ISI

HNU Dan Gubernur Sumsel Resmikan Jaringan Listrik di Kecamatan SDU


27-July-2021, 22:56


Muara Enim, sriwijayaonline.com – Sebagai bentuk wujud nyata dan kesungguhan pemerintah dalam mewujudkan energi yang berkeadilan. Pj. Bupati Muara Enim, H Nasrun Umar (HNU) yang mendampingi Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru melakukan Peresmian Jaringan Listrik PT. PLN (Persero) di 7 Desa di Sumsel, di Desa Pelakat Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU) Kabupaten Muara Enim.

Diketahui, Desa yang diresmikan diantaranya yakni Desa Pelakat, Desa Danau Gerak dan Desa Tanjung Agung, Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU).

Selain meresmikan Jaringan Listrik PT. PLN (Persero), Gubernur Sumatera Selatan dan Pj. Bupati Muara Enim menyerahkan Bantuan Sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19 secara simbolis perwakilan 3 orang dari masyarakat Semendo Darat Ulu (SDU), Semendo Darat Tengah (SDT), dan Semendo Darat Laut (SDL).

Diawal acara juga dilakukan penanyangan Vidio Progres Pengerjaan Listrik di Desa Pelakat,Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU), lalu Sambutan Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan, PT.PLN (persero), M.Iqbal Nur, melalui tayangan vidio

Dalam sambutannya Pj. Bupati Muara Enim melaporkan kepada Gubernur Sumatera Selatan bahwa atas nama pemerintah dan masyarakat Semende Raya sangat bersyukur dan berbahagia karena 3 (tiga) desa diujung barat Provinsi Sumatera Selatan ini, yaitu Desa Pelakat, Desa Danau Gerak dan Desa Tanjung Agung yang selama ini menikmati listrik dengan Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLMH), akhirnya dapat dialiri jaringan listrik dari PT. PLN.

Lebih lanjut, Pj. Bupati sampaikan bahwa rasio desa berlistrik di Kabupaten Muara Enim saat ini sebesar 99,6 % dan rasio kepala keluarga atau rumah tangga berlistrik sebesar 87,97 %. Dengan adanya penambahan jaringan listrik di 3 desa hari ini dengan taksiran sebanyak 4.419 kepala keluarga, maka akan meningkatkan nilai total rasio elektrivikasi Provinsi Sumatera Selatan sari 98,01% menjadi 99,00% dan secara spesifik peningkatan rasio desa berlistrik PLN di Provinsi Sumatera Selatan naik dari 98,77% menjadi 98,89%.

Pada kesempatan yang sama pula Pj. Bupati sampaikan ucapan terimakasih kepada manajemen PT. PLN (Persero) yang dalam hal ini dihadiri langsung oleh, Bambang Dwiyanto, General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu.

Selain resmikan PJL, Pemkab Muara Enim juga mendapat bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility PT. PLN (Persero) sebesar Rp. 170.000.000,- (seratus tujuh puluh juta rupiah) untuk pengembangan 7 kegiatan sarana dan prasarana di Kampung Malaka, Desa Kertamulya di Kecamatan Gelumbang.

Terakhir dirinya berharap sentuhan dari Gubernur Sumatera Selatan dan juga PT. PLN (Persero) untuk dapat menambah jaringan listrik di Dusun IV Desa Babatan Kecamatan Semendo Darat Laut (SDL), Desa Segamit dan Desa Tanjung Tiga, Kecamatan Semendo Darat Tengah (SDT).

“Jadi pak Gubernur, dari wilayah Semendo Raya ini masih ada 3 desa yang belum teraliri jaringan listrik PLN, untuk itu kiranya dapat segera di respon dan di aliri listrik agar sama seperti desa lainnya. Dengan adanya aliran listrik ini maka akan meningkatkan kinerja dari pada masyarakat Semendo, agar taraf hidup naik seiring dengan perekonomian yang membaik,”pinta HNU dalam kesempatan itu.

“Saya ucapkan selamat kepada 3 desa di SDU, semoga dapat memberikan manfaat dan peningkatan kualitas hidup, hal ini merupakan wujud nyata dari keseriusan pak gubernur dalam mewujudkan kehidupan masyarakat sumsel yang lebih layak,”tambahnya.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kerjasama dan kepedulian PT PLN persero dan khususnya kepada bapak Gubernur yang kita cintai, semoga dengan kehadirian bapak gubernur dapat memberikan semangat dan motivasi baru untuk meningkatkan kualitas Padi dan kopi dari wilayah Semendo ini,”tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru mengawali sambutannya mengucapkan terimakasih kepada PT PLN yang telah memberikan kemudahan bagi wilayah Semende ini. “Belum tentu semua rakyat kita ini dapat menikmatinya, dan wilayah kabupaten Muara Enim adalah sentralnya pemasok energi di pulau Sumatera,”ucap Herman Deru, yang akrap  di sapa HD ini.

“Kepada Bupati saya pesankan, wilayah Semendo ini adalah 3 kecamatan yang tetap bertahan dengan adatnya, tapi bukan berarti masyarakat Semendo Raya ini tidak dapat di ajak modern, kita lestarikan adat istiadatnya, diiringi dengan masuknya moderenisasi secara perlahan,”terang HD.

Lebih lanjut kata HD berharap kepada dinas perkebunan untuk lebih memperhatikan lagi perkebunan kopi diSemendo ini agar kualitas dan kuantitas kopi Semendo ini semakin membaik.

“Masalah kopi ini agar dari proses panen hingga pengelolaan lebih higenis lagi serta dalam proses packing untuk lebih diperhatikan agar menarik perhatian konsumen serta meningkatkan harga jual,”pintanya.

Sedangkan untuk masalah kelistrikan HD meminta di tahun 2022 kita selesaikan masalah listrik di wilayah Semendo ini.

Kemudian untuk masalah bansos, HD mengungkapkan kemarin telah di beli 1 ton beras yang akan di bagikan kepada masyarakat yang terkena dampak PPKM Covid-19.

Terakhir untuk masalah kampung Malaka, HD juga mengucapkan terima kasihnya kepada PT PLN yang telah memberikan CSR. “Saya minta kampung wisata ini di manfaatkan, syukur-syukur dapat menambah income bagi masyarakat setempat nantinya,”pungkasnya.

Penyerahan Bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kampung Malaka sendiri secara simbolis dilakukan oleh General Manager PT.PLN (persero) Unit Induk Wilayah (ULW) Sumatera Selatan,Jambi dan Bengkulu, Bambang Dwiyanto.

Lalu diakhir acara dilakukan penekanan tombol sirine, sebagai tanda telah diresmikannya jaringan listrik di 7 desa di Sumsel, yang dilanjutkan dengan penyalaan listrik di SMP Negeri 4 Semendo Darat Ulu.

Hadir dalam acara tersebut, Dandim 0404 Muara Enim,Letkol Inf Erwin Iswari, S.Sos, M.Tr, Kapolres Muara Enim,AKBP.Danny H.A.Sianipar,SIK, Anggota DPRD, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Muara Enim, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum, PT PLN S2JB, Iqwan Bahri, Manager PLN UP2K Sumatera Selatan, Ramdani Agustiansah,Manager PLN UP3 Lahat,Triono, pejabat utama Pemrov Sumatera Selatan dan Kabupaten Muara Enim, Asisten, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Dinas Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim, 3 Camat di Semendo Raya, yakni Camat SDU, H.Cholid Tri Aquarian,S.STP M.Si, Camat SDL, Edi Suprianto, dan Camat SDT, Khairul,S.Sos, serta tokoh agama,tokoh masyarakat,alim ulama, insan pers, dan undangan lainnya.

(Ali).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

BANYU ASIN 21-April-2024, 10:43

Dr KONAR ZUBIR SH, MH SERAHKAN FORMULIR PENDAFTARAN BACALON BUPATI BANYUASIN 

LAHAT - 20-April-2024, 21:15

Tekan Jalur KA Maut, Pemkab Lahat Perketat Penjagaan 

LAHAT - 20-April-2024, 21:10

PJ Bupati Lahat Bersihkan Taman Ribang Kemambang

PAGAR ALAM - 20-April-2024, 12:55

MOBIL TERPEROSOK DI LIKUAN ENDIKAT, LALIN KENDARAAN MACET TOTAL

LAHAT - 19-April-2024, 20:37

Warga Kelurahan Sari Bungamas Sambangi Kediaman YM 

MUBA - 19-April-2024, 20:36

Kunjungi Kecamatan Sungai Keruh, Pj Bupati Muba Serahkan Berbagai Bantuan untuk Warga 

MUBA - 19-April-2024, 20:35

Tower Telkomsel On Air di Dua Desa Babat Supat, Warga Ucapkan Terima Kasih ke Pj Bupati Apriyadi Mahmud 

LAHAT - 19-April-2024, 17:48

Dukcapil Lahat, Warga Pseksu Keluhkan Pelayanan Pembuatan E-KTP 

OKU - 19-April-2024, 17:03

Kapolres OKU Pantau SiDokkes Polres OKU Yang Gelar Rikkes Berkala Tahun 2024

BANYU ASIN 19-April-2024, 13:31

PJ BUPATI BANYUASIN BUKA MUSRENBANG RPJPD 2024 

BANYU ASIN 19-April-2024, 13:15

RESES ANGGOTA DPRD BANYUASIN TAMPUNG USULAN MASYARAKAT 

PALEMBANG - 19-April-2024, 11:44

Kapolda Menerima Ka BNNP Sumsel Beserta Staff 

LAHAT - 18-April-2024, 21:50

Inginkan Perubahan, Masyarakat 7 Kecamatan Deklarasikan Dukung YM 

LAHAT - 18-April-2024, 21:33

Pj Bupati Lahat Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal Seluruh OPD dan ASN 

BANYU ASIN 18-April-2024, 21:17

RESES ANGGOTA DPRD BANYUASIN TAMPUNG USULAN MASYARAKAT 

MUBA - 18-April-2024, 20:40

Jalankan Instruksi Pj Bupati Apriyadi, Perusahaan di Jirak Jaya Gerak Cepat Perbaiki Jalan Rusak 

PALEMBANG - 18-April-2024, 18:10

Kapolda berikan Apresiasi dan PIN Emas Buat Polisi, Sukses Ungkap Pembunuhan Sadis Dalam Waktu 1 X 24 Jam 

BANYU ASIN 18-April-2024, 18:09

MENTERI PUPR RI TINJAU TOL TRANS SUMATERA 

PALEMBANG - 18-April-2024, 17:26

Kapolda Sumsel Bersama Pj Gubernur Sumsel Hadiri Rakor Isu-Isu Strategis Pilkada 

LAHAT - 18-April-2024, 17:06

PEMILU AMAN, POLRES LAHAT DI APRESIASI BADKO HMI SUMSEL

MUBA - 18-April-2024, 11:56

Pemkab Muba Siap Dukung Pelantikan Serentak Pengurus IPNU – IPPNU 

MUBA - 18-April-2024, 11:54

Pemkab Muba Rapat Pembahasan Pengelolaan BMN 

OKU - 17-April-2024, 23:19

Kapolres OKU Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional

PALEMBANG - 17-April-2024, 21:21

Wakapolda Sumsel menerima Tim Wasops Itwasum Polri Dalam rangka Operasi Ketupat Musi 2024 Polda Sumsel 

MUBA - 17-April-2024, 21:20

Tomas dan Tokoh Agama Hingga Pemerintah Pusat Apresiasi Peralihan Listrik di Muba 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE