ISI

17 Kabupaten dan Kota Se-Sumsel Ikuti Rapat Teknis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tahun 2020

Acara Dibuka Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM, Diwakili PLT Bupati Muara Enim H Juarsah SH

10-March-2020, 00:08


Muara Enim, sriwijayaonline.com – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru SH MM di Wakili PLT Bupati Muara Enim H Juarsah SH buka secara resmi Rapat Teknis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Se-Sumatera Selatan Tahun 2020, di Balai Agung Serasan Sekundang Muara Enim.

Acara Rapat Teknis dihadiri, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Se-Sumatera Selatan Aufa Syahrizal SP MSC, Ketua DPRD Muara Enim, Kapolres, Dandim 0404, Kajari, Wadan Rinda II Sriwijaya, Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim, Ketua PHRI Sumsel, Asisten dan Kepala OPD Muara Enim serta Para kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Se-Sumatera Selatan. Senin (9/3/2020).

Terlebih dahulu, para peserta rapat dijamu makan malam bersama, dilanjutkan pertunjukan salah satu tarian khas kabupaten Muara enim yaitu tari Lemang.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Se-Sumatera Selatan Aufa Syahrizal SP MSC selaku ketua pelaksana rapat teknis mengatakan bahwa acara dimulai hari ini dari tanggal 9 maret sampai 11 maret mendatang dengan diikuti seluruh kepala Dinas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Se-Sumsel, acarapun di pusatkan di Kabupaten Muara Enim.

“Dasar pelaksanaan kegiatan adalah merupakan program kerja tahunan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Sumsel dan kali ini adalah rapat kerja memang sengaja kita laksanakan pada awal-awal tahun dalam rangka untuk menyusun mensinkronisasikan program kerja dari masing-masing kabupaten kota dan provinsi. Tujuannya jelas acara ini atau rapat teknis ini adalah untuk mewujudkan sasaran pembangunan di bidang kebudayaan dan pariwisata Provinsi Sumatera Selatan yang kita harapkan akan menjadi program yang terpadu dan berkelanjutan kemudian.

Dalam rapat ini juga tujuan dalam menyusun program dan kegiatan pembangunan Kebudayaan Pariwisata secara Sinergi antara pemerintah pusat pemerintah provinsi dan Pemerintah kabupaten kota

Adapun sasarannya penting kita lakukan akan tersusun perencanaan atau program yang betul-betul bersinergi dan ada berkelanjutan serta ada kebersamaan penyusunan program setiap kabupaten kota Provinsi dan juga mengacu pada program dari nasional, “Kata Aufa.

Sementara itu sambutan PLT Bupati Muara Enim H Juarsah SH selaku mewakili Gubernur Sumsel H Herman Deru SH, menyambut baik serta mengapresiasi atas terselenggaranya acara rapat teknis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Se-Sumatera Selatan Tahun 2020.

“Dalam rangka pembukaan Rapat Teknis OPD Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan.
Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para undangan, para peserta Rapat dan terutama kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang telah memberikan dukungan dan fasilitas sebagai tempat penyelenggaraan Rapat Teknis OPD Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020, “Ujar Nya

Lebih Lanjut, H Juarsah mengatakan, “Kebudayaan dan pariwisata merupakan sektor yang dapat menggerakan pertumbuhan ekonomi dengan cepat, seiring dengan itu juga Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menempatkan sektor Kebudayaan dan Pariwisata sebagai sektor unggulan dalam kerangka pembangunan ekonomi di Sumatera Selatan.

Demikian pula halnya Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan Pemerintah Kabupaten/Kota lainnya untuk senantiasa berupaya mengembangkan sektor Kebudayaan dan pariwisata.

Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata akan dicapai apabila adanya dukungan dari kalangan usaha, stakeholder, pemerintah baik Pusat maupun Daerah serta masyarakat luas sebagai subyek pembangunan dalam rangka pemberdayaan ekonomi rakyat.

Berbagai komponen industri pariwisata seperti hotel, restoran/rumah makan, transportasi, cinderamata dan sebagainya selalu terkait dan memiliki ketergantungan pada produk dan jasa yang dihasilkan dari masyarakat, oleh sebab itu pengembangan pariwisata harus melibatkan masyarakat mulai dari tahap perencanaan, pengelolaan dan kepemilikannya. Dengan demikian, pengembangan pariwisata dapat menumbuhkan kepedulian, rasa memiliki dan mampu memberikan manfaat finansial bagi masyarakat. Agar peran serta masyarakat dapat lebih digerakkan secara positif, maka diperlukan mitra seperti kalangan usaha pariwisata yang bertindak sebagai mitra Pemerintah dalam memasyarakatkan kebijakan-kebijakan Pemerintah untuk mengembangkan pariwisata yang berbasis kepada masyarakat.

Kami menyambut baik penyelenggaraan Rapat Teknis OPD ini untuk penyusunan program dan kegiatan sekaligus mensinergikan kegiatan-kegiatan di Kabupaten dan Kota dengan kegiatan di Tingkat Provinsi maupun di Tingkat Nasional.

Berdasarkan visi Presiden RI, terdapat kata kunci visi yaitu negara tujuan pariwisata kelas dunia. Definisi dari negara tujuan pariwisata kelas dunia yaitu Indonesia menjadi salah satu pilihan utama Wisman dan Wisnus untuk berwisata dengan destinasi yang didukung oleh atraksi yang menarik, aksesibilitas yang mudah, dan amenitas yang berkualitas. Sehubungan dengan hal tersebut, Kenaikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Sumatera Selatan Tahun 2019 dipengaruhi oleh event-event international dan nasional seperti Turnamen Bowling World Cup (BWC) 2019, Konser Westlife, Sriw/jaya Ranau Gran Fonda 2019, Ziarah Qubro dan merapatnya kapal pesiar di Kecamatan Sungsang.

Pada tahun 2020 ini, beberapa kegiatan berskala internasional dan nasional juga akan dilaksanakan di Sumatera Selatan seperti Festival Sriwijaya 2020, MXGP Serie Palembang 2020, Srimjaya Ranau Gran Fonda 2020, A514 Supermoto International 2020, Palembang Triathlon 2020, Ziarah qubro dan lain-lain. Kita sebagai warga Sumatera Selatan patut bersyukur dan bangga, karena event-event akbar tersebut merupakan momentum untuk kita manfaatkan sebagai peluang memajukan perekonomian Sumatera Selatan. Peluang-peluang untuk memperluas pasar komoditi ekspor Sumatera Selatan terbuka luas. Keanekaragaman daya tarik wisata kita untuk dikunjungi oleh wisatawan akan kita buka seluasluasnya kepada dunia luar. Peluang-peluang investasi di berbagai sektor usaha akan kita perkenalkan kepada calon investor agar pertumbuhan ekonomi, kesempatan berusaha, dan penyerapan tenaga kerja akan meningkat di tahun-tahun mendatang. Mengantisipasi dampak positif dari penyelenggaraan event-event akbar tersebut, kita warga Sumatera Selatan harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Saya yakin dengan iklim yang kondusif disertai keramahtamahan yang kita tunjukkan, kerja keras dan produktif di sektor pariwisata adalah upaya kita untuk menggapai kesejahteraan.

Mengakhiri sambutan ini saya mengharapkan Rapat Teknis OPD Kebudayaan dan Pariwisata ini dapat membuahkan hasil yang bermanfaat bagi kemajuan Kebudayaan dan Kepariwisataan Sumatera Selatan.

Mudah-mudahan niat baik kita untuk membangun Kebudayaan dan kepariwisataan Sumatera Selatan senantiasa akan diridhoi Allah SWT, “Tutupnya, sembari membuka secara resmi rapat teknik.

Dikabarkan, besok para peserta rapat teknik akan berkunjung ke tempat wisata andalan kabupaten muara enim bernama Air terjun bedegung tepatnya di kecamatan panang enim. (Ali).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

MUBA - 10-April-2024, 11:10

Gelar Halal Bihalal Terbuka untuk Warga Muba, Pj Bupati Apriyadi Siapkan Jajanan Gerobak UMKM 

MUBA - 9-April-2024, 23:59

Pj Bupati Apriyadi Pawai Takbir Bareng Ribuan Warga Muba 

MUARA ENIM - 9-April-2024, 21:20

Babinsa Koramil 404-05/TE, Himbau Anak Muda Untuk Tidak Kebut-Kebutan Saat Bermotor

PAGAR ALAM - 9-April-2024, 19:03

Sebab Antri di ATM, Fernando Ditangkap Team Opsnal Polres Pagar Alam

OKU - 9-April-2024, 16:04

Penyandang Tuna Netra Mendapat Bingkisan Lebaran Dari Polres Oku

PAGAR ALAM - 9-April-2024, 13:53

 POLRES PAGAR ALAM GELAR PEMBAGIAN SEMBAKO KEPADA PERSONEL YANG MELAKSANAKAN OPERASI KETUPAT MUSI 2024

LAHAT - 9-April-2024, 07:51

Amankan Sandra, Tim Jagal Bandit Polres Lahat Ungkap Kasus Pengeroyokan 

LAHAT - 9-April-2024, 07:50

Kapolres Lahat Cek Pos Pam Jalur Mudik Idul Fitri 1445 H Sekaligus Berikan Bingkisan 

LAHAT - 9-April-2024, 07:49

Polres Lahat Polda Sumsel Evakuasi Penumpang Bus Marlin Alami Kerusakan 

MUBA - 8-April-2024, 22:54

Usai Salat Id, Pj Bupati Apriyadi Buka Rumah Dinas untuk Halal Bihalal dengan Warga

OKU - 8-April-2024, 21:02

Bingkisan Lebaran Dari Kapolres OKU Untuk Purnawirawan Polri Dan Warakawuri

BANYU ASIN 8-April-2024, 20:40

Kapolda Sumsel Beserta PJU, PJ Bupati dan Kapolres Banyuasin Tinjau Arus Lalin H-2 Lebaran Dibetung 

LAHAT - 8-April-2024, 20:39

Peras Sopir Uang 20 Ribu, Warga Bunga Mas Kikim Timur Dijebloskan Kepenjara 

LAHAT - 8-April-2024, 11:22

PT SMS Gelontarkan Paket Sembako Untuk Lansia di 3 Kabupaten 

LUBUK LINGGAU - 8-April-2024, 08:02

Kak Suhada Dukung Kreativitas Konten Kreator Muda Linggau

OKU - 7-April-2024, 19:55

Patroli Di Citimall Baturaja Oleh Personel Pengamanan Ketupat Musi 2024, Begini Harapan Kapolres OKU.

OKU - 7-April-2024, 19:24

Personel Pengamanan Lebaran Siagakan Jaga Kamtibmas Seputaran Kereta Api Baturaja

MUARA ENIM - 7-April-2024, 16:57

Kerja Sama Program CSR PT PGE Tbk Lumut Balai bersama KODIM 0404/Muara Enim

MUARA ENIM - 7-April-2024, 14:15

Memasuki Libur Lebaran, Babinsa Imam Udin Sambangi Pos Scurity PT SBS

MUBA - 7-April-2024, 10:37

Pj Bupati Apriyadi Siangakan Alat Berat di Titik Rawan Arus Mudik 

BANYU ASIN 6-April-2024, 23:59

HANI SYOPIAR RUSTAM BERIKAN BONUS ATLET 

LAHAT - 6-April-2024, 23:56

Dituding Serobot Lahan, Ini Penjelasan Humas PT BGG

LAHAT - 6-April-2024, 21:44

Ketua FJL Bantah Nyatakan Sikap Dukungan Saat Bukber 

BANYU ASIN 6-April-2024, 21:42

Gunakan Motor, Kapolda Sumsel Turun Langsung ke Lapangan Urai Kemacetan di Banyuasin 

LAHAT - 6-April-2024, 21:30

Syahrial Oesman : “aku ka balek duson untuk silahturahmi dengan adeng sanak kundang kance di duson laman”

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE