ISI

Kemenag Banyuasin Bersama FUKB Gelar Dialog Sadar Kerukunan Lintas Sektoral


8-October-2019, 18:36


BANYUASIN — Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyuasin Gelar Dialog Sadar Kerukunan Lintas Sektoral dan Lintas Lembaga Keagamaan Kabupaten Banyuasin, bertempat di Mess Pemkab Banyuasin yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banyuasin H. M. Arkan Nurwahuddin didampingi PPID/ Kasubag TU H. Iskandar Mahyudin, Selasa (08/10).

Hadir pada acara tersebut Ketua FKUB Kabupaten Banyuasin K. H. M. Rasyid Sobri Perwakilan Kesbangpol dan juga Hadir Kasi Bimas Islam H. Lukman., Kepala Penyelenggaraan Syariah Ahmad Nizam di ikuti pesertanya sebanyak 46 orang terdiri dari 18 utusan dari berbagai lintas lembaga keagamaan di Kabupaten Banyuasin.

Utusan tersebut diantaranya FKUB Kabupaten Banyuasin, Tokoh Agama Kristen, Tokoh Agama Katholik, Tokoh Agama Hindu, Tokoh Agama Budha., tokoh agama Islam, KUA Kecamatan Banyuasin III, KUA Betung, KUA Kecamatan Suak Tapeh, KUA Kecamatan Talang Kelapa., KUA Sembawa.

Selanjutnya Perwakilan Pondok Pesantren, Perwakilan Nahdlatul Ulama, Perwakilan Muhammadiyah, Penyuluh Agama Islam, DMI Banyuasin., MUI Banyuasin, BKPMRI Banyuasin, dan utusan Kementerian Agama Kabupaten Banyuasin dan diharapkan utusan ini dapat membawa aspirasi menyebar di masyarakat.

Kegiatan dialog ini mengangkat tema “Menolak Intoleransi dan Radikalisme bagian terpenting dalam keragaman Agama, corak budaya dan berpegang pada prinsip kebhinekaan dalam Demokrasi Pancasila”

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuasin H. M. Arkan Nurwahiddin dalam sambutannya mengatakan bahwa di kesempatan baik ini merupakan kesempatan bersilaturrahmi peduli terhadap Kerukunan umat beragama.

Kepala Kantor H. M. Arkan Nurwahiddin menegaskan, bahwa Kerukunan umat beragama ini harga mati, mahal tidak boleh ditawar tawar, dimana sejarahnya muncul ide-ide mengusulkan dibentuknya FKUB di tahun 2005 lalu.

“Dengan adanya Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) di jabat oleh Kasubbag Inmas dan Kasubbag Tata Usaha untuk di Kabupaten/ Kota dapat meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuaain untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas,” katanya.

Lalu, hasil dari pertemuan berbagai utusan itu terbentuknya kesempakatan Pemerintah yang dikenal dengan SKB 2 Menteri. Artinya peraturan ini berasal di buat oleh utusan masyarakat itu sendiri.

“Zero Konflik di Banyuasin Harga Mati. mahal bukan untuk ditawar tawar, tegas H.M. Arkan Nurwahiddin mengingatkan kita Pentingnya harus mempertahankan Wilayah Zero Konflik.

Dikatakan H. M. Arkan bahwa keberadaan FKUB Kabupaten Banyuasin tugasnya membantu Pemerintah khusus Pemerintah Daerah di Banyuasin. Tugas kinerjanya memberikan pemahaman pemahaman umatnya masing masing. Apabila kita menjaganya dari sejak awal dan dengan adanya dialog meracu ada kegiatan seperti ini adanya dialog kerukunan umat beragama.

“Seharusnya adanya Pembangunan gedung sekretariat FKUB di tiap Kabupaten Kota dan Harus ada terjalin komunikasi antara Kesbangpol dan FKUB,”. sorot H.M. Arkan Nurwahiddin menjelaskan sejarah berdirinya FKUB pertama kali memperjelas Peraturan SKB Menteri.

Menurut H. M. Arkan Nurwahudin, Pernah berdiri FKUB dilaksanakan Agenda kegiatan FKUB waktu itu masuk dan pernah berziarah kunjungan kerja ke tempat tempat Agama. Hasil kunjungan tersebut akan dievaluasi sebagaimana dapat diterapkan menjaga kerukunan umat di Indonesia. Seperti halnya kunjungan kepusat agama seperti : Yarusalem dahulunya, kemudian bagi umat Islam sekarang kota Mekkah dan bagi umat Budha adalah India serta tempat ibadah lainnya.

Pentingnya dalam suatu kehidupan adalah Kerukunan. ” Jangan indah dulu baru kita rukun dan tersenyum,” sampai H. M. Arkan Nurwahiddin menyarankan Kedepannya, wacana pertemuan antara tokoh agama bertempat di Kemenag Banyuasin digagas per Tri Wulan sekali.

Sejauh ini, Kementerian Agama juga telah menganggarkan operasional kegiatan bagi kepengurusan anggota terlibat di FKUB itu sendiri. Lalu, Siapa yang dapat menyelesaikan konflik, jawabannya adalah tokoh agama. Tujuanya untuk menangkal Radikalisme.”Sedangkan Radikalisme itu bisa saja ada masuk di dalam keragaman umat agama apasaja umumnya,” katanya.

Seperti dikatakan Menteri Agama H. Lukman Hakim Saifuddin bahwa kita harus Moderat, maka, perbedaan itu adalah anugerah, sedangkan Allah SWT /Tuhan menegaskan bisa saja untuk menjadi satu umat beagama saja.

Tentunya, Dalam ajaran Islam penegasan toleransi itu mengenal ” Lakum diinukum waliyadiin, bagimu agamamu bagiku agamaku,” ujar H.M. Arkan Nurwahiddin mengingatkan agar perlu diketahui agama lain.

Dengan demikian jelas dia, kita tidak bisa memaksakan kehendak Agama kepada orang yang sudah beragama. Selanjutnya, Diperlukan sufford ada kepedulian dari Pemerintah terhadap para tokoh tokoh Agama perduli terhadap Kerukunan umat beragama.

Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Banyuasin H. Askolani telah mempersilahkan pemakaian Gedung Serba Guna Sedulang Setudung untuk di pergunakan agama yang diakui hari besar Agama. “Mari kita sama-sama dalam menjaga kerukunan umat beragama khususnya di Kabupaten Banyuasin” ajaknya.

Sementara itu, Menurut PPID Kasubbag TU H. Iskandar Mahyudin bahwa diakhir acara ini dilaksanakan penandatanganan kesepakatan dalam Kerukunan beragama. (Adm)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

BANYU ASIN 26-February-2024, 21:07

PJ BUPATI BANYUASIN HADIRI MUSABAQOH TILAWATIR QUR’AN 

PALEMBANG - 26-February-2024, 19:40

PJ BUPATI BANYUASIN CACT ASN PENGEMBANGAN KINERJA KARIR 

LAHAT - 26-February-2024, 16:11

Pelaku Curas Dengan Tujuh Korban Berhasil Diungkap Polres Lahat

PALEMBANG - 26-February-2024, 14:55

Kapolda Sumsel Menekankan Beberapa Hal Dalam Apel Pamen

LAHAT - 26-February-2024, 14:35

Pemkab Lahat Peringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445H/ 2024 M 

PALEMBANG - 26-February-2024, 11:32

Kapolda Sumsel Tekankan Beberapa Hal dalam Apel Pamen 

PALEMBANG - 26-February-2024, 11:31

Pj Bupati Apriyadi Ikuti Forkonas Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem 

PALEMBANG - 26-February-2024, 11:26

Pertama di Sumsel, Pj Bupati Muba Apriyadi Serahkan LKPD Tahun 2023 

LAHAT - 26-February-2024, 10:36

Kapolres Bersama Wakapolres Lahat Copy Morning PJU Polres Lahat 

MUARA ENIM - 25-February-2024, 22:12

Jadi Tuan Rumah Sumatera Fire Rescue Challenge, Bukit Asam Borong Penghargaan

PALEMBANG - 25-February-2024, 20:14

Universitas Sriwijaya Lantik 5 Dokter Muda Dari Polda Sumsel 

OKU - 25-February-2024, 18:51

Pasukan BKO Brimob Polda Sumsel Di Lepas Polres OKU Usai Melaksanakan Pengamanan Pemilu

LAHAT - 25-February-2024, 18:34

Kejuaraan Balap Sepeda Kapolres Lahat Cup Tahun 2024 

LAHAT - 25-February-2024, 18:32

Kapolres Lahat Kawal Langsung Kotak Suara PPK Tanjung Sakti PUMU 

LAHAT - 25-February-2024, 18:29

Polres Lahat Kontrol dan Monitori gudang KPU dan kantor Bawaslu 

PALEMBANG - 25-February-2024, 17:59

GSMP Bakal Goes To School dan Goes To Office, Pemkab Muba Siap Dukung 

MUARA ENIM - 25-February-2024, 13:32

Libur Akhir Pekan, Pj. Bupati Muara Enim Gelar Pasar Murah di Kecamatan Benakat

MUARA ENIM - 25-February-2024, 13:23

Disambut Antusias Masyarakat Kelekar, Pj. Bupati Buka MTQ ke-40 Kabupaten Muara Enim Tahun 2024

MUARA ENIM - 25-February-2024, 13:14

Babinsa Koramil 404-05/TE, Lakukan Pengamanan logistik Hasil pemilu 2024 dan Pleno di Kec Lawang Kidul

MUARA ENIM - 24-February-2024, 13:36

Babinsa Desa Pandan Enim Koramil 404-05/TE Gencarkan Komsos di Tengah Masyarakat

MUBA - 24-February-2024, 12:35

Pemkab Muba Bakal Berikan Reward Bagi OPD Terapkan KTR 

MUARA ENIM - 23-February-2024, 16:46

Warnai Hari Esok : Bukit Asam Dukung Bakat Seni Anak-anak Lewat Lomba Mewarnai

BANYU ASIN 23-February-2024, 15:05

MUSYAWARAH KHUSUS PENETAPAN KPM BLT DD 2024 PEMDES SUKARAJA BARU 

MUBA - 23-February-2024, 14:08

TP PKK Muba Lakukan Pembinaan Ke 15 Kecamatan Secara Maraton 

MUBA - 23-February-2024, 10:34

Pastikan Stok Kebutuhan Pokok, pemkab Muba chek langsung ke Pasar Randik 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE