ISI

POLDA SUMSEL GELAR OPSNAL TW I TAHUN 2015


5-May-2015, 14:39


PALEMBANG – Hari Senin tanggal (4/5) di ruang Rekonfu Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Jl. Jenderal Sudirman KM4.5 Palembang telah dilaksanakan gelar opsnal triwulan I tahun 2015 yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Iza Fadri.

Sebelum dilaksanakan gelas opsnal tersebut oleh Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Sumsel Kombes Pol Drs. Iskandar M.Z, SH, M.Hum mengirimkan surat telegram yang intinya bahwa Polda Sumsel akan melaksanakan gelar opsnal TW I dan kesiapan akhir ops mantap praja-2015 (Pilkada serentak 7 Kabupaten), dengan dihadiri masing-masing pejabat utama dan para kasatwil.

Dalam sambutan Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Iza Fadri untuk analisa evaluasi kamtibmas TW I 2015 jajaran Polda Sumsel sebagai berikut :
1. Pencurian pemberatan (Curat) Jumlah Total Perkara (JPT) 1.071 kasus dan Penyelesaian Total Perkara (PTP) 373 kasus
2. Pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) Jumlah Total Perkara (JPT) 472 kasus dan Penyelesaian Total Perkara (PTP) 67 kasus
3. Pencurian dengan kekerasan (Curas) Jumlah Total Perkara (JPT) 397 kasus dan Penyelesaian Total Perkara (PTP) 94 kasus
4. Narkotika Jumlah Total Perkara (JPT) 313 kasus dan Penyelesaian Total Perkara (PTP) 285 kasus
5. Judi Jumlah Total Perkara (JPT) 20 kasus dan Penyelesaian Total Perkara (PTP) 17 kasus.
Angka kasus-kasus menonjol agar melakukan upaya maksimal sehingga dapat turun dan meningkatkan penyelesaian perkara (Crime clearence) tiap-tipa polres minimal 60%, dan kasus didiminasi oleh kejahatan konvensioanl berupa 3 C (Curas, Curat dan Curanmor) dan kejahatan Transnasional yang didominasi oleh kejahatan Narkoba, diharapkan dengan gelar opsnal dijadikan sebagai analisa, evaluasi dan pengalaman sehingga dapat memberikan gambaran nyata terhadap permasalahan yang ada di lapangan baik dalam bentuk upaya berupa preventif, ataupun upaya penegakan hukum/ refresif, dan memerintahkan kepada masing-masing fungsi dan jajaran polres untuk melakukan upaya maksimal dalam rangka penindakan kasus-kasus prioritas/ atensi pimpinan seperti kasus 3 C, Illegal Tapping, kasus narkoba, korupsi, dalam rangka penanggulangan tindak pidana narkoba di wilayah sumsel diperlukan langkah-langkah secara intensif dan komprehensif termasuk pengawasan melekat terhadap seluruh anggota Polri sehingga tidak ada keterlibatan anggota dalam penyelahgunaan narkotika serta berikan tindakan tegas kepada anggota yang melakukan melanggar hukum.

Lebih lanjut dikatan oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Iza Fadri pada tahun 2015 akan dilaksanakan Pemilukada serentak di 7 kabupaten yang meliputi Kab. Ogan Ilir, Kab. OKU, Kab. OKU Selatan, Kab. OKU Timur, Kab. Pali, Kab. Muratara dan Kab. Mura, dan kepada Polres yang melaksanakan pengamanan Pilkada Kapolda Sumsel memerintahkan, agar disiapkan secara dini termasuk renpam dan apabila terdapat kekurangan kekuatan yang perlu mendapat back up dari Polda agar masing-masing satwil untuk segera meminta pertambahan kekuatan pengamanan, agar melakukan mapping daerah rawan, antisipasi penuh dan koordinasi dengan lintas sektoral terkait karena sangat dimungkinkan terjadi konflik terutama kabupaten baru seperti kab. Muratara dan Kab. Pali. Dan laksanakan kegiatan bersama dengan stake holder (TNI, PEMDA dan SKPD) dalam rangka membangun dan menciptakan situasi kondusif di wilayah masing-masing menjelang pelaksanaan Pilkada serta melibatkan partisipasi tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh adat dalam rangka membantu pelaksanaan Pilkada di wilayahnya. Antisipasi dan perhatikan kerawanan-kerawanan yang dimungkinkan terjasi seperti ;1. Terjadinya konflik antar pendukung calon bupati 2. Sabotase distribusi logistik pemilu3. Politik uang
4. Unjuk rasa dengan mengerahkan maassa berpotensi ke anarkhis
5. Manipulasi suara
6. Penculikan calon dan petugas pelaksana pemilu
7. Intimidasi kepada pemilih dan kerawanan lainnya.

Labih lanjut dijelaskan oleh Kapolda Sumsel Irje Pol Prof. Dr. Iza Fadri diharapkan kepada seluruh personel untuk dapat memelihara disiplin dan menjaga teguh netralitas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas pengamanan serta meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dengan selalu pro aktif melakukan tindakan kepolisian. Dan kepada masing-masing Polres untuk memetakan potensi konflik yang ada di wilayahnya serta melakukan langkah-langkah untuk meminimalisir konflik dengan melibatkan dan mengedepankan Pemda dan SKPD terkait sehingga permasalahan tersebut tidak muncul ke permukaan dan menjadi konflik sosial.

Dan pada tahun 2015 dilaksanakan quick wins program lanjutan renstra Polda Sumsel yang meliputi ;
1Penertiban dan penegakan hukum bagi organisasi radikal dan anti Pancasila
2.Penanggulangan Terorisme 3.Aksi nasional pembersihan preman dan premnisme,4,pembentukan dan pengefektifan satgas ops polri kontra radikal dan radikalisasi (khusus ISIS)
5.Pemberlakukan rekrutmen terbuka untuk jabatan dilingkungan Polri
6.Polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik
7.Pembentukan Tim Internal anti korupsi melibatkan unsur publik dan KPK
8.Crash program pelayanan masyarakat pelayanan bersih dari percaloan.

Pelaksanaan program prioritas Kapolri yang dilaksanakan oleh Polda Sumsel sebagai berikut ;
A.Pelaksanaan penataan dalam pembinaan personel
B.Program penataan kelembagaan anti korupsi
C.Program peningkatan profesioanlisme anggota Polri ,D Program peningkatan kesejahteraan Polri dan pemenuhan sarpras khusus
E. Program peningkatan perlindungan terhadap warga negara untuk peningkatan rasa aman
F.Program membangun partisipasi publik dalam pengamanan lingkungan
G.Program mengintensifkan sinergitas polisional dengan kementrian/ lembaga
H.meningkatkan penegekan hukum yang profesional, obyektif dan bebas KKN
I.Program mempersiapkan rencana pengaman dan kontijensi pemilukada serentak J.Penguatan pengawasan Polri
K,Program pelaksanaan quick wins Polri
Agar masing-masing kasatker lebih mengawasi anggotanya jangan ada lagi anggota Polri yang main-main ke tempat hiburan, mabuk-mabukan bahkan membuat onar apalgi sampai terjadi perkelahian yang akan semakin menurunkan citra Polri dimata masyarakat, untuk itu laksanakan pengawasan terhadap perilaku anggota dalam pelaksanaan tugas serta tidak ada lagi anggota yang meminta/ pungli kepada masyarakat apalagi mengatasnamakan untuk kepentingan pimpinan. Kapolda Sumsel mengakhiri amanatnya.

Materi yang disajikan sebagai laporan kesiapan dalam bentuk paparan dari Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol Drs. Sukisto tentang penilaian kinerja satuan wilayah tahun 2014, dilanjut oleh Karo Ops Polda Sumsel Kombes Drs. Iskandar MZ tentang situasi kamtibmas TW I dan tahun 2015 kesiapan akhir ops mantap praja-2015 (Pilihan Kepala Daerah serentak 7 Kabupaten) dilanjutkan oleh Dir Intelkam Kombes Pol Drs. Budi Dermawan tentang situasi kamtibmas dan situasi politik jelang Pilkada serentak di 7 Kabupaten, dilanjut oleh Kabid keuangan Polda Sumsel Kombes Pol Zotlisman, SsstMK tentang Pedoman dalam pelaksanaan pembuatan perwabku ops mantab praja 2015, dan terakhir paparan masing masing Kapolres Ogan Kemering Ulu (OKU) AKBP Dover Christian, SIK, MH, Kapolres Musi Rawas (Mura) AKBP Nurhadi Handayani, SH, kemudian isoma selesai dilanjutkan oleh Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto, SIK, dilanjutkan Kapolres Ogan Ilir (OI) AKBP Denny Yonoputro, SIK, dilanjutkan Kapolres Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) AKBP Saud P. Sinaga, SIK dan dilanjut oleh Kapolres Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) AKBP Herwansyah Saidi, SIK tentang persiapan akhir Pilkada serentak. Dan ditutup oleh Wakapolda Brigjen Pol Drs. Syaiful Zachri, MM.(Kompol S.Dani/SO)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

OKU TIMUR 19-September-2023, 12:06

Asisten II OKU Timur Buka Rakor Kebijakan Dana Kampanye, Rekening Khusus Dana Kampanye dan Kebijakan Pelaksanaan Kampanye 

PALEMBANG - 18-September-2023, 20:36

Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., Resmi Jabat Pj. Bupati Muara Enim

LAHAT - 18-September-2023, 18:23

Cabor Renang Sumbang Lahat 3 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu 

MUBA - 18-September-2023, 18:22

Tekan Inflasi dan Kemiskinan Ekstrem, Pemkab Muba dan Bulog Teken MoU 

JOGYAKARTA 18-September-2023, 17:04

Kolaborasi Bukit Asam (PTBA) dan UGM Tingkatkan Nilai Tambah Batu Bara

MUBA - 18-September-2023, 16:05

Kurangi Beban Masyarakat, Pj Bupati Apriyadi Kembali Salurkan Beras CPP 

MUBA - 18-September-2023, 16:04

Pemkab Muba Ikuti Penilaian Interviu Evaluasi SPBE Tahun 2023 

MUARA ENIM - 18-September-2023, 15:05

Kolaborasi Bukit Asam (PTBA) dan UGM Tingkatkan Nilai Tambah Batu Bara 

LAHAT - 18-September-2023, 14:19

Atlet FPTI Lahat Sumbang Mendali Emas Dikelas Bergengsi Panjat Tebing 

LAHAT - 17-September-2023, 23:59

Kapolres Lahat Pimpin Langsung Pengamanan Opening Ceremoning Porprov Sumsel XIV 

LAHAT - 17-September-2023, 23:22

Opening Ceremony Poprov Sumsel XIV di Lahat Diiringi Hujan

LAHAT - 17-September-2023, 20:26

Voli Putri Lahat Keok Dikalahkan Voli Putri Mura 

LAHAT - 17-September-2023, 20:24

Cabor Balap Sepeda Lahat Sumbang Mendali Emas 

LAHAT - 17-September-2023, 19:48

Salip Muba, Lahat Kangtongi 9 Emas Klasemen Sementara 

LAHAT - 17-September-2023, 19:47

Lagi Tim Hocki Lahat Ganda Campuran Pertahankan Gelar, Bantai Banyuasin Dengan Skor Telak 9 – 3 

LAHAT - 17-September-2023, 19:23

Kemarau 2023, Sungai Lematang Kembali Telan Korban Jiwa

LAHAT - 17-September-2023, 17:43

Dua Atlet Cabor Gulat Muba Kembali Peroleh Emas di Porprov Sumsel XIV 

LAHAT - 17-September-2023, 17:42

Prestasi Cemerlang, Atlet Panjat Tebing Persembahkan Dua Emas dan Satu Perak Untuk Muba 

LAHAT - 16-September-2023, 23:40

Bupati, Wabup, dan Sekda Lahat Tinjau Kesiapan Malam 17 Serimoni Porprov

LAHAT - 16-September-2023, 23:10

Pelaku UMKM Mulai Memadati Lapak-Lapak Digerai Plaza

LAHAT - 16-September-2023, 23:09

Bupati Lahat Saksikan Pertandingan Voli Indoor

LAHAT - 16-September-2023, 23:08

Cabor Panjat Tebing Dimulai, Ini Target FPTI Lahat

LAHAT - 16-September-2023, 23:07

Cabor Gulat Lahat Puncaki Klasmen Medali Emas Sementara

LAHAT - 16-September-2023, 23:05

Tim Ganda Campuran Hocky Lahat Sikat Habis Tim Hocky OKI Sekor 10-2

PALI - 16-September-2023, 17:11

PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN PENGURUS ABPEDNAS KABUPATEN PALI 

CATATAN SRIWIJAYA

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE