ISI

SRI KUSTINA CALEG DPR RI NO. 6 PARTAI NASDEM SAMPAIKAN UCAPAN HARI AIDS SEDUNIA


1-December-2018, 17:41[post-views]


PALI – Calon Legislatif (Caleg) Anggota DPR RI Dapil Sumsel Dua (2) nomor urut 6 dari partai Nasdem Ir. Hj. Sri Kustina Sampaikan peringatan Hari hari AIDS Sedunia yang jatuh pada hari ini tanggal 1 Desember 2018.

Dikatan nya, Setiap 1 Desember, diperingati sebagai Hari Aids Sedunia. Nah, ada sejumlah sejarah dan fakta peringatan Hari Aids Sedunia.

Seperti yang dikatakan istri Bupati Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (Pali) Ir H. Heri Amalindo ketika awak media membincanginya, Hari Aids diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Sabtu (1/12).

Setiap tahunnya, tepat pada 1 Desember diperingati sebagai Hari Aids Sedunia diharapkan kepada masyarakat untuk melakukan berbagai sosialisasi tentang penyakit Aids.

Untuk memperingati hari tersebut, Sosok Caleg Anggota DPR RI Nomor 6 dari Partai Nasdem Dapil Sumsel 2 yang sudah sangat dikenal dekat oleh masyarakat di dapil nya ini mengharapkan berbagai cara atau peran yang harus dilakukan oleh masyarakat ataupun lembaga pemerintah karna tahun ini merupakan peringatan Hari AIDS ke-29.

Menurut nya, Memperingati Hari Aids sedunia tak lengkap rasanya jika tak mengetahui tentang Hari Aids ini.

Hj. Sri Kustina pun menjelaskan kan sedikit pengetahuan yang didapatnya saat dirinya memepelajari dan bertanya kepada ahli tentang penyakit tersebut yang nantinya sosialisasi dan pencegahan tersebut akan digalakkan nya ketika dirinya terpilih menjadi Anggota DPR RI priode 2019-2023 dari berikut paparan, beberapa fakta tentang Hari Adis sedunia:

1. Awal mula

Hari AIDS pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss.

Mereka menyajikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Program AIDS Global, Ide mereka pun akhirnya disetujui oleh Dr Mann.

Drummer Metallica Unggah Foto Jokowi di Instagram Pribadinya, Ini yang Ia Tuliskan!

Tahun 1998, konsep ini digagas saat pertemuan Pertemuan Menteri Kesehatan se-dunia mengenai program-program untuk pencegahan AIDS.

Sejak saat itu, tanggal 1 Desember diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional, dan yayasan amal di seluruh dunia sebagai Hari Aids sedunia.

2. Sempat dikritik

Program Bersama PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) mulai bekerja pada 1996.

UNAIDS menciptakan kampanye AIDS sedunia pada tahun 1997 untuk melakukan komunikasi, pencegahan, dan pendidikan sepanjang tahun.

Sempat UNAIDS dikritik lantaran tema hari AIDS pada dua tahun pertama.

Saat itu, tema hari AIDS sedunia dipusatkan kepada anak-anak dan orang muda.

Tema ini mendapat kritikan lantaran semua pada kenyataannya semua usia dapat terinfeksi HIV dan menderita AIDS dan tak hanya anak-anak serta orang muda.

Joe Hart Maju hingga Luar Kotak Penalti, Rooney Sukses Ciptakan Gol dari Jarak 53 Meter

3. Jadi organisasi independen

Sebelumnya, organisasi kampanye aids sedunia belum menjadi organisasi independen.

Tahun 2004, kampanye aids sedunia menjadi organisasi independen.

Puluhan waria dan LSM peduli AIDS melakukan pawai untuk memperingati hari AIDS/HIV dunia beberapa waktu lalu (worldinn.drupada.net)

4. Tema yang berbeda setiap tahunnya

UNAIDS memimpin kampanye Hari Aids Sedunia sejak dibentuknya organisasi hari aids sedunia.

Sejak dibentuk hingga tahun 20114, UNAIDS memilih tema-tema tahunan melalui konsultasi dengan organisasi-organisasi kesehatan global lainnya.

Namun, sejak tahun 2008, tema hari aids sedunia dipilih oleh komite Pengarah Global Kampanye Hari AIDS Sedunia setelah melalui konsultasi yang luas dengan banyak pihak, organisasi, dan lembaga-lembaga pemerintah yang terlibat dalam pencegahan dan perawatan korban HIV/AID.

Hari AIDS Sedunia dari 2005 hingga 2010, temanya adalah “Hentikan AIDS, Jaga Janjinya” dengan sebuah sub-tema tahunan.

5. Lambang Aids

Pita merah menjadi lambang yang selalu dijadikan simbol kepedulian.

Simbol pita merah digunakan secara internasional untuk melambangkan perang terhadap AIDS.

Pita ini menjadi simbol keprihatinan kepada orang-orang yang terkena HIV/AIDS.

Tempe, Makanan Asli Indonesia Telah Pecahkan Rekor Dunia!

Asal mula pita ini dari sekolompok seniman yang peduli terhadap aids di New York pada tahun 1991.

Mereka menentukan simbol pita merah untuk mempersatukan dunia agar peduli terhadap penyebaran aids, Selain itu, pita ini juga melambangkan darah, gairah untuk hidup, dan melawan penyakit.

Ir. Hj. Sri Kustina Pun menjelaskan beberapa tanda-tanda kemungkinan mengidap HIV:

1. Perubahan Kuku
Kuku mengalami clubbing (penebalan dan melengkung), pemisahan kuku, atau perubahan warna (hitam atau garis cokelat baik secara vertikal maupun horizontal).

Biasanya ini disebabkan infeksi jamur, seperti kandida. Pasien dengan sistem kekebalan yang menurun akan lebih rentan terhadap infeksi jamur.

2. Infeksi Jamur
Infeksi jamur lain yang umum terjadi adalah thrush, yakni infeksi mulut yang disebabkan olehsejenis ragi Candida. “Ini adalah jamur yang sangat umum dan yang menyebabkan infeksi jamur pada wanita. Mereka cenderung muncul di mulut atau kerongkongan, sehingga menyebabkansulit menelan.”

Tandanya adalah bercak putih pada lidahnya dan sariawan.

3. Kebingungan atau Sulit Konsentrasi
Pada HIV, masalah kognitif bisa menjadi tanda demensia. Tanda ini biasanya ditemukan belakangan. Selain itu, penderita juga akan mengalami masalah memori dan masalah perilaku seperti marah atau mudah tersinggung.

Ada juga yang mengalami perubahan motorik. Seperti, menjadi ceroboh, kurang koordinasi, dangangguan keterampilan motorik halus seperti menulis dengan tangan.

4. Cold Sores dan atau Herpes Genital
Cold sores (herpes mulut) dan herpes kelamin dapat menjadi tanda dari ARS dan infeksi HIV stadium akhir.

Orang yang sebelumnya menderita herpes juga berisiko tertular HIV. Ini karena herpes genital menimbulkan borok yang memudahkan HIV masuk ke dalam tubuh saat berhubungan seks. Dan orang-orang yang memiliki HIV cenderung memiliki wabah herpes lebih parah karena HIV melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka.

5. Kesemutan dan Lemah
HIV juga dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki. Hal ini disebut neuropati perifer yang juga terjadi pada orang dengan diabetes yang tidak terkontrol.
Gejala ini dapat diobati dengan obat penghilang rasa sakit dan anti kejang, seperti gabapentin.

6.Haid Tidak Teratur
Penyakit HIV secara lanjut berisiko mengalami ketidakteraturan menstruasi, seperti periode yang lebih sedikit dan lebih ringan.

Infeksi HIV juga telah dikaitkan dengan usia menopause awal (47-48 tahun bagi perempuan yang terinfeksi dibandingkan dengan perempuan yang ttidak terinfeksi di usia 49-51 tahun).

7. Demam
Salah satu tanda pertama ARS adalah demam ringan hingga sekitar 102 derajat F. Jika tidak ada demam , tanda lain yang mengikuti adalah kelelahan, kelenjar getah bening, dan sakit tenggorokan.

“Pada titik ini virus bergerak ke dalam aliran darah dan mulai mereplikasi dalam jumlah besar,” kata Carlos Malvestutto, MD, instruktur penyakit menular dan imunologi di departemen kedokteran di NYU School of Medicine di New York City. “Seperti yang terjadi, ada reaksi inflamasi oleh sistem kekebalan tubuh.”

8. Kelelahan
Respon inflamasi yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terkepung juga dapat menyebabkan Anda merasa lelah dan lesu. Kelelahan dapat menjadi tanda awal dan kemudian HIV.

9. Pegal Otot, Nyeri Sendi, Pembengkakan Kelenjar Getah Bening
ARS sering dikira flu, mononucleosis, infeksi virus atau yang lain, bahkan sifilis dan hepatitis. Itu tidak mengherankan karena banyak gejala yang sama, termasuk nyeri pada persendian dan otot dan kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dan cenderung meradang ketika ada infeksi. Biasanya terdapat di bagian ketiak, pangkal paha, dan leher.

10. Sakit Tenggorokan dan Sakit Kepala
Perlu diingat bahwa tubuh belum menghasilkan antibodi terhadap HIV. Selidiki tes pilihan lain seperti yang mendeteksi RNA virus, biasanya dalam waktu sembilan hari dari infeksi.

11. Ruam kulit
Ruam kulit dapat terjadi lebih awal atau terlambat dalam perjalanan HIV/AIDS.

“Bisa jadi seperti bisul, dengan beberapa daerah merah muda gatal di lengan. Ruam juga dapat muncul pada batang tubuh. “Jika [ruam] tidak diketahui atau sulit diobati, ada baiknya Andamelakukan tes HIV,” kata Dr Horberg.

12. Mual, Muntah, Diare
Sekitar 30-60 persen orang yang terinfeksi HIV mengalami mual jangka pendek, muntah, atau diare tahap awal. Gejala ini juga bisa muncul sebagai akibat dari terapi antiretroviral dan kemudian di infeksi, biasanya sebagai akibat dari infeksi oportunistik.

“Diare yang tak henti-hentinya dan sulit sembuh mungkin menjadi indikasi HIV,” kata Dr Horberg.

13. Penurunan Berat Badan
Berat badan merupakan salah satu tanda penyakit yang sebagian disebabkan diare berat. “Ada juga pasien yang kehilangan banyak berat badan meski sudah makan sebanyak mungkin.”

14. Batuk Kering
Batuk kering bisa berlangsung selama satu tahun dan terus memburuk. Benadryl, antibiotik, dan inhaler tidak bisa mengatasi masalah ini.

15. Pneumonia
Batuk dan penurunan berat badan mungkin pertanda infeksi serius yang disebabkan oleh kuman yang tidak akan mengganggu Anda jika sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik.

Pneumocystis pneumonia (PCP) alias pneumonia AIDS bisa menyebabkan seseorang harus dirawat di rumah sakit.
Infeksi oportunistik lainnya termasuk toksoplasmosis, infeksi parasit yang mempengaruhi otak,merupakan sebuah jenis virus herpes yang disebut cytomegalovirus dan infeksi jamur seperti sariawan.

16. Berkeringat di Malam Hari
Sekitar setengah dari orang yang mengidap HIV berkeringat di malam hari. Hal ini tidak ada hubungannya dengan olahraga atau suhu ruangan.

“Untuk diketahui, 630.000 orang Indonesia terinveksi HIV AIDS,
Hanya 48% (sekitar 301.959) yang mengetahui bahwa mereka terinveksi HIV AIDS.

“Mari lindungi keluarga dan teman kita dari bahaya HIV AIDS.
Dan ingat, Jauhi penyakitnya bukan orangnya.

Inya Allah apabila saya terpilih menjadi Anggota DPR RI priode 2019-2023, permasalahan ini akan menjadi salah satu program saya di dunia kesehatan, Maju dan Bersatu, srikustina nasdem coblos nomor 6”. Ungkapnya saat mengakhiri perbincangan dengan awak media media ketika berada di kediaman rumah dinas Bupati Pali. (ALI).

 

 

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

  • LAHAT - 10-December-2018, 21:04

    GRPK LAHAT SISIR MOBIL BATU BARA

    MUARA LAWAI - Terkait peraturan gubernur no 74, tentang larangan angkutan batu bara melintas di jala

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

LAHAT - 7-December-2018, 18:44

GEBERAKAN PERTAMA, KAPOLRES LAHAT KUMPULKAN SEMUA WARTAWAN

BANYU ASIN 7-December-2018, 17:58

Menteri Pertanian RI Tinjau Lokasi Pengembangan Lahan Rawa Pasang Surut

BANYU ASIN 7-December-2018, 17:57

Wujudkan Personil Sehat dan Bugar, Polres Banyuasin Gelar Senam Bersama Personil

BANYU ASIN 7-December-2018, 10:48

Kapolres Banyuasin Hadiri Kunjungan Menteri RI DI Desa Telang Rejo

BANYU ASIN 7-December-2018, 10:35

Gabungan Personil Ditres Narkoba Polda Sumsel & Polres Banyuasin Gelar Razia

PALEMBANG - 7-December-2018, 05:32

PEDULI TERHADAP ANAK TERISOLASI

PALI - 6-December-2018, 22:07

PRESDIR PERTAMINA EP RESMIKAN LANGSUNG MASJID AL MUKHLISIN KOMPERTA PENDOPO

LAHAT - 6-December-2018, 17:26

BANGUN TOKO DIATAS ‘SPAL’, PEMILIK DISOAL WARGA SEKITAR

BANYU ASIN 6-December-2018, 17:23

KPU Banyuasin Terima Logistik Pemilu 2019 Dari CV Rabbani

PALEMBANG - 6-December-2018, 17:12

KODAM II/SWJ GELAR BHAKTI SOSIAL HARI JUANG KARTIKA

BANYU ASIN 6-December-2018, 17:09

Sambangi Warga Binaan, Bhabinkamtibmas Polsek Betung Sampaikan Pemilu Damai

OKU - 6-December-2018, 15:56

RS. Santo Antonio OKU Diresmikan Untuk Lebih Maksimal Dalam Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat

LAHAT - 6-December-2018, 15:45

Marwan Mansyur Letak Batu Pertama Pembangunan Sarana Olah Raga dan Water Park Griya Demang Kenasin

BANYU ASIN 6-December-2018, 14:29

Bhabinkamtibmas Polsek Talang Kelapa Lakukan Pendampingan Pembangunan Jalan Rabat Beton

PALI - 6-December-2018, 14:10

TIM BRIDGE PALI AKAN “BERLAGA” DI PADANG

BANYU ASIN 6-December-2018, 12:45

Polres Banyuasin Gelar Binrohtal

LAHAT - 6-December-2018, 12:38

WAKILI INDONESIA, BANYUASIN CETAK SEJARAH DI AJANG ASEAN ICT AWARD 2018

PAGAR ALAM - 5-December-2018, 20:46

PERIKSA RUKO PENJUAL AIR MINERAL, POLRES PAGAR ALAM TEMUKAN RIBUAN BOTOL MIRAS

BANYU ASIN 5-December-2018, 20:29

Alasan Ini Yang Membuat Efriadi Efendi Menjadi Caleg DPRD Banyuasin

BANYU ASIN 5-December-2018, 20:26

Kanit Reserse dan Kanit Binmas Polsek Betung Hadiri Deklarasi Damai Pemilu 2019

BANYU ASIN 5-December-2018, 20:24

Wujudkan Pemilu Damai, Kapolsek Muara Padang Sampaikan Pesan Kamtibmas

PAGAR ALAM - 5-December-2018, 18:41

WALIKOTA PAGAR ALAM ALPIAN MASKONI HARAPKAN PELAYANAN RSUD BESEMAH MENINGKAT

LAHAT - 5-December-2018, 18:39

PERJUANGAN TIM RJ. 6. 37 MENUJU DPR RI DAN DPD RI DISAMBUT BAIK OLEH MASYARAKAT SUMSEL

BANYU ASIN 5-December-2018, 14:42

Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Banyuasin Berikan Pembinaan Kepada Komunitas Tukang Ojek

BANYU ASIN 5-December-2018, 13:39

Berikan Pelayanan Kepada Masyarakat, Sat Lantas Polres Banyuasin Gelar Strong Point

CATATAN SRIWIJAYA

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE

VIDEO

  • film pengkhianat
  • LAGU DAERAH SUMSEL
  • BPJS KESEHATAN