ISI

POLDA SUMSEL GELAR OPSNAL TW I TAHUN 2015


5-May-2015, 14:39


PALEMBANG – Hari Senin tanggal (4/5) di ruang Rekonfu Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Jl. Jenderal Sudirman KM4.5 Palembang telah dilaksanakan gelar opsnal triwulan I tahun 2015 yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Iza Fadri.

Sebelum dilaksanakan gelas opsnal tersebut oleh Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Sumsel Kombes Pol Drs. Iskandar M.Z, SH, M.Hum mengirimkan surat telegram yang intinya bahwa Polda Sumsel akan melaksanakan gelar opsnal TW I dan kesiapan akhir ops mantap praja-2015 (Pilkada serentak 7 Kabupaten), dengan dihadiri masing-masing pejabat utama dan para kasatwil.

Dalam sambutan Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Iza Fadri untuk analisa evaluasi kamtibmas TW I 2015 jajaran Polda Sumsel sebagai berikut :
1. Pencurian pemberatan (Curat) Jumlah Total Perkara (JPT) 1.071 kasus dan Penyelesaian Total Perkara (PTP) 373 kasus
2. Pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) Jumlah Total Perkara (JPT) 472 kasus dan Penyelesaian Total Perkara (PTP) 67 kasus
3. Pencurian dengan kekerasan (Curas) Jumlah Total Perkara (JPT) 397 kasus dan Penyelesaian Total Perkara (PTP) 94 kasus
4. Narkotika Jumlah Total Perkara (JPT) 313 kasus dan Penyelesaian Total Perkara (PTP) 285 kasus
5. Judi Jumlah Total Perkara (JPT) 20 kasus dan Penyelesaian Total Perkara (PTP) 17 kasus.
Angka kasus-kasus menonjol agar melakukan upaya maksimal sehingga dapat turun dan meningkatkan penyelesaian perkara (Crime clearence) tiap-tipa polres minimal 60%, dan kasus didiminasi oleh kejahatan konvensioanl berupa 3 C (Curas, Curat dan Curanmor) dan kejahatan Transnasional yang didominasi oleh kejahatan Narkoba, diharapkan dengan gelar opsnal dijadikan sebagai analisa, evaluasi dan pengalaman sehingga dapat memberikan gambaran nyata terhadap permasalahan yang ada di lapangan baik dalam bentuk upaya berupa preventif, ataupun upaya penegakan hukum/ refresif, dan memerintahkan kepada masing-masing fungsi dan jajaran polres untuk melakukan upaya maksimal dalam rangka penindakan kasus-kasus prioritas/ atensi pimpinan seperti kasus 3 C, Illegal Tapping, kasus narkoba, korupsi, dalam rangka penanggulangan tindak pidana narkoba di wilayah sumsel diperlukan langkah-langkah secara intensif dan komprehensif termasuk pengawasan melekat terhadap seluruh anggota Polri sehingga tidak ada keterlibatan anggota dalam penyelahgunaan narkotika serta berikan tindakan tegas kepada anggota yang melakukan melanggar hukum.

Lebih lanjut dikatan oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Iza Fadri pada tahun 2015 akan dilaksanakan Pemilukada serentak di 7 kabupaten yang meliputi Kab. Ogan Ilir, Kab. OKU, Kab. OKU Selatan, Kab. OKU Timur, Kab. Pali, Kab. Muratara dan Kab. Mura, dan kepada Polres yang melaksanakan pengamanan Pilkada Kapolda Sumsel memerintahkan, agar disiapkan secara dini termasuk renpam dan apabila terdapat kekurangan kekuatan yang perlu mendapat back up dari Polda agar masing-masing satwil untuk segera meminta pertambahan kekuatan pengamanan, agar melakukan mapping daerah rawan, antisipasi penuh dan koordinasi dengan lintas sektoral terkait karena sangat dimungkinkan terjadi konflik terutama kabupaten baru seperti kab. Muratara dan Kab. Pali. Dan laksanakan kegiatan bersama dengan stake holder (TNI, PEMDA dan SKPD) dalam rangka membangun dan menciptakan situasi kondusif di wilayah masing-masing menjelang pelaksanaan Pilkada serta melibatkan partisipasi tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh adat dalam rangka membantu pelaksanaan Pilkada di wilayahnya. Antisipasi dan perhatikan kerawanan-kerawanan yang dimungkinkan terjasi seperti ;1. Terjadinya konflik antar pendukung calon bupati 2. Sabotase distribusi logistik pemilu3. Politik uang
4. Unjuk rasa dengan mengerahkan maassa berpotensi ke anarkhis
5. Manipulasi suara
6. Penculikan calon dan petugas pelaksana pemilu
7. Intimidasi kepada pemilih dan kerawanan lainnya.

Labih lanjut dijelaskan oleh Kapolda Sumsel Irje Pol Prof. Dr. Iza Fadri diharapkan kepada seluruh personel untuk dapat memelihara disiplin dan menjaga teguh netralitas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas pengamanan serta meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dengan selalu pro aktif melakukan tindakan kepolisian. Dan kepada masing-masing Polres untuk memetakan potensi konflik yang ada di wilayahnya serta melakukan langkah-langkah untuk meminimalisir konflik dengan melibatkan dan mengedepankan Pemda dan SKPD terkait sehingga permasalahan tersebut tidak muncul ke permukaan dan menjadi konflik sosial.

Dan pada tahun 2015 dilaksanakan quick wins program lanjutan renstra Polda Sumsel yang meliputi ;
1Penertiban dan penegakan hukum bagi organisasi radikal dan anti Pancasila
2.Penanggulangan Terorisme 3.Aksi nasional pembersihan preman dan premnisme,4,pembentukan dan pengefektifan satgas ops polri kontra radikal dan radikalisasi (khusus ISIS)
5.Pemberlakukan rekrutmen terbuka untuk jabatan dilingkungan Polri
6.Polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik
7.Pembentukan Tim Internal anti korupsi melibatkan unsur publik dan KPK
8.Crash program pelayanan masyarakat pelayanan bersih dari percaloan.

Pelaksanaan program prioritas Kapolri yang dilaksanakan oleh Polda Sumsel sebagai berikut ;
A.Pelaksanaan penataan dalam pembinaan personel
B.Program penataan kelembagaan anti korupsi
C.Program peningkatan profesioanlisme anggota Polri ,D Program peningkatan kesejahteraan Polri dan pemenuhan sarpras khusus
E. Program peningkatan perlindungan terhadap warga negara untuk peningkatan rasa aman
F.Program membangun partisipasi publik dalam pengamanan lingkungan
G.Program mengintensifkan sinergitas polisional dengan kementrian/ lembaga
H.meningkatkan penegekan hukum yang profesional, obyektif dan bebas KKN
I.Program mempersiapkan rencana pengaman dan kontijensi pemilukada serentak J.Penguatan pengawasan Polri
K,Program pelaksanaan quick wins Polri
Agar masing-masing kasatker lebih mengawasi anggotanya jangan ada lagi anggota Polri yang main-main ke tempat hiburan, mabuk-mabukan bahkan membuat onar apalgi sampai terjadi perkelahian yang akan semakin menurunkan citra Polri dimata masyarakat, untuk itu laksanakan pengawasan terhadap perilaku anggota dalam pelaksanaan tugas serta tidak ada lagi anggota yang meminta/ pungli kepada masyarakat apalagi mengatasnamakan untuk kepentingan pimpinan. Kapolda Sumsel mengakhiri amanatnya.

Materi yang disajikan sebagai laporan kesiapan dalam bentuk paparan dari Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol Drs. Sukisto tentang penilaian kinerja satuan wilayah tahun 2014, dilanjut oleh Karo Ops Polda Sumsel Kombes Drs. Iskandar MZ tentang situasi kamtibmas TW I dan tahun 2015 kesiapan akhir ops mantap praja-2015 (Pilihan Kepala Daerah serentak 7 Kabupaten) dilanjutkan oleh Dir Intelkam Kombes Pol Drs. Budi Dermawan tentang situasi kamtibmas dan situasi politik jelang Pilkada serentak di 7 Kabupaten, dilanjut oleh Kabid keuangan Polda Sumsel Kombes Pol Zotlisman, SsstMK tentang Pedoman dalam pelaksanaan pembuatan perwabku ops mantab praja 2015, dan terakhir paparan masing masing Kapolres Ogan Kemering Ulu (OKU) AKBP Dover Christian, SIK, MH, Kapolres Musi Rawas (Mura) AKBP Nurhadi Handayani, SH, kemudian isoma selesai dilanjutkan oleh Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto, SIK, dilanjutkan Kapolres Ogan Ilir (OI) AKBP Denny Yonoputro, SIK, dilanjutkan Kapolres Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) AKBP Saud P. Sinaga, SIK dan dilanjut oleh Kapolres Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) AKBP Herwansyah Saidi, SIK tentang persiapan akhir Pilkada serentak. Dan ditutup oleh Wakapolda Brigjen Pol Drs. Syaiful Zachri, MM.(Kompol S.Dani/SO)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

BANYU ASIN 21-April-2024, 10:43

Dr KONAR ZUBIR SH, MH SERAHKAN FORMULIR PENDAFTARAN BACALON BUPATI BANYUASIN 

LAHAT - 20-April-2024, 21:15

Tekan Jalur KA Maut, Pemkab Lahat Perketat Penjagaan 

LAHAT - 20-April-2024, 21:10

PJ Bupati Lahat Bersihkan Taman Ribang Kemambang

PAGAR ALAM - 20-April-2024, 12:55

MOBIL TERPEROSOK DI LIKUAN ENDIKAT, LALIN KENDARAAN MACET TOTAL

LAHAT - 19-April-2024, 20:37

Warga Kelurahan Sari Bungamas Sambangi Kediaman YM 

MUBA - 19-April-2024, 20:36

Kunjungi Kecamatan Sungai Keruh, Pj Bupati Muba Serahkan Berbagai Bantuan untuk Warga 

MUBA - 19-April-2024, 20:35

Tower Telkomsel On Air di Dua Desa Babat Supat, Warga Ucapkan Terima Kasih ke Pj Bupati Apriyadi Mahmud 

LAHAT - 19-April-2024, 17:48

Dukcapil Lahat, Warga Pseksu Keluhkan Pelayanan Pembuatan E-KTP 

OKU - 19-April-2024, 17:03

Kapolres OKU Pantau SiDokkes Polres OKU Yang Gelar Rikkes Berkala Tahun 2024

BANYU ASIN 19-April-2024, 13:31

PJ BUPATI BANYUASIN BUKA MUSRENBANG RPJPD 2024 

BANYU ASIN 19-April-2024, 13:15

RESES ANGGOTA DPRD BANYUASIN TAMPUNG USULAN MASYARAKAT 

PALEMBANG - 19-April-2024, 11:44

Kapolda Menerima Ka BNNP Sumsel Beserta Staff 

LAHAT - 18-April-2024, 21:50

Inginkan Perubahan, Masyarakat 7 Kecamatan Deklarasikan Dukung YM 

LAHAT - 18-April-2024, 21:33

Pj Bupati Lahat Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal Seluruh OPD dan ASN 

BANYU ASIN 18-April-2024, 21:17

RESES ANGGOTA DPRD BANYUASIN TAMPUNG USULAN MASYARAKAT 

MUBA - 18-April-2024, 20:40

Jalankan Instruksi Pj Bupati Apriyadi, Perusahaan di Jirak Jaya Gerak Cepat Perbaiki Jalan Rusak 

PALEMBANG - 18-April-2024, 18:10

Kapolda berikan Apresiasi dan PIN Emas Buat Polisi, Sukses Ungkap Pembunuhan Sadis Dalam Waktu 1 X 24 Jam 

BANYU ASIN 18-April-2024, 18:09

MENTERI PUPR RI TINJAU TOL TRANS SUMATERA 

PALEMBANG - 18-April-2024, 17:26

Kapolda Sumsel Bersama Pj Gubernur Sumsel Hadiri Rakor Isu-Isu Strategis Pilkada 

LAHAT - 18-April-2024, 17:06

PEMILU AMAN, POLRES LAHAT DI APRESIASI BADKO HMI SUMSEL

MUBA - 18-April-2024, 11:56

Pemkab Muba Siap Dukung Pelantikan Serentak Pengurus IPNU – IPPNU 

MUBA - 18-April-2024, 11:54

Pemkab Muba Rapat Pembahasan Pengelolaan BMN 

OKU - 17-April-2024, 23:19

Kapolres OKU Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional

PALEMBANG - 17-April-2024, 21:21

Wakapolda Sumsel menerima Tim Wasops Itwasum Polri Dalam rangka Operasi Ketupat Musi 2024 Polda Sumsel 

MUBA - 17-April-2024, 21:20

Tomas dan Tokoh Agama Hingga Pemerintah Pusat Apresiasi Peralihan Listrik di Muba 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE