ISI

TP PKK Muara Enim Laksanakan Halal Bihalal

Sekaligus Pelantikan Ketua PKK Kecamatan Serta Pengukuhan Bunda Paud

17-June-2019, 20:26


Muara Enim – Bertempat di Balay Agung Serasan Sekundang (BASS), Hari ini Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Muara Enim laksanakan Halal Bihalal Bersama Bupati Dan Wakil Bupati Muara Enim, FKPD, OPD, Camat, Kades/Lurah, TP PKK Kecamatan, TP PKK Desa/Kelurahan Se Kabupaten Muara Enim Dan Pelantikan Ketua PKK Serta Pengukuhan Bunda Paud Kecamatan Semende Darat Tengah, Tanjung Agung, Panang Enim, Belimbing, Tambang Niru dan Empat Petulai Dangku Kabupaten Muara Enim. Senin (17/6).

Terlebih dahulu acara dimulai dengan menyayikan lagu indonesia raya dan lagu mars PKK, dilanjutkan pelantikan Ketua PKK Kecamatan sekaligus Pengukuhan Bunda Paud yang dilantik langsung oleh Ketua TP PKK Muara Enim Ir. Hj. Sumarni Ahmad Yani, M.SI Berdasarkan surat Keputusan Nomor : 06/KEP/PKK KAB/V/2019  Tanggal 27 Mei 2019 Tentang Pengangkatan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM dan Wakil Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH, ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kab. Muara Enim, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Muara Enim, Kepala OPD Kabupaten Muara Enim, Camat, Kepala Desa, Lurah Se Kab. Muara Enim, Ketua PKK Kab. Muara Enim dan Anggota Ketua PKK Kecamatan Desa dan Kelurahan Se Kab. Muara Enim beserta Anggota.

Ketua TP PKK Muara Enim Ir. Hj. Sumarni Ahmad Yani, M.SI dalam sambutan nya Menyampaikan, “Selamat Kepada PKK dan Bunda PAUD yang baru dilantik diantaranya PKK dan PAUD Kecamatan Semende Darat Tengah, Tanjung Agung, Panang Enim, Belimbing, Rambang Niru dan Empat Petulai Dangku Dan ucapan Selamat bagi seluruh Camat terkait  yang telah memberikan Sumbangsihnya selama menjadi Ketua Tim Penggerak Kecamatan semoga jasa-jasa bapak/ibu dalam kegiatan PKK akan bermanfaat.

Semetara itu untuk Ketua Tim Penggerak PKK yang baru kiranya program yang telah dilaksanakan oleh ketua Tim Penggerak PKK yang lama kiranya dapat terus dilanjutkan dan dapat ditingkatkan  lagi. Perlu kita ketahui bahwa selama kurun waktu 46 tahun, gerakan PKK telah ikut mengukir sejarah pembangunan nasional yang menggambarkan kekuatan besar masyarakat utamanya ibu-ibu dalam berpartisipasi membangun bangsa, sebagai ujung tombak di lapangan. PKK telah berhasil menggerakkan masyarakat dan keluarga untuk bangkit dari ketertinggalannya menuju kepada tingkat hidup yang lebih baik. PKK dengan 10 Program pokoknya merupakan aset Nasional yang mendukung berbagai program pembangunan hingga ke pedesaan dimana mekanisme kegiatan PKK dilaksanakan oleh suatu tim yaitu Tim Penggerak PKK di semua tingkat, itulah sebabnya Tim Penggerak PKK dirasakan kuat Pengorganisasiannya karena dibentuk mulai dari tingkat Pusat sampai ke Desa dan Kelurahan”. Ucap Sumarni.

Lebih Lanjutnya Sumarni mengatakan, “Terkait dengan hal diatas kepada Para Camat kiranya dapat membantu dan memfasilitasi kegiatan Tim Penggerak PKK di daerahnya dan Kepada Ibu-ibu ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dapat aktif melaksanakan kegiatan 10 Program Pokok PKK di Kecamatan serta Memonitor kegiatan Tim Penggerak PKK Desa yang ada di Daerahnya”. Pinta nya.

“Adapun pelantikan ini dilaksanakan mengikuti petunjuk hasil Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) PKK Ke VIII tahun 2015 dimana ketua TP PKK Kecamatan ditetapkan dan dilantik oleh Ketua PKK setingkat di atasnya. Serta menindak lanjuti Keputusan Bupati Muara Enim Nomor : 821.2/33/BKPSDM-2/2019, tanggal 02 Mei 2019, Tentang Pemberhentian dan pengangkatan pejabat di lingkungan pemerintahan Kabupaten Muara Enim karena secara Fungsional isteri Camat adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan. Saya berharap semoga acara pelantikan ini bukanlah semata-mata seremonial belaka, melainkan mengandung makna yang penting dan strategis, karena merupakan suatu upaya agar ibu-ibu berperan aktif dalam pembangunan terutama menunjang kegiatan suami di Daerahnya”. Ungkap nya.

Diakhir sambutan, Ketua TP PKK Muara Enim Ir. Hj. Sumarni Ahmad Yani, M.SI mengabarkan bahwa pada tanggal 20 juni ini ada tim verifikasi dari PKK Pusat dalam rangka penilaian di desa sidomulyo, disampaikan nya, PKK Muara enim masuk nominasi (5 besar dari 34 provinsi se indonesia) sehingga di percaya oleh provinsi sumsel untuk mewakili lomba tertib administrasi PKK di tingkat Pusat.

Sementraa itu Dalam kesempatannya Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM, sebelum menyampaikan sambutan, terlebih dahulu menyerahkan secara simbolis BPKB Kendaraan Dinas Roda 2 Eks Sekretaris Desa (Sekdes) PNS untuk pemerintah Desa.

“Masih dalam bulan Syawal saya mengucapkan Minal Aidzin Wal Faidzin, serta saya mengucapkan selamat dan sukses atas telah dilantiknya Ketua TIM Pengerak PKK dan Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan Empat Petulai Dangku, Rambang Niru, Belimbing, Tanjung Agung, Panang Enim Dan Semende Darat Tengah.

Dengan di lantiknya Ketua TP PKK Kecamatan yang baru saya menyampaikan agar TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah dapat terus mendukung upaya – upaya pembangunan. Khususnya di Kabupaten Muara Enim, sebab kita ketahui bersama bahwa PKK tidak seperti kelembagaan lainnya keberadaan PKK Praktis terbesar di seluruh Pelosok Nusantara. PKK adalah Gerakan Wanita yang muncul dan tumbuh dari bawah khususnya para Ibu-ibu sebagai penggeraknya, Tujuan utama Gerakan PKK adalah mewudkan keluarga Sejahtera, yaitu Keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara Kemajuan Lahir dan batin . ” Jelasnya

Adapun, Sambung Ahmad Yani, “hal-hal yang menjadi tantangan pada saat ini adalah bagaimana membudidayakan PKK sesuai dengan Eksistensinya. PKK dengan 10 Program pokoknya yakni Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Mengembangkan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup serta Perencanaan yang sehat merupakan kekuatan yang Strategis. Apabila 10 program pokok tersebut sudah membudaya, maka PKK dapat menjadi pilar yang kokoh tidak hanya berfokus pada kesejahteraan, namun PKK juga dapat menekan laju Pertumbuhan Penduduk dengan KB, melalui program pengembangan Berkoperasi, PKK Dapat menanamkan dasar Demokrasi Ekonomi. PKK juga mengenalkan Strategis untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan taraf hidup melalui UP2K”. Ungkap nya.

” Adapun Visi Gerakan PKK adalah terwujudnya keluarga sejahtera untuk menuju masyarakat Madani, yaitu masyarakat yang Maju, Mandiri, Demokratif, Partisipatif dan Sadar hukum, untuk mewujudkan visi ini yaitu dengan pemberdayaan Masyarakat. Oleh sebab itu saya berharap kepada Ketua Tim Penggerak PKK yang baru untuk dapat dapat mewujudkan tugar Visi-Misi Gerakan PKK melalui 10 program Pokok PKK. Terkait dalam hal di atas agar Ketua Tim Penggerak PKK yang baru untuk segara menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru dan segara untuk menyusun Program kerja yang akan dilaksanakan yang sesuai dengan Perpres No. 99 Tahun 2017 dan hasil Rekernas VIII PKK tahun 2015″. Katanya sembari Mengahiri sambutan dilanjutkan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad H. Agok Sarifudin dari Palembang. (Ali).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

LAHAT - 18-April-2024, 21:33

Pj Bupati Lahat Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal Seluruh OPD dan ASN 

BANYU ASIN 18-April-2024, 21:17

RESES ANGGOTA DPRD BANYUASIN TAMPUNG USULAN MASYARAKAT 

MUBA - 18-April-2024, 20:40

Jalankan Instruksi Pj Bupati Apriyadi, Perusahaan di Jirak Jaya Gerak Cepat Perbaiki Jalan Rusak 

PALEMBANG - 18-April-2024, 18:10

Kapolda berikan Apresiasi dan PIN Emas Buat Polisi, Sukses Ungkap Pembunuhan Sadis Dalam Waktu 1 X 24 Jam 

BANYU ASIN 18-April-2024, 18:09

MENTERI PUPR RI TINJAU TOL TRANS SUMATERA 

PALEMBANG - 18-April-2024, 17:26

Kapolda Sumsel Bersama Pj Gubernur Sumsel Hadiri Rakor Isu-Isu Strategis Pilkada 

LAHAT - 18-April-2024, 17:06

PEMILU AMAN, POLRES LAHAT DI APRESIASI BADKO HMI SUMSEL

MUBA - 18-April-2024, 11:56

Pemkab Muba Siap Dukung Pelantikan Serentak Pengurus IPNU – IPPNU 

MUBA - 18-April-2024, 11:54

Pemkab Muba Rapat Pembahasan Pengelolaan BMN 

OKU - 17-April-2024, 23:19

Kapolres OKU Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional

PALEMBANG - 17-April-2024, 21:21

Wakapolda Sumsel menerima Tim Wasops Itwasum Polri Dalam rangka Operasi Ketupat Musi 2024 Polda Sumsel 

MUBA - 17-April-2024, 21:20

Tomas dan Tokoh Agama Hingga Pemerintah Pusat Apresiasi Peralihan Listrik di Muba 

MUBA - 17-April-2024, 21:19

Pj Bupati H Apriyadi Mahmud Sambut Audiensi Jajaran BPR Sumsel Cabang Sekayu 

PAGAR ALAM - 17-April-2024, 20:48

HARI KEDUA PEMBUKAAN PENJARINGAN CAWAKO PAGARALAM MULAI RAMAI 

BANYU ASIN 17-April-2024, 14:20

HUT BANYUASIN KE 22 BERIKESAN KEMASYARAKAT 

MUBA - 16-April-2024, 20:34

Muba Siap Jadi Tuan Rumah Porseniwada Sumsel 2024 

LAHAT - 16-April-2024, 19:31

Pj Bupati Lahat Gelar Apel Sekaligus Halal Bihalal Bersama ASN 

LAHAT - 16-April-2024, 19:03

Polres Lahat, Polda Sumsel Gelar Halal Bihalal

BANYU ASIN 16-April-2024, 17:40

PJ BUPATI BANYUASIN SIDAK DI INSTANSI 

MUARA ENIM - 16-April-2024, 16:26

Babinsa Sugi Waras, Kebutkan Silaturrahmi Untuk Tingkatkan Keamanan 

MUARA ENIM - 16-April-2024, 13:54

Babinsa Koramil 404-05/TE, Komsos Sekaligus Silaturrahmi Dengan Ketua Adat 

MUBA - 16-April-2024, 12:10

Hari Pertama Kerja Bagikan Hadiah Menarik untuk Pemenang Pawai Takbiran 

MUBA - 16-April-2024, 12:07

Pj Bupati Apriyadi Pimpin Langsung Apel Bersama dan Halal Bihalal Setelah Libur Lebaran 

OKU - 15-April-2024, 23:13

Kegiatan Problem Solving Bersama Bripka Afrizal Personel Bhabinkamtibmas Polsek SBR Polres OKU.

LAHAT - 15-April-2024, 20:53

Masyarakat Saling, Kikim Area, dan Trans Nyatakan Sikap Dukung YM 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE