ISI

Kesiapan Masyarakat Dalam Menghadapi Transformasi Digital.


20-August-2021, 13:59


OGAN ILIR – PROVINSI SUMATERA SELATAN Senin (02/08/2021), jam 13.00 WIB Sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital maka Kementerian Komunikasi dan Informatika selain meningkatkan infrastruktur digital, juga melakukan program pengembangan sumber daya manusia talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aptika memiliki target hingga tahun 2024 untuk menjangkau 50 juta masyarakat agar mendapatkan literasi di bidang digital dengan secara spesifik untuk tahun 2021.

Target yang telah dicanangkan adalah 12,5 juta masyarakat dari berbagai kalangan untuk mendapatkan literasi dibidang digital. Hal ini menjadi sangat penting untuk dilakukan mengingat penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Internet saat ini sudah semakin masif dan pentingnya peningkatan kemampuan dan pemahaman masyarakat dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan internet yang benar melalui implementasi program literasi digital di daerah. Berkenaan dengan hal tersebut, Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 pilar digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital dimana masing masing kerangka mempunyai beragam tema. Sebagai Keynote Speaker, Bupati Kabupaten Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, S.H memberikan sambutan tujuan Literasi Digital agar masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital, bermanfaat dalam membangun daerahnya masing masing oleh putra putri daerah melalui digital platform. Presiden RI, Bapak Jokowi juga memberikan sambutan dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Pemaparan pertama oleh Dr. HARLIANTARA,Drs., M.Si seorang Dosen dan Content Creator membawakan pilar KEAMANAN DIGITAL yang bertema “REKAM JEJAK DIGITAL DI RANAH PENDIDIKAN” Harlianta menjelaskan tentang transformasi digital dan prospek digital di Indonesia, dimana saat ini dibutuhkan sumberdaya manusia yang lebih digitalize. Pilihannya adalah akan menjadi apa di era digital saat ini? Apakah mau jadi investor, seorang profesional seperti inluencer, youtuber, sosmed specialist, technopreneur atau sebagai tradisional preneur? Di bisnis digital, masih banyak kesempatan dan potensi untuk digali, karena banyak investor yang ingin masuk karena Indonesia mempunyai populasi yang besar. Harlianta menerangkan kita harus mempersiapkan skill untuk menunjang industri di masa depan. Contoh skill di masa depan antara lain Complex Problem Solving, Social Skill, Process Skill, Cognitive Skill dan sebagainya. Manusia jaman sekarang menurut Harlianta adalah berjiwa wirausaha, digital minded, inovatif dan kolaburatif.

Dilanjutkan dengan pilar KECAKAPAN DIGITAL, oleh RANA RAYENDRA, S.IKom yang menjabat sebagai CEO of Bicara Project dengan tema “TIPS AND TRICK BERTRANSAKSI SECARA DIGITAL DENGAN MUDAH DAN AMAN”. Rana menerangkan ada saat ini ada beberapa jenis transaksi digital diantaranya transfer online, dompet digital, pinjaman online dan sebagainya. Khusus untuk penggunaan transaksi, menurut data Markplus.inc bahwa Shopee Pay menjadi e wallet yang paling disukai (31%)sekaligus paling direkomendasikan pada orang lain (25%) karena dianggap menawarkan promo yang menarik. Mengapa harus menggunakan e wallet? Karena mudah, cepat, aman dan banyak promonya. Tapi ada hal yang harus diwaspadai antara lain hindari aplikasi non OJK, pemalsuan data, gagal bayar dan multiple account. Tips nya agar aman, adalah teliti, tentukan tujuan, budayakan membaca terlebih dahulu dan mengalokasikan dana maksimal 20% dari penghasilan.

Untuk pilar BUDAYA DIGITAL, dibawakan oleh Dosen UIN Raden Fatah, Palembang yaitu FIRMANSYAH, M.Pd.I. dengan materi “MEMAHAMI MULTIKULTURALISME DALAM RUANG DIGITAL”. Menurut Firmansyah ada beberapa asumsi keanekaragaman yaitu aneka ragam identitas budaya terutama isu SARA. Masyarakat yang majemuk menunjukan keanekaragaman suku bangsa dan budaya. Budaya merupakan suatu pola hidup menyeluruh, budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas dan banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Di akhir pemamaparannya, Firmansyah menjelaskan tentang NETIQUETTE (Network Etiquette) yaitu gunakan internet untuk hal yang positif dan bermanfaat, Gunakan bahasa yang baik, benar, dan dapat dipahami. Jangan menghina orang dalam bentuk apapun, terutama terkait isu sara, hati-hati terhadap berita hoax, saring sebelum sharing, dan jangan pernah memberikan atau membagikan informasi pribadi, kecuali untuk kepentingan yang sudah dipastikan keamanannya.

Narasumber terakhir oleh NS JUM NATOSBA, M.Kep., Sp.Kep. Mat, Dosen Keperawatan Universitas Sriwijaya, yang memaparkan di pilar ETIKA DIGITAL dengan materi “DIGITAL LITERACY FOR PARENTS : SUITABLE SAFE INTERNET FOR MINOR AND TEENS”. Ada 2 jenis digital sesuai era nya yaitu Digital Native yang mengenal teknologi sejak usia dini dan Digital Migrant yang tumbuh sebelum era teknologi populer. Ada beberapa dampak penggunaan teknologi terhadap anak remaja diantaranya sulit berkomunikasi apabila sang anak sedang fokus menggunakan gadget, anak akan lebih agresif, terbiasa berbicara tidak sopan dan sebagainya. Sedangkan alasan orang tua memberikan telepon selular ke anak sejak dini agar mudah dihubungi, tidak ada waktu bersama anak dan agar anak tidak menangis. Tantangan internet bagi orang tua adalah kemudahan akses internet sehingga kurang terkontrol situs yang dikunjungi, adanya kebebasan dari anak dan anak ebih mengerti tentang internet. Selanjutnya Jum memberikan tips pengasuhan digital kepada para orang tua, antara lain dampingi anak saat mengakses internet, menyeleksi konten yang sesuai dengan umur anak, memahami konten yang disediakan oleh media digital serta berkolaburasi menciptakan konten digital yang positif. Aplikasi yang dapat menunjang perkembangan anak diantaranya duolingo, kindle, how to make origami, PBS Kids, Bobo.id dan banyak lagi.Webinar diakhiri dengan sharing session oleh Key Opinion Leader yaitu BAYU OKTARA seorang Pubic Figure, TV Host, dan MC yang menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber, antara lain saat ini dibutuhkan skil digital yang tinggi agar sumberdaya manusia di Indonesia dapat bersaing di kancah internasional, tapi tetap jangan melupakan dan tetap menjaga budaya Indonesia. Saat ini, digital platform memberikan kemudahan dalam bertransaksi yaitu dengan adanya dompet digital tapi tetap harus waspada. Diakhir session nya, Bayu memberikan pesan terhadap para orang tua agar tetap mendampingi putra putrinya dalam menggunakan dawai dan mengakses internet, karena ada dampak psikologis yang buruk apabila anak salah dalam menyikapi teknologi digital. (Asmara Nian)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

BANYU ASIN 21-April-2024, 10:43

Dr KONAR ZUBIR SH, MH SERAHKAN FORMULIR PENDAFTARAN BACALON BUPATI BANYUASIN 

LAHAT - 20-April-2024, 21:15

Tekan Jalur KA Maut, Pemkab Lahat Perketat Penjagaan 

LAHAT - 20-April-2024, 21:10

PJ Bupati Lahat Bersihkan Taman Ribang Kemambang

PAGAR ALAM - 20-April-2024, 12:55

MOBIL TERPEROSOK DI LIKUAN ENDIKAT, LALIN KENDARAAN MACET TOTAL

LAHAT - 19-April-2024, 20:37

Warga Kelurahan Sari Bungamas Sambangi Kediaman YM 

MUBA - 19-April-2024, 20:36

Kunjungi Kecamatan Sungai Keruh, Pj Bupati Muba Serahkan Berbagai Bantuan untuk Warga 

MUBA - 19-April-2024, 20:35

Tower Telkomsel On Air di Dua Desa Babat Supat, Warga Ucapkan Terima Kasih ke Pj Bupati Apriyadi Mahmud 

LAHAT - 19-April-2024, 17:48

Dukcapil Lahat, Warga Pseksu Keluhkan Pelayanan Pembuatan E-KTP 

OKU - 19-April-2024, 17:03

Kapolres OKU Pantau SiDokkes Polres OKU Yang Gelar Rikkes Berkala Tahun 2024

BANYU ASIN 19-April-2024, 13:31

PJ BUPATI BANYUASIN BUKA MUSRENBANG RPJPD 2024 

BANYU ASIN 19-April-2024, 13:15

RESES ANGGOTA DPRD BANYUASIN TAMPUNG USULAN MASYARAKAT 

PALEMBANG - 19-April-2024, 11:44

Kapolda Menerima Ka BNNP Sumsel Beserta Staff 

LAHAT - 18-April-2024, 21:50

Inginkan Perubahan, Masyarakat 7 Kecamatan Deklarasikan Dukung YM 

LAHAT - 18-April-2024, 21:33

Pj Bupati Lahat Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal Seluruh OPD dan ASN 

BANYU ASIN 18-April-2024, 21:17

RESES ANGGOTA DPRD BANYUASIN TAMPUNG USULAN MASYARAKAT 

MUBA - 18-April-2024, 20:40

Jalankan Instruksi Pj Bupati Apriyadi, Perusahaan di Jirak Jaya Gerak Cepat Perbaiki Jalan Rusak 

PALEMBANG - 18-April-2024, 18:10

Kapolda berikan Apresiasi dan PIN Emas Buat Polisi, Sukses Ungkap Pembunuhan Sadis Dalam Waktu 1 X 24 Jam 

BANYU ASIN 18-April-2024, 18:09

MENTERI PUPR RI TINJAU TOL TRANS SUMATERA 

PALEMBANG - 18-April-2024, 17:26

Kapolda Sumsel Bersama Pj Gubernur Sumsel Hadiri Rakor Isu-Isu Strategis Pilkada 

LAHAT - 18-April-2024, 17:06

PEMILU AMAN, POLRES LAHAT DI APRESIASI BADKO HMI SUMSEL

MUBA - 18-April-2024, 11:56

Pemkab Muba Siap Dukung Pelantikan Serentak Pengurus IPNU – IPPNU 

MUBA - 18-April-2024, 11:54

Pemkab Muba Rapat Pembahasan Pengelolaan BMN 

OKU - 17-April-2024, 23:19

Kapolres OKU Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional

PALEMBANG - 17-April-2024, 21:21

Wakapolda Sumsel menerima Tim Wasops Itwasum Polri Dalam rangka Operasi Ketupat Musi 2024 Polda Sumsel 

MUBA - 17-April-2024, 21:20

Tomas dan Tokoh Agama Hingga Pemerintah Pusat Apresiasi Peralihan Listrik di Muba 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE