ISI

Literasi Digital Kota Tebing Tinggi – Sumatera Selatan


17-June-2021, 18:30


Tebing Tinggi – Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk meng edukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 Kota / Kabupaten area Sumatera II, mulai dari Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI / Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam thema.

Sebagai Keynote Speaker, Wali Kota Tebing Tinggi yaitu Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M memberikan sambutan tujuan Literasi Digital agar masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital, bermanfaat dalam membangun daerahnya masing masing oleh putra putri daerah melalui digital platform. Bp. Presiden RI, Bapak Jokowi juga memberikan sambutan dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

DIGITAL SKILL – Bp. DWI WAHYUDI, SE (Pengurus Wilayah RTIK Indonesia) Thema : “TREN PEKERJAAN DAN USAHA DI DUNIA DIGITAL” Beberapa jenis bidang pekerjaan yang banyak dibutuhkan di era Digital : 1. Social Media Specialist. 2. Content Writer. 3. Video Creator. 4. Design Graphis. 5. Data Analysis. 6. Web Designer.

Sedangkan menurut Dwi, sumber penghasilan baru saat ini, antara lain : • Blogger. • Youtuber. • Podcaster. • Influencer, KOL dan Selegram.Untuk modal awal : ada niat dan kemampuan, Smartphone, Laptop, Professional Camera serta pendukung lainnya.

Selanjutnya, di pemaparan terakhir, Dwi memberikan tips anti nganggur, yaitu : • Tekadkan Niat dan Selalu Berdo’a. • Belajar dan Berlatih Mengembangkan Diri Sesuai Keahlian Dasar dan Hobi. • Mempelajari Potensi dari Berbagai Referensi dan Literasi. • Belajar Bahasa Asing Minimal Pasif. • Memiliki Keterampilan Public Speaking (Opsional ). • Membangun Personal Branding. • Rajin Bersosialisasi dan Mencari Jejaring atau Relasi.

DIGITAL CULTURE – Bp. ADE TRI PUTRA (Staff IT Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Sistem Informasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Deli Serdang) Thema : “PERAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENGUBAH MINDSET KONSUMTIF MENJADI LEBIH PRODUKTIF” Memberikan pemaparan singkat, Ade menjelaskan, secara umum yang dimaksud dengan Literasi Digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat dan mengkomunikasikan konten/informasi, dengan kecakapan kognitif maupun teknikal. Lebih lanjut dijelaskan Ade, telah adanya dukungan penuh dari Pemerintah terhadap UMKM, antara lain : 1. Perijinan berusaha di per mudah untuk UMKM. 2. Gerakana Nasional Bangga Buatan Indonesia. 3. Tersedianya e Commerce bagi pelaku UMKM. 4. Selalu mengikuti tren. beberapa jenis pekerjaan sampingan secara online yang bisa dilakukan, seperti : Disain Grafis, Disain Web, Editor Foto, dan menjadi content creator.

DIGITAL SAFETY – Bp. MUHAMAD RIDWAN ARIF, M.Pd (Praktisi Pendidikan dan Relawan TIK) Thema : “PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN AJARAN TENTANG KEAMANAN INTERNET UNTUK ANAK” Dalam penjelasan di webinar, Muhammad Ridwan memberikan beberapa ilustrasi berupa kartun yang menggambarkan perbandingan jaman dahulu dengan jaman sekarang. Contoh 1 : Anak anak dahulu bercita cita menjadi dokter atau astronot, jaman sekarang anak anak ingin menjadi blogger, influencer atau freelancer. Contoh 2 : Dahulu seorang anak menjawab pertanyaan ibunya tentang hasil ulangan matematika, sekarang apabila seorang ibu bertanya tentang kegiatannya maka akan dijawab silahkan cek videonya di Youtube. Ada pepatah yang disebutkan Muhammad Ridwan sebagai berikut : Gadget mendekatkan yang jauh tapi menjauhkan yang dekat. Sebagai contoh tidak ada komunikasi saat makan malam bersama keluarga, karena masing masing sibuk dengan handphonenya. Data dari studi yang didanai UNICEF dan dilaksanakan oleh Kominfo, bahwa 98% anak dan remaja mengenal internet dan 79,5% diantaranya adalah pengguna internet. Apa yang harus dilakukan para orang tua? 1. Orang tua harus bekerjasama yang baik dalam mendidik anak. 2. Jaga komunikasi dengan anak. 3. Cari tahu, belajar dan belajar terus. 4. Buat kesepakatan dengan anak terkait penggunaan perangkat dan media digital. 5. Pinjamkan gadget sesuai kebutuhan. 6. Ajak untuk berinteraksi di dunia maya. 7. Pilih aplikasi yang positif dan sesuai dengan usia anak. 8. Berikan penjelasan secukupnya mengenai bahaya dan manfaat perangkat dan media yang digunakan. 9. Selalu mendampingi anak. 10. Aktifkan parental control dan telusuri aktifitas anak di dunia maya.

DIGITAL ETHIC – Bp. Dr. MUHAMMAD IDRIS, MA (Dosen STAI Tebing Tinggi Deli) Thema : “TIPS MENGENAI BERITA PALSU DAN VERIFIKASI” Muhammad Idris menyampaikan penjelasan media informasi sebelum internet (eletronik, cetak, dan media luar ruang) adalah sebagai pembuat / pemberi sementara masyarakat sebagai pengguna. Sedangkan pada jaman internet, setiap orang adalah pembuat, penyebar dan pengguna.Adanya keberlimpahan informasi, membuat kita harus berpikir kritis. Apakah informasi yang diterima dari internet itu selalu benar? Bagaimana menilai kualitas informasi yan diterima.

Definisi dan contoh hoax : 1. Misinformasi : Informasi salah, disebarkan oleh orang yang percaya bahwa informasi itu benar. 2. Disinformasi : Informasi salah, sengaja disebarkan oleh orang yang tahu bahwa infomasi itu salah. 3. Malinformasi : Informasi yang berdasarkan realitas tetapi digunakan untuk merugikan orang, kelompok, organisasi ataupun negara lain. Cara verifikasi, antara lain : • Cek pada sumbernya langsung (pihak berwenang), mesin pencarian: • Cek pada media yang kredibel (anggota Dewan Pers) • Cek pada situs pencari fakta, seperti: www.turnbackhoax.id, situs www.cekfakta.com • Gabung di Grup FB: Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax • Install aplikasi Hoax Buster Tools • padCeka Kalimasada (WA Mafindo) atau chatbot untuk fungsi sejenis. Nomer Kalimasada: 0859 21 600 500.

Cara menilai kualitas informasi yang diterima : Kontennya negatif atau positif, sumbernya apakah dari individu atau kelompok yang kredibel, dan cara penyampaiannya apakah provokatif atau informatif.

SHARING SESSION- AGNES ADITYA RAHAJENG (Influencer, 15,7K followers ) Disebutkan Agnes beberapa point dalam pembahasan yang telah dilakukan oleh para narasumber antara lain : • Perilaku konsumtif belum tentu baik untuk sehari-hari. • Kita harus adaptasi dengan informasi digital dan dunia digital yg begitu luas. • Peran orang tua untuk anak sangat penting ketika anak menggunakan gadget. • Audiensi di era digital bisa lebih aktif di internet karena perkembangan teknologi. (Asmara Nian)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

BANYU ASIN 21-April-2024, 10:43

Dr KONAR ZUBIR SH, MH SERAHKAN FORMULIR PENDAFTARAN BACALON BUPATI BANYUASIN 

LAHAT - 20-April-2024, 21:15

Tekan Jalur KA Maut, Pemkab Lahat Perketat Penjagaan 

LAHAT - 20-April-2024, 21:10

PJ Bupati Lahat Bersihkan Taman Ribang Kemambang

PAGAR ALAM - 20-April-2024, 12:55

MOBIL TERPEROSOK DI LIKUAN ENDIKAT, LALIN KENDARAAN MACET TOTAL

LAHAT - 19-April-2024, 20:37

Warga Kelurahan Sari Bungamas Sambangi Kediaman YM 

MUBA - 19-April-2024, 20:36

Kunjungi Kecamatan Sungai Keruh, Pj Bupati Muba Serahkan Berbagai Bantuan untuk Warga 

MUBA - 19-April-2024, 20:35

Tower Telkomsel On Air di Dua Desa Babat Supat, Warga Ucapkan Terima Kasih ke Pj Bupati Apriyadi Mahmud 

LAHAT - 19-April-2024, 17:48

Dukcapil Lahat, Warga Pseksu Keluhkan Pelayanan Pembuatan E-KTP 

OKU - 19-April-2024, 17:03

Kapolres OKU Pantau SiDokkes Polres OKU Yang Gelar Rikkes Berkala Tahun 2024

BANYU ASIN 19-April-2024, 13:31

PJ BUPATI BANYUASIN BUKA MUSRENBANG RPJPD 2024 

BANYU ASIN 19-April-2024, 13:15

RESES ANGGOTA DPRD BANYUASIN TAMPUNG USULAN MASYARAKAT 

PALEMBANG - 19-April-2024, 11:44

Kapolda Menerima Ka BNNP Sumsel Beserta Staff 

LAHAT - 18-April-2024, 21:50

Inginkan Perubahan, Masyarakat 7 Kecamatan Deklarasikan Dukung YM 

LAHAT - 18-April-2024, 21:33

Pj Bupati Lahat Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal Seluruh OPD dan ASN 

BANYU ASIN 18-April-2024, 21:17

RESES ANGGOTA DPRD BANYUASIN TAMPUNG USULAN MASYARAKAT 

MUBA - 18-April-2024, 20:40

Jalankan Instruksi Pj Bupati Apriyadi, Perusahaan di Jirak Jaya Gerak Cepat Perbaiki Jalan Rusak 

PALEMBANG - 18-April-2024, 18:10

Kapolda berikan Apresiasi dan PIN Emas Buat Polisi, Sukses Ungkap Pembunuhan Sadis Dalam Waktu 1 X 24 Jam 

BANYU ASIN 18-April-2024, 18:09

MENTERI PUPR RI TINJAU TOL TRANS SUMATERA 

PALEMBANG - 18-April-2024, 17:26

Kapolda Sumsel Bersama Pj Gubernur Sumsel Hadiri Rakor Isu-Isu Strategis Pilkada 

LAHAT - 18-April-2024, 17:06

PEMILU AMAN, POLRES LAHAT DI APRESIASI BADKO HMI SUMSEL

MUBA - 18-April-2024, 11:56

Pemkab Muba Siap Dukung Pelantikan Serentak Pengurus IPNU – IPPNU 

MUBA - 18-April-2024, 11:54

Pemkab Muba Rapat Pembahasan Pengelolaan BMN 

OKU - 17-April-2024, 23:19

Kapolres OKU Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional

PALEMBANG - 17-April-2024, 21:21

Wakapolda Sumsel menerima Tim Wasops Itwasum Polri Dalam rangka Operasi Ketupat Musi 2024 Polda Sumsel 

MUBA - 17-April-2024, 21:20

Tomas dan Tokoh Agama Hingga Pemerintah Pusat Apresiasi Peralihan Listrik di Muba 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE