ISI

TP PKK Muara Enim Ikuti Lomba Tertib Administrasi Tingkat Nasional

Dihadiri Langsung Tim Penilai TP PKK Dari Pusat, didampingi oleh Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumsel

21-June-2019, 21:40


Muara Enim – Tim Penggerak (TP) PKK Muara Enim hari ini sambut kehadiran tim penilai TP PKK Pusat dalam rangka penilaian lomba tertib administrasi tingkat nasional di Desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan tahun 2019. Jumat (21/6).

Diketahui bahwa berdasarkan info yang dikabarkan dari Ketua TP PKK Muara Enim Ir. Hj. Sumarni Ahmad Yani, M.SI beberapa hari yang lalu bahwa TP PKK Muara Enim Berhasil menjadi juara 5 Besar dari Provinsi Se-Indonesia dalam lomba tertip Administrasi PKK tepat nya di Desa Sidomulyo.

Tim Penilai TP PKK Pusat dihadiri oleh, Sekretaris II TP PKK Pusat Ibu Drama. Nurhaiti, M.Pd, Wakil Bendahara TP PKK Pusat Kumalawati, SE, didampingi Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Sumatera Selatan Ibu. Hj. Fauziah Mawardi Yahya, Sekertaris TP PKK Provinsi Sumsel Ir. Hj. Endang Pratiwi, Wakil Sekretaris I TP PKK Provinsi Sumsel H.  Aminah, SE.MM, Wakil Sekretaris II TP PKK Provinsi Sumsel Hartati Hikmawi, S. Sos.

Sebelum melakukan penilaian, Terlebih dahulu Tim Penilai di hanturi menyantap sarapan pagi, dilajutkan Penilaian menuju kantor TP PKK Kabupaten Muara Enim, PKK Kecamatan Gunung Megang dan terakhir menuju ketempat acara puncak penilaian di Desa Sido Mulyo.

Turut Hadir, Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM, Wakil Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH, Wakil Ketua 1 TP PKK Muara Enim Dra. Hj. Nurhilyah Juarsah, Ketua Darma Wanita, Kepala Opd Pemkab Muara Enim, Camat dan Para Kades Gunung Megang.

Ketua TP PKK Sidomulyo Sudaryanti Ningsih, S.PD, SD dalam laporan nya menyampaikan, “Pada hari di selenggarakan Lomba Tertib Admistrasi PKK Tahun 2019 Desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang Kebupaten Muara Enim.

Desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang ini memiliki Luas Wilayah Sebesar 692,05 Ha yang terdiri dari Pemukiman seluas 68,75 Ha, Perkebunan Kelapa Sawit 520 Ha, Kas Desa 10 Ha, Fasilitas Umum 1,5 Ha, Pemakaman 2 Ha, Persawahan 12 Ha dan Peruntukan Jalan 7,8 Ha, dengan jumlah KK Sebanyak 332 KK dan terdiri dari 11 Rukun Tetangga .” Jelasnya

” Desa Sidomulyo dalam menjalankan Program -program PKK desa dalam Kehidupan masyarakat diberdayakan Kelompok-kelompok wanita meliputi : Kelompok Wanita tani sebanyak 4 kelompok, Kelompok Desa Wisma sebanyak 22 kelompok, Kelompok UP2K sebanyak 5 kelompok, Kelompok Pengajian sebanyak 2 kelompok, Kelompok Bina Keluarga Balita, Kelompok Posyandu sebanyak 2 kelompok, Kelompok PAUD/TK Kelompok Juru Pemantau Jentik yang Alhamdulillah berjalan  dengan baik dan telah banyak mendapatkan Prestasi yang membanggakan, Untuk Kelangsungan Kegiatan-kegiatan PKK Desa ini mendapatkan dukungan Dana dari  beberapa Sumber dana yaitu,  Bantuan Desa yang bersumber dari Dana Alokasi Desa, Bantuan Desa yang bersumber dari Tanah Kas Desa( Sawit dan Sawah),  Bantuan dari berbagai Dinas Instansi baik berupa Pelatihan Maupun Sarana Penunjang, Bantuan Swadaya Masyarakat secara Spontanitas dalam setiap kegiatan”. Jelasnya

Dengan adanya, Sambung nya, “lomba tertib Administrasi ini kami mohon bimbingan dan arahan oleh Tim Verifikasi agar kiranya kami bisa berbuat lebih baik dan bisa mengangkat derajat kaum ibu dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara. Selain itu kepada pemerintah dan berbagi pihak untuk senantiasa memberikan dukungannya demi kemajuan Gerakan PKK menuju kehidupan yang lebih sejahtera serta meningkatnya  harkat dan martabat kaum perempuan”. Ujarnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Muara Enim Ir. Hj. Sumarni Ahmad Yani, M.SI dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada tim penilai pusat sekaligus menyampaikan harapan.

“Terima kasih Kepada Tim Penggerak TP PKK Provinsi sudah mempercayai kami Tim PKK Kab. Muara Enim untuk mengikuti Perlombaan Tertib Administrasi Nasional, Alhamdulillah PKK Sidomulyo yang mewakili Kab. Muara Enim mendapat peredikat 6 besar dimana bersaing dengan Provinsi di indonesia.

Di Informasikan bahwa Kabupaten Muara Enim ini terdiri dari 22 Kecamatan dengan 245 Desa dan10 Kelurahan dengan Luas Wilayah Sebesar 8588 Ha.

” Dalam kesempatan ini saya sampaikan sehubungan dengan Tertip Administrasi  ada 3 program yang kami buat yaitu Program Inovasi, Program Prioritas dan Program Penjabaran dari 10 Program Pokok PKK. Dalam Tertib Admistrasi kami melakukan beberapa kegiatan seperti Kegiatan Pembinaan, dimana dalam Pembinaan Desa ini kami membuat program yang namanya “Bunga Desa” dimana Bupati ngantor diDesa setiap hari Jum’at untuk melakukan pembinaan ke desa-desa. Kemudian dalam 3 bulan ini kami melakukan pemetaan desa untuk melihat potensi-potensi apa saja yang ada diDesa, sehubungan itu kami membentuk kampung-kampung sesuai dengan. Potensi desa seperti :

  1. Kampung Batik
  2. Kampung Songket, dimana nantinya kami akan membuat motif -motif songket yang menjadi ciri khas Kab. Muara Enim seperti motif  rumah adat, Tengkiang, Badas, Kopi, Bunga Tanjung, Manggis dan lainnya yang nantinya pemasarannya nanti dengan kerja sama dengan Pemerintahan Kabupaten yang nantinya songket ini akan digunakan oleh seluruh ASN Kab. Muara Enim.
  3. Kampung Kerupuk di desa Lembak. Dan diinformasikan pula dalam 10 bulan ini kami sudah menerbitkan majalah yang isinya mengenai seluruh kegiatan Tim PKK Kab. Muara Enim.

selain itu kami juga telah membuat SIM PKK guna untuk mengakses data Primer Dasawisma dan bekerja Samantha dengan pihak Posyandu serta Paud/TK sehingga kita mengetahui data rilnya, Alhamdullilah tidak hanya diberikan dukungan Kebijakan Operasional dari Gubernur, Tim PKK Kab. Muara Enim juga mendapatkan Suport dari Bupati Muara Enim melalui keputusan Bupati No. 117/Keputusan/DPMD/2019 Tanggal 20 Februari 2019 tentang besaran ADD untuk kegiatan PKK.

10 Program PKK yang mencakup tentang Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Juga Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat memiliki manfaat yang lebih besar perlu disosialisasikan lagi agar dapat diakses oleh masyarakat luas termasuk para generasi milenial”. Ucap Sumarni.

Tim Penilai Pusat dalam sambutan nya yang disampaikan oleh Sekretaris II TP PKK Pusat Ibu Drama. Nurhaiti, M.Pd, mengatakan, “Sehubungan dengan di selenggarakannya Kegitan Lomba Tertib Admistrasi PKK Tahun 2019 kami memberikan Aspirasi yang setinggi -tingginya karena Baik Pemerintah Daerah, Kelurahan dan desa memberikan respon yang Positif dan Antusias masyarakat yang tinggi.

” Terkait hal tersebut Mulai tahun 2019 ini daerah yang masuk dalam nominasi menjadi 6 sesuai dengan katagori lomba, selain itu dalam Penilaian ini kami meningkatkan Penilaian dalam aspek Materi penilaian, Tahapan, Proses dan mekanisme sampai dengan penentuan juara pada saat nya nanti yang dilakukan secara berjenjang, terbuka dan akuntabel sehingga didapatkan penilaian yang Ideal dan Objektif”. Katanya.

Pada Kesempatan yang sama, Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM dalam sambutan nya mengucapkan selamat datang kepada tim penilai TP PKK dari Pusat pada lomba tertib administrasi, dirinya pun mengucapkan apresiasi atas prestasi yang di proleh oleh TP PKK Muara Enim

“Saya Selalu Kepala Daerah Kabupaten Muara Enim sangat mendukung dan mengapresiasi di selenggarakannya Penilaian dan Evaluasi Tertib Admistrasi TP PKK  Tahun 2019, karena akan semakin memacu Desa dan kelurahan untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki Serta dapat diperoleh masukan yang berguna bagi perkembangan diwaktu mendatang.

“Melalui kegiatan Evaluasi Lomba ini juga akan meningkatkan peran Aparatur Pemerintah dalam membina dan memberdayakan masyarakat serta mendorong partisipasi masyarakat dalam percepatan pembangunan sehingga akan tercipta masyarakat yang Sejahtera.” Ungap Ahmad Yani.

“Gerakan PKK telah banyak berperan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, hal ini dapat kita lihat dari kegiatan TP PKK di semua tingkatan yang selalu ambil bagian dalam Program -program pemerintah yang bertujuan mensejahterakan keluarga yang mana bekerja sama dengan Dinas Instansi terkait bersama – sama menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki suatu desa, terutama para Ibu-ibu dan remaja putri agar lebih maju”. Tutup nya.

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

LAHAT - 18-April-2024, 21:33

Pj Bupati Lahat Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal Seluruh OPD dan ASN 

BANYU ASIN 18-April-2024, 21:17

RESES ANGGOTA DPRD BANYUASIN TAMPUNG USULAN MASYARAKAT 

MUBA - 18-April-2024, 20:40

Jalankan Instruksi Pj Bupati Apriyadi, Perusahaan di Jirak Jaya Gerak Cepat Perbaiki Jalan Rusak 

PALEMBANG - 18-April-2024, 18:10

Kapolda berikan Apresiasi dan PIN Emas Buat Polisi, Sukses Ungkap Pembunuhan Sadis Dalam Waktu 1 X 24 Jam 

BANYU ASIN 18-April-2024, 18:09

MENTERI PUPR RI TINJAU TOL TRANS SUMATERA 

PALEMBANG - 18-April-2024, 17:26

Kapolda Sumsel Bersama Pj Gubernur Sumsel Hadiri Rakor Isu-Isu Strategis Pilkada 

LAHAT - 18-April-2024, 17:06

PEMILU AMAN, POLRES LAHAT DI APRESIASI BADKO HMI SUMSEL

MUBA - 18-April-2024, 11:56

Pemkab Muba Siap Dukung Pelantikan Serentak Pengurus IPNU – IPPNU 

MUBA - 18-April-2024, 11:54

Pemkab Muba Rapat Pembahasan Pengelolaan BMN 

OKU - 17-April-2024, 23:19

Kapolres OKU Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional

PALEMBANG - 17-April-2024, 21:21

Wakapolda Sumsel menerima Tim Wasops Itwasum Polri Dalam rangka Operasi Ketupat Musi 2024 Polda Sumsel 

MUBA - 17-April-2024, 21:20

Tomas dan Tokoh Agama Hingga Pemerintah Pusat Apresiasi Peralihan Listrik di Muba 

MUBA - 17-April-2024, 21:19

Pj Bupati H Apriyadi Mahmud Sambut Audiensi Jajaran BPR Sumsel Cabang Sekayu 

PAGAR ALAM - 17-April-2024, 20:48

HARI KEDUA PEMBUKAAN PENJARINGAN CAWAKO PAGARALAM MULAI RAMAI 

BANYU ASIN 17-April-2024, 14:20

HUT BANYUASIN KE 22 BERIKESAN KEMASYARAKAT 

MUBA - 16-April-2024, 20:34

Muba Siap Jadi Tuan Rumah Porseniwada Sumsel 2024 

LAHAT - 16-April-2024, 19:31

Pj Bupati Lahat Gelar Apel Sekaligus Halal Bihalal Bersama ASN 

LAHAT - 16-April-2024, 19:03

Polres Lahat, Polda Sumsel Gelar Halal Bihalal

BANYU ASIN 16-April-2024, 17:40

PJ BUPATI BANYUASIN SIDAK DI INSTANSI 

MUARA ENIM - 16-April-2024, 16:26

Babinsa Sugi Waras, Kebutkan Silaturrahmi Untuk Tingkatkan Keamanan 

MUARA ENIM - 16-April-2024, 13:54

Babinsa Koramil 404-05/TE, Komsos Sekaligus Silaturrahmi Dengan Ketua Adat 

MUBA - 16-April-2024, 12:10

Hari Pertama Kerja Bagikan Hadiah Menarik untuk Pemenang Pawai Takbiran 

MUBA - 16-April-2024, 12:07

Pj Bupati Apriyadi Pimpin Langsung Apel Bersama dan Halal Bihalal Setelah Libur Lebaran 

OKU - 15-April-2024, 23:13

Kegiatan Problem Solving Bersama Bripka Afrizal Personel Bhabinkamtibmas Polsek SBR Polres OKU.

LAHAT - 15-April-2024, 20:53

Masyarakat Saling, Kikim Area, dan Trans Nyatakan Sikap Dukung YM 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE