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Muara Enim, pimpinan dan pengurus Kwartir Ranting se Kabupaten Muara Enim. Senin (24/10).

Dilaporkan Seketaris Kwarcab Gerakan Pramuka Muara Enim Bambang Harianto, bahwa kegiatan ini diadakan dari tabgfal 23 sampai 25 oktober yang di ikuti seluruh Kwartir Ranting (Kwaran).

Adapun tujuan kegiatan adalah, mengevaluasi pencapaiantl tujuan dan sasaran program tahun 2023, mengevaluasi pelaksanaan kegiatan tahub 2020, 2021 dan 2022 dan menyusun rekomendasi tujuan, sasaran dan kegiatan tahun 2021

Ketua Kwartir Cabang (kwarcab) Gerakan Pramuka Rusdi Hairullah selaku mewakili Ketua Majelis Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Muara Enim yang juga PJ Bupati Muara Enim Kurniawan AP M Si dalam sambutan nya sekaligus membuka acara, menyambut baik atas terlaksana nya rapat kerja Gerakan Pramuka tahun 2022.

“Rapat Kerja Cabang ini merupakan forum konsolidasi dan koordinasi bersama antara Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Muara Enim  dengan Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka se-Muara Enim yang diselenggarakan setidaknya setahun sekali, ” Jelas Rusdi yang saat ini merupakan Kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Selanjutnya Rusdi mengatakan, Dalam Rakercab ini, setidaknya akan membahas beberapa hal di antaranya, Laporan dan evaluasi program kerja tahun 2020 sampai 2022, Sosialisasi, koordinasi, dan kosultasi program kerja tahun 2023, Pembahasan dan koordinasi program kerja tahun 2023 dan lain sebagainya.

Rusdi berharap, ketiga hal tersebut menjadi pedoman bagi kwartir dan satuan Gerakan Pramuka di Muara Enim dalam menyusun rencana dan program kerja secara konsisten, terintegrasi, melembaga, dan berkelanjutan.

Dalam kesempatan itu, karena masih dalam suasana pandemi, saya titip, tolong selalu terapkan protokol kesehatan. Pramuka harus terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kepatuhan protokol kesehatan. Dengan begitu, roda perekonomian juga ikut bangkit.

Tentu nya Rusdi menginginkan Gerakan Pramuka harus bisa menyampaikan narasi yang baik ditengah masyarakat. bertujuan agar membangkitkan kepercayaan diri serta membangun optimisme.

“Kita adalah bangsa besar, bangsa yang kuat, dan bangsa yang maju. Gerakan Pramuka harus bisa menjadi contoh dan harus tangguh dalam menghadapi setiap tantangan, semoga kita bisa lebih kuat dan lebih maju, ” Tegas Rusdi.

Selain itu Rusdi juga menyampaikan kepada peserta Rakercab, bahwaKwartir Cabang telah mengidentifikasi kelemahan dan ancaman bagi Organisasi Gerakan Pramuka di Muara Enim secara umum, di seperti Kualitas dan kuantitas anggota dewasa kurang kompeten dan belum mencukupi, Majelis Pembimbing dan Satuan Karya belum optimal dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsionalitas.

“Untuk itu, saya menghimbau kepada Kakak-kakak sekalian untuk bersama-sama menentukan langkah-langkah strategis guna mengatasi permasalahan tersebut. Sudah saatnya para pemikir pendidikan bangsa memperhatikan lebih dalam mengenai dan ancaman tersebut dan merumuskan langkah-langkah yang harus dicapai untuk dapat mengejar kemajuan dengan tetap menerapkan nilai-nilai luhur bangsa kita.

Salah satu program prioritas utama yang sedang fokus tahun ini adalah penggerak Pramuka Garuda. Saya menyambut baik pelaksanaan Rakercab kali ini. Saya berharap, Rakercab kali ini dapat memberikan semangat bagi kita semua agar semakin mengokohkan barisan untuk mewujudkan pribadi-pribadi Pramuka yang berkualitas. Pasti dengan tetap menjalin kerja sama dan sinergi antar berbagai pihak baik di dalam jajaran Gerakan Pramuka, pemerintah maupun pihak lain yang berempati kuat terhadap pengembangan pendidikan kepramukaan.
Gerakan Pramuka harus mampu menghasilkan sosok Pramuka yang handal sebagai bekal untuk kehidupan di masa depan, “Ucap Rusdi.

Terakhir, Rusdi menerangkan bahwa Sejak saat ini generasi muda hidup di “jaman now” di mana segala sesuatunya serba digital dan generasi muda kita sudah mengenal teknologi informasi, sehingga menuntut kita sebagai orang tua dan anggota dewasa untuk mempertajam proses internalisasi nilai-nilai luhur kepramukaan generasi muda melalui Satya dan Darma Pramuka guna benteng moralitas anggota Gerakan Pramuka.

“Seiring dengan dimulainya masa adaptasi kebiasaan baru, saya meminta para pramuka untuk kembali melaksanakan kegiatan dan latihan sesuai dengan protokol kesehatan. Untuk itu kepada para pemangku kepentingan, para Kamabigus dan para Pembina agar kiranya dapat memfasilitasi terselenggaranya kegiatan dan latihan pramuka yang aman, nyaman dan sehat dengan tetap memperhatikan pelaksanaan protokol kesehatan.

Tugas dan wewenang kwartir Cabang dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya tidak sepenuhnya dilaksanakan langsung kepada satuan maupun peserta didik melainkan dilaksanakan sesuai dengan peran dan tugas masing-masing jajaran dari Kwartir Ranting serta Gugusdepan sesuai porsi yang telah digariskan.

Dukungan dan kerja sama antar jajaran sangat diharapkan demi sukses dan terwujudnya pramuka istimewa yang unggul, berkarakter, berbudaya, serta beretika di Kabupaten Muara Enim. Jadi sekali lagi saya mengucapkan selamat bermusyawarah,  pasti nya dapat menghasil suatu terobosan yang lebih baik lagi “Ungkap Rusdi, sembari menutup sambutan sekaligus secara resmi membuka acara.

(Ali).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

LAHAT - 26-April-2024, 14:48

Tenggelam Didesa Kuba, Ditemukan Dijembatan Desa Nanjungan Merapi Timur 

MUBA - 26-April-2024, 14:23

Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi besok Sabtu Tinjau jalan rusak di Jirak jaya 

JAKARTA - 26-April-2024, 14:22

YUS MAULANA BERTEMU PENGURUS IKSS JAKARTA

PALEMBANG - 26-April-2024, 12:40

HOLDA Serius, sudah ambil Formulir calon Gubernur Sumsel di tiga Partai 

LAHAT - 26-April-2024, 12:17

Pemkab Muba Terima LHP Tahun Anggaran 2023 

PALEMBANG - 25-April-2024, 16:34

Kapolda Sumsel MoU Dengan Kementerian Pertanian Secara Daring 

LAHAT - 25-April-2024, 16:33

Lagi. YM Bantu Warga Yang Tertimpa Musibah 

MUBA - 25-April-2024, 13:29

Mau Jadi Petani Milenial ?, Pemkab Muba Siapkan 80 Kuota Kuliah Pertanian Gratis di Yogyakarta 

BANYU ASIN 25-April-2024, 13:18

PEMKAB BANYUASIN PERINGATI HARI OTONOMI DAERAH KE 28 

MUBA - 25-April-2024, 11:34

Kucurkan Rp18,3 Miliar, Dua Ruas Jalan di Jirak Jaya Bakal Diperbaiki 

JAWA TIMUR - 25-April-2024, 11:32

Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII, Ini Kata Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi 

OKU - 25-April-2024, 11:02

Pemeriksaan Mendadak Oleh Sie Dokkes Kepada Anggota dan ASN Polres OKU

LAHAT - 24-April-2024, 21:16

Diduga Arus Pendek, Kelurahan Kota Baru Lahat Nyaris Jadi Lautan Api 

BANYU ASIN 24-April-2024, 21:00

PJ BUPATI BANYUASIN HADIRI DZIKIR TAUSIYAH 

MUBA - 24-April-2024, 17:32

Sekda Apriyadi : MTQ XXX di Muba, Sukses Tuan Rumah dan Prestasi 

BANYU ASIN 24-April-2024, 17:22

BAWASLU BANYUASIN BUKA PENDAFTARAN PANWASCAM KECAMATAN 

LAHAT - 24-April-2024, 14:40

Polres Lahat Klarifikasi Terkait Informasi Dugaan Penculikan Anak 

MUBA - 24-April-2024, 14:06

Sertijab, Apriyadi Siap Dukung Penuh Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi 

PAGAR ALAM - 23-April-2024, 21:28

SELEKSI PENERIMAAN POLRI TERPADU TA-2024 POLRES PAGAR ALAM TRANSPARAN DAN AKUNTABEL

PALEMBANG - 23-April-2024, 18:53

PJ BUPATI BANYUASIN HADIRI RAKOR PEMBERANTASAN KORUPSI 

OKU - 23-April-2024, 14:20

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah Hadir Dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKU Ke-V

MUBA - 23-April-2024, 13:33

Sekda Muba Hadiri Acara Pelepasan Siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Sekayu 

MUBA - 23-April-2024, 12:16

Mendesak, Muba Siapkan Rp60 Miliar Atasi Kerusakan Infrastruktur Dampak Bencana Alam 

PALEMBANG - 23-April-2024, 12:15

Pj Bupati Muba Hadiri Acara Lepas Sambut Pangdam II/Sriwijaya 

LAHAT - 22-April-2024, 23:18

RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA HUT KABUPATEN BANYUASIN KE-22

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE