ISI

Dukung Infrastruktur di Muara Enim, Gubernur Sumsel Gelontorkan Dana Ratusan Milyar



20-August-2020, 16:40


Muara Enim, sriwijayaonline.com – PLT Bupati Muara Enim H Juarsah SH Sambut Kunjungan Kerja Gubernur Sumatera Selatan dalam rangka Peninjauan Pembangunan Infrastruktur dan Jembatan, acara di pusatkan di Desa Teluk Lubuk di Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim.

Terpantau, kehadiran Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM di didampingi PLT Bupati Muara Enim H Juarsah menggunakan Helikopter yang mendarat di Stadion Desa Teluk Lubuk, disambut meriah oleh masyarakat. Kamis(20/8).

Acara Peletakan Batu Pertama pembangunan ruang belajar di Pesantren Yayasan Abdul Rahman

Sebelum nya, Gubernur Sumsel dan PLT Bupati Muara Enim terlebih dahulu Menghadiri Acara Peringatan Tahun Baru Islam dan Ulang Tahun Yayasan Pendidikan Islam Abdul Rahman ke-19 di Gedung Yayasan Abdul Rahman Desa Karang Mulia Kecamatan Lubai Ulu.

Di Pesantren Yayasan Abdul Rahman

Dimana pada kunjungan di lubai, Gubernur Sumsel menyerahkan bantuan untuk pembangunan 3 ruang belajar senilai 500 juta yang diberikan secara bertahap pada setiap bulannya, dan ditandai dengan pelatakan batu pertama pembangunan ruang belajar di Pesantren Yayasan Abdul Rahman .

Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Sumsel DR Rudi Darma ST MT dalam laporan nya mengatakan terkait kunjungan  Gubernur Sumsel ke Kabupaten Muara Enim ialah dalam rangka memulai pembangunan Untuk anggaran APBD tahun 2020, dimana telah dilaksanakan penanganan Infrastruktur jalan yang merupakan kewenangan pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan, dimana ada 5 (Lima) kegiatan yang berada di wiliyah Kabupaten Muara Enim, meliputi :

  1. Paket peningkatan jalan Kab. Ogan Ilir dan Perigi dengan nilai Rp. 6.459.124.000,-
  2. Peningkatan Jalan Simpang Sugi Waras Batas Lahat dengan Nilai Kontrak Rp. 13.144.900.000,-
  3. Peningkatan Jalan Lembak batas Kab. OI dengan Nilai Rp. 6.581.050.000,-
  4. Peningkatan jalan Prabumulih Simpang MIO dengan nilai Rp. 3.853.102.000,-
  5. Pemeliharaan berkala jalan simpang belimbing pendopo dengan nilai Rp. 13.232.200.000,-
Foto, Gubernur Sumsel saat tiba Di Desa Teluk Lubuk

Selain dana APBD tersebut yang di gelontorkan di wilayah Kabupaten Muara Enim juga ada dana bantuan khusus dari Gubernur Sumatera Selatan untuk perbaikan Infrastruktur jalan dan jembatan yang merupakan kewenagan Kabupaten Muara Enim. Dimana terdiri dari 30 titik Lokasi dengan dana hibah sebesar Rp. 29.500.000.000,-. Selain itu untuk penanganan dan penagulangan banjir di Kabupaten Muara Enim pemerintah Sumatera Selatan juga melakukan penagulangan Banjir yaitu melalui kegiatan pengendalian banjir tunai komite di Kecamatan Gelumbang sebesar Rp.1,6 Miliyar. Total dana yang di alokasikan oleh provinsi Sumatera Selatan untuk Wilayah Kabupaten Muara Enim untuk tahun anggaran 2020 adalah sebesar Rp. 81.848.669.000,- dengan jumlah kegiatan kurang lebih 45 kegiatan.

Foto, Sambutan PLT Bupati Muara Enim H Juarsah SH di Desa Teluk Lubuk

“Pada kesempatan ini juga kami melaporkan kepada bapak Gubernur Sumatera Selatan bahwa untuk kegiatan yang di danai oleh APBD melalui Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Sumsel sudah melakukan pembayaran uang muka lebih kurang Rp. 8.654.000.000 yang sudah di gelontorkan melalui uang muka Kabupaten Muara Enim.

Pada hari ini juga kami harapkan kepada Bapak Gubernur dapat melakukan pencanagan tanggal dimulainya pekerjaan terkait realisasi Infrastruktur Jalan di wilayah Kabupaten Muara Enim sebagai contoh kami akan melakukan perbaikan di ruas jalan jalan simpang Belimbing Pendopo yang mana pada saat ini Progres sudah melebihi 50% pengerjaan. Dalam kesempatan ini juga kami ucapkan terima kasih pada Bapak Gubernur Sumatera Selatan, Dinas Terkait dan Lapisan Masyarakat atas dukungannya dalam pelaksanaan pembanguanan Infrastruktur Jalan dan Jembatan tersebut, “Jelas Rudi Darma

Sementara itu PLT Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutan nya mengatakan, ” Dalam kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Muara Enim kepada Bapak Gubernur Sumatera Selatan yang telah mengalokasikan dana tahun 2020 untuk penanganan Infrastruktur Jalan yang bersumber dari Dana APBD Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas PUPR  dan Tata Ruang Sumatera Selatan dalam wilayah Kabupaten Muara Enim yaitu sebesar Rp. 49.748.000.000,-.

Selain itu kami sampaikan juga bahwa Gubernur sudah mengalokasikan juga Dana Infrastruktur untuk Wilayah Kabupaten Muara Enim melalui keputusan Gubernur Sumatera Selatan Nomor :333/KPTS/BPKAD/2020 Tanggal 18 juni 2020 tentang alokasi belanja bantuan keuangan bersifat Khusus kepada Pemerintah Kabupaten  Muara Enim pada anggaran pendapatan Belanja Daerah Sumatera Selatan tahun Anggaran 2020 sebesar Rp. 12 Miliyar dan melalui keputusan Gubernur Sumatera Selatan nomor : 392/KPTS/BPKAD/2020 Tanggal 13 Juli 2020 tentang Alokasi belanja keuangan bersifat Khusus kepada pemerintahan Kabupaten Muara Enim pada APBD Tahun 2020 sebesar Rp. 17.500.000.000, “Kata H Juarsah.

Terkait hal ini, lanjut H Juarsah, “kami Pemerintahan Kabupaten Muara Enim dan seluruh masyarakat Bumi Serasan Sekundang mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Gubernur semoga dengan adanya pembangunan Infrastruktur ini mampu memberikan kemajuan bagi Kabupaten Muara Enim,  ” Ucap H Juarsah.

Dalam kesempatannya Gubernur Sumsel H Herman Deru menyampaikan ” Ada beberapa Poin penting yang disampaikan diantaranya dalam masa kepemimpinannya ini kegiatan yang difokuskan salah satunya yaitu kemajuan infrastruktur dimana pembangunan infarastruktur ini tidak hanya dilakukan di wilayah provinsi namun difokuskan di wilayah Kabupaten sampai tingkat desa dimana untuk tahun 2020 hampir Rp.10 Triliun dana di kuncurkan untuk daerah , sebagai contoh untuk Kabupaten Muara ini dana yang di gelontorkan untuk pembagunan  infrastruktur tahun ini lebih kurang sebesar 100 Miliyar Rupiah. Hal ini di lakukan untuk kemajuan masyarakat Daerah.

“Untuk itu kepada  PLT Bupati, Inspektorat dan Dinas terkait saya himbau supaya sering – sering melakukan pengawasan langsung turun kelapangan, komunikasi langsung dengan masyarakat karna hal seperti ini yang saya lakukan turun langsung ke lapangan mendengarkan keluhan dan keinginan masyarakat, karna tanpa ada masyarakat kita ini bukan siapa-siapa. “Ungkap nya.

Lanjutya,Menurut H Herman Deru Dalam kepemimpinan, Pemerintah harus berbuat  Baik dan Rakyat membalas berbuat baik, serta Rakyat Berbuat Baik  Pemerintah membalas berbuat baik dua hal ini harus Jalan jika kita ingin maju.

Dari hasil saya turun kelapangan ada beberapa hal yang saya dapat diantaranya dengan  Infrastruktur yang kurang baik itu jalan dan jembatan maka semua akan mahal  karna akses jalan itu kurang, mangkanya kenapa saya fokuskan pembangunan infarastruktur didesa supaya masyarakat desa  juga bisa merasakan kemajuan infrastruktur. Namun ada catatan sebelum saya gelontorkan dana untuk pembangunan Infrastruktur ini saya harus melihat dan menilai bagaimana pembayaran PBB masyrakat, Ketertiban Berlalu lintas, Keamanannya sudah jalan dengan baik atau tidak karena perinsip Pemerintah Memberikan pelayanan yang baik dan masyatakat membalas baik, atau Masyarakat memberikan kebaiakan Pemerintah membalas kebaikan itu harus benar – benar dijalankan, karna kita harus ada timbal balik yang baik jika daerah kita ingin maju.

“Yang Jelas, apa yang kami berikan, tolong untuk dirawat, ” Ujar Deru yang langsung meresmikan kegiatan . dilanjutkan acara hiburan door prize dan kepada masyarakat dan sebelum nya H herman Deru juga memberikan bantuan untuk perbaikan pagar stadion dan rehap pembangunan pasar kalangan Desa Teluk Lubuk.

foto saat meninjau persiapan pengaspalan jalan

Seusai mengunjungi Desa Teluk Lubuk, Gubernur Sumsel berasama PLT Bupati Muara Enim melanjutkan Kunjungan Kerja ke Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujan Mas dalam rangka Panen Raya Padi Sawah IP 200 (Ume Sele). setelah itu Gubernur Sumsel melanjutkan Kunjungan Kerja  dalam rangka Peninjauan Jembatan Gantung di Desa Ujan Mas Lama Kecamatan Ujan Mas .

Foto, Gubernur Sumsel bersama PLT Bupati Muara Enim didampingi Ketua TP PKK Muara Enim saat panen Raya di Desa Pinang Belarik kec. Ujan Mas.

Turut Hadir, Para Kepala Dinas  Provinsi terkait, Staf Khusus Gubernur Sumsel, Ketua TP PKK Muara Enim, Dra Hj Nurhilyah Juarsah, Kepala OPD, Badan, Kabag Pemkab Muara Enim, Camat Belimbing, Camat Ujan Mas, Perwakilan Camat Benakat, Para Kades kec Belimbing dan Ujam Mas, Kapolsek Gunung Megang, Danramil. (Ali).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

JAKARTA - 18-May-2024, 18:28

Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri 

LAHAT - 18-May-2024, 18:27

Polres Lahat Buka Fun Bike Adventure Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78 

LAHAT - 18-May-2024, 18:26

Tim Gabungan Bongkar Gudang Penyimpanan BBM Ilegal 

LAHAT - 18-May-2024, 18:24

Polres Lahat, Polda Sumsel Sosialisasi Kepada Expedisi dan Sopir Angkutan Barang 

LAHAT - 18-May-2024, 15:47

PT BGG Bangun Tiga Unit RTLH Milik Warga Muara Lawai 

OKU TIMUR 18-May-2024, 14:58

Hadiri HUT Ke 50 Desa Harjomulyo, Ini Pesan Bupati Enos 

LAHAT - 18-May-2024, 02:38

Puluhan Pedagang UMKM Ngotot Tetap Akan Berjualan di MTQ

MUBA - 17-May-2024, 23:59

Serius tangani Pengelolaan Sampah, Pemkab Muba Akan Buat TPA Baru 

EMPAT LAWANG - 17-May-2024, 22:21

Hanya, Siska Hidayat Muhammad Perwakilan Propinsi Sumsel Berangkat CJH

PALEMBANG - 17-May-2024, 21:31

Ratusan Mahasiswa Tergabung Aliansi Mahasiswa Sumsel Demo Kekantor Gubernur 

LAHAT - 17-May-2024, 20:49

Gerak Cepat, Satlantas Polres lahat Tindak Pelanggaran ODOL 

LAHAT - 17-May-2024, 20:37

YM Safari Jum’at di Masjid Al-Mubaroq Jl Penghijauan 

PALEMBANG - 17-May-2024, 16:41

 KABUPATEN BANYUASIN RAIH WTP KE 13

LUBUK LINGGAU - 17-May-2024, 14:26

Prihatin, Tak Ada Cakada Bicara Masalah Hukum

MUBA - 17-May-2024, 13:29

Kunjungi RSUD BayLen, Pj Bupati Sandi Cek Pelayanan, Sarana dan Prasarana 

OKU - 17-May-2024, 00:32

PT. SSP Kembali Berikan Bantuan Melalui Pemkab OKU Untuk Warga Terdampak Banjir.

JAWA TENGAH - 16-May-2024, 23:59

Pj Ketua TP PKK Muba Hadiri Malam Puncak HKG PKK ke-52 di Solo 

JAKARTA - 16-May-2024, 19:20

Genjot Percepatan Pengalihan PI 10 Persen Wilayah Kerja Jambi Merang, Pemkab Muba Audiensi Bersama Dirut PT Pertamina Hulu Energi 

LAHAT - 16-May-2024, 18:54

Masyarakat Enam Kecamatan Mengingkan Nopran Marjani Mencalonkan Cabup atau Cawabup 

PALEMBANG - 16-May-2024, 18:52

Rakor Bersama SKK Migas, Kapolda Sumsel Komitmen Tindak Tegas Illegal Drilling dan Illegal Refinery 

MUBA - 16-May-2024, 18:15

Datangi Muba, Kapolda Sumsel Komitmen Penegakan Hukum Penyalahgunaan Minyak Ilegal 

MUBA - 16-May-2024, 15:18

Agus Fatoni : Expo HUT ke-44 Dekranas, Momen Majukan Produk Kerajinan UMKM 

BANYU ASIN 16-May-2024, 14:19

SATU DATA INDONESIA KABUPATEN BANYUASIN EVALUASI PELAKSANAAN DESA CANTIK 

OKU - 15-May-2024, 22:49

Komando Mahar Kabupaten OKU Siap Perjuangkan Mawardi Yahya menjadi Gubernur Sumsel

MUBA - 15-May-2024, 18:04

Cuaca Ekstrem Pemkab Muba Ingatkan Warga Waspada Banjir, Petir dan Longsor 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE