ISI

Putus Mata Rantai Covid-19, Edukasi Social Distancing dan PHBS Ke Masyarakat


23-March-2020, 19:15[post-views]


MUBA, SO – Tidak hanya mengedukasi warga Muba untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari ancaman Covid-19 atau virus Corona, Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin mensosialisasikan dan mengistruksikan kepada seluruh OPD dan Camat bersama Forkopimcam di wilayah masing-masing Untuk memberikan pemahaman kepada warga Muba hingga ke kawasan pelosok agar selama ancaman Covid-19 ini masih terjadi, warga Muba juga wajib menerapkan social distancing (menjaga jarak antar manusia) supaya terhindar dari penularan virus dan kita diwajibkan melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Social distancing merupakan salah satu langkah pencegahan dan pengendalian infeksi virus Corona, dengan menganjurkan orang sehat untuk membatasi jarak dan kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain,” ujar Bupati Muba, Dr H Dodi Reza Alex Noerdin saat Rapat Staf Jajaran Pemkab Muba di Ruang Rapat Serasan Sekate, Senin (23/3/2020), dihadiri Sekda Muba, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Para Camat.

Dikatakan Bupati, mengapa hal demikian harus dilakukan dikarnakan penyebaran virus Corona ini sudah sangat dahsyat dan luar biasa di dunia saat ini. Lonjakan kasus yang terjadi menyebabkan kematian akibat Virus Corona karena fasilitas kesehatan tidak siap sehingga kasus kematiannya tinggi. Selain itu juga pada suatu negara dengan mudahnya terpapar virus karena warganya tidak patuh, dan melakukan kegiatan massal dan perkumpulan sehingga imenyebabkan virus tersebut sangat mudah tersebar.

“Kita harus memutus mata rantai penularan virus Corona ini yaitu dengan menyiapkan fasilitas kesehatan apabila nantinya Muba ada lonjakan lonjakan kasus, dan penanganan kita sesuaikan berdasarkan protokol kesehatan. Satu-satunya jalan yang sangat tepat menerapkan pembatasan sosial disamping menerapkan pola hidup sehat,”pungkas Dodi.

Doktor lulusan Universitas Parjajaran ini menghimbau kepada seluruh Camat bersama TNI, Polri dan Kades dalam wilayah Kabupaten Muba agar memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat betapa pentingnya menerapkan social distancing atau pembatasan sosial sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia dan ditindaklanjuti Melalui Maklumat Kapolri.

“Selain itu juga masalah yang terjadi saat ini akibat merabahnya Virus Corona, menimbulakn efek panik buying. Mengenai sembako untuk stok memang ditakutkan, ini jadi perhatian karena memasuki bulan suci ramadhan,”ucap Dodi.

Lanjutnya, kondisi seperti ini memang siklus tahunan sebenarnya, penting untuk menjaga stabilitas harga, tapi terkait adanya Covid 19, apa yang biasa dilakukan tahun sebelumnya lebih diperketat lagi. “Lakukan operasi pasar dan pengawasan bersama aparat. Tolong diperhatikan betul OPD terkait ini ada dua beban yaitu panic buying dan distribusi terganggu,” himbaunya.

Bahkan Bupati Muba, juga mendukung maklumat Kapolri dalam upaya mengawal kebijakan pemerintah untuk pencegahan penularan Covid-19 yang berisi :

1). Bahwa mempertimbangkan situasi nasional terkait dengan cepatnya penyebaran Covid-19, maka pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam rangka penanganan secara baik, cepat, dan tepat agar peyebaranya tidak meluas dan berkembang menjadi gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat.

2). Bahwa untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, Polri senantiasa mengacu asas keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi (Salus Populi Suprema Lex Esto) dengan ini Kepala Kepolisian Republik Indonesia mengeluarkan maklumat:
a. Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik ditempat umum maupun di lingkungan sendiri, yaitu:
– Pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, dan kegiatan lainnya yang sejenis.
– Kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran, dan resepsi keluarga.
– Kegiatan olahraga, kesenian, dan jasa hiburan.
– Unjuk rasa, pawai, dan karnaval.
– Kegiatan lainnya yang sifatnya berkumpulnya massa
b. Tetap tenang dan tidak panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti informasi dan imbauan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah
c. Apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari kegiatan yang melibatkan banyak orang dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19.
d. Tidak melakukan pembelian dan/atau menimbun kebutuhan bahan pokok maupun kebutuhan masyarakat lainnya secara berlebihan.
e. Tidak terpengaruh dan menyebarkan berita-berita dengan sumber tidak jelas yang dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.
f. Apabila ada informasi yang tidak jelas sumbernya dapat menghubungi kepolisian setempat.

3). Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan kepolisian yang diperlukan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku”,tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Muba, Drs H Apriyadi MSi senada dengan apa yang disampaikan Bupati Muba, agar Pemerintah Kecamatan dan Desa memberikan pemahaman kepada masyarakat akan upaya pencegahan Covid 19.

“Jumlah warga Kabupaten Muba hampir 600 ribu dengan sebaran di 227 desa belum lagi kelurahan dan dengan luasan yang tersebar jauh. Tentu penting dilakukan sosialisasi, berikan pemahaman, upaya pencegahan agar tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul. Ini sebenarnya sudah dilakukan baik melalui surat tapi belum maksimal, oleh karena itu upaya edukasi ini perlu dilakukan secara massal, baik ASN maupun komunitas yang ada, untuk melakukan sosialisasi dengan SOP yang jelas,” pungkasnya.(bram)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

MUBA - 30-June-2020, 16:22

Bupati Muba Dodi Reza Hadiri Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Karhutbunlah di Ogan Ilir

MUARA ENIM - 30-June-2020, 15:47

Antisipasi Karhutla, Pemkab Muara Enim Terima Bantuan Dana Dari Gubernur Sumsel

PAGAR ALAM - 30-June-2020, 15:46

KEJARI PAGAR ALAM KEMBALI TETAPKAN TERSANGKA DALAM KASUS PAGAR MAKAM

OKI - 30-June-2020, 13:58

Bobol Mess Bekas Tempat Kerja, Pemuda Ini Ditangkap Sedang di Rumah Teman Wanitanya di OKI

BANYU ASIN 30-June-2020, 12:40

KELOMPOK TANI KARANGTARUNA DESA SUKARAJA BARU PEDULI MASYARAKAT MANFATKAN LAHAN PERKARANGAN RUMAH

MUBA - 30-June-2020, 12:37

Bupati Muba DRA Minta Pengelolaan PT Petro Muba lebih Profesional

LAHAT - 30-June-2020, 11:28

Kades Payo, Himbau Masyarakat Untuk Tetap Waspada Terkait Covid 19

LAHAT - 30-June-2020, 11:28

Camat Merapi Barat Ikut Serta Salurkan BLT DD Tanjung Telang

PAGAR ALAM - 30-June-2020, 11:01

KASUS PAGAR MAKAM, KEJARI PAGAR ALAM SEBUT ADA TERSANGKA LAIN

MUBA - 29-June-2020, 23:15

Update Covid-19 Muba : Bertambah 1 Positif, Total 6 Terkonfirm positif

PAGAR ALAM - 29-June-2020, 21:26

Kantor Samsat Pagaralam Tutup 14 Hari, Wajib Pajak Diimbau Bayar Melalui Aplikasi Samsat CERIA

OKU - 29-June-2020, 21:00

Niat Awal Hendak Cari Kerja, Malah Curi HP Milik Orang Lain

PAGAR ALAM - 29-June-2020, 20:44

MANTAN KADIN SOSIAL KOTA PAGAR ALAM DITETAPKAN SEBAGAI TERSANGKA

BANYU ASIN 29-June-2020, 20:28

Otak Perampokan dan Pemerkosa di Banyuasin Tewas Ditembak, Kapolres : Baru Bebas Program Asimilasi

MUBA - 29-June-2020, 19:18

Muba Mulai Gelontorkan Bantuan Pangan Cadangan

MUBA - 29-June-2020, 18:43

Pemkab Muba Lakukan Serah Terima Memoir Jabatan Antara Pejabat Lama Dan Pejabat Baru

MUARA ENIM - 29-June-2020, 18:25

Sambut Pringatan KBN Ke 27, Pesan H Juarsah : “Generasi Muda Jauhi Seks Pranikah Dan Napza”

BANYU ASIN 29-June-2020, 18:23

PWI BANYUASIN BAGIKAN SERTIFIKAT KE ANGGOTA ORIENTASI

MUARA ENIM - 29-June-2020, 18:17

Asisten 1 Pemkab Muara Enim, Minta Perusahaan Manfaatkan Tenaga Kerja Lokal

BANYU ASIN 29-June-2020, 16:35

AKSIBEGAL MARAK TERJADI GUNAKAN SENPI DAN SAJAM DIBANYUASIN

MUBA - 29-June-2020, 16:00

Datangi Kantor Bupati Muba, Kapolres Berikan Buket Bunga Tanda Cinta Kasih Polri

MUSI BANYUASIN 29-June-2020, 15:57

HUT Bhayangkara Ke-74, Polres Muba Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan

LAHAT - 29-June-2020, 15:08

DPC PDIP Lahat, Beri Dukungan Untuk Polri Usut Tuntas Pelaku Pembakaran Bendera Partai

MUARA ENIM - 29-June-2020, 13:37

PASANG KB GRATIS DI POSKESDES DESA TELUK JAYA KEC. KELEKAR

LAHAT - 29-June-2020, 12:22

Satnarkoba Polres Lahat Tangkap Bandar Narkoba Di Bumi Seganti Setungguan

CATATAN SRIWIJAYA

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE

VIDEO