ISI

Sikapi Gempa Dan Tsunami Sulteng, Dandim 0430/BA Dan Forkopimda Gelar Istighosa, Do’a Dan Zdikir Bersama


10-October-2018, 19:53[post-views]


BANYUASIN — Sikapi Musibah musibah gempa bumi dan Stunami yang melanda Kabupaten Donggala dan Palu Provinsi Sulteng, Dandim 0430 Banyuasin menggelar Shalat Istighosa, do’a dan Dzikir bersama di Masjid Al Amir komplek Perkantoran Pemkab Banyuasin. Rabu (10/10).

Giat ini berdasarkan surat perintah dari Komandan Kodim 0430/BA yang dibacakan oleh Kasdim 0430/BA Mayor Czi Agus Supriyadi, S.Ag berdasarkan ST Danrem 044/Gapo Nomor : ST/630/2018 tanggal 05 Oktober 2018 tentang Giat Istighosah, Dzikir dan doa bersama untuk korban bencana alam di Palu, Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

Selaku imam dalam Shalat Istighosa, do’a dan zdikir bersama itu yakni Ustadz Taharuddin, S.Pdi dan dihadiri Bupati Banyuasin yang diwakili oleh Sekda Banyuasin DR.Ir.H. Firmansyah, M.Sc, Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan, SH. M.Si, Ass II Pemkab Banyuasin Ir. Kosaruddin.

Selanjutnya Plt. Kepala Inspektorat Banyuasin Subhan Suryansyah, SE, Kabag Kesra Banyuasin Drs.H.A.Mastur, Dandim 0430/BA diwakili Kasdim 0430/BA Mayor Czi Agus Supriyadi, S.Ag, Kapolres Banyuasin diwakili AKP Hipni.

Juga turut hadir Kakemenag Banyuasin diwakili Kabag TU H. Mahyudin Iskandar, Imam besar Masjid Al-Amir Ustadz Taharuddin, S.Pdi Alhafiz, Para Danramil Jajaran Kodim 0430/BA, Para Perwira Staf Kodim 0430/BA, Para BA/TA Jajaran Kodim 0430/BA, Anggota Polres Banyuasin, Anggota Satpol PP Banyuasin dan Para Siswa/i MAN 1 Banyuasin.

Bencana gempa bumi disertai badai Tsunami yang pertama kali melanda Kabupaten Donggala, dan Palu, Provinsi Sulteng disikapi secara arif dan bijaksana oleh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Banyuasin dengan menggagas ide, pelaksanaan Shalat Istighosa, do’a dan zdikir bersama.

Dalam kegiatan Istighosah, Dzikir dan Doa bersama untuk korban bencana alam di Palu, Sigi dan Donggala didapat dana berjumlah Rp. 2. 799.000, 00 yang akan di Donasikan kepada para korban bencana alam di Palu, Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan Istighosah, Zikir dan Do’a bersama yang kita laksanakan pada hari ini, mengandung makna dan tujuan yang sangat mulia. Istighosah, zdikir dan do’a bersama merupakan wahana paling tepat untuk bermuhasabah, berserah diri, meminta pertolongan dan ridho serta perlindungan dari Allah SWT.

“Agar Bangsa dan Negara Indonesia senantiasa aman, damai dan dihindarkan dari segala bala dan bencana serta saudara-saudara kita yang berada di Palu, Donggala dan Sigi yang saat ini tengah mengalami cobaan dan kesusahan semoga diberikan kekuatan, kesabaran, keikhlasan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan serta segera dipulihkan seperti sediakala,” ujar Kasdim 0430/BA Mayor Czi Agus Supriadi, S.Ag.

Semua kejadian tersebut diluar kehendak kita semua, untuk itu mari kita berdoa bersama semoga arwah para korban diterima amal ibadahnya dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. “Mari kita bersama-sama bekerja bahu membahu dan berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita oleh saudara-saudara kita tersebut,” tutur dia.

Sebagaimana kita rasakan bersama lanjut dia, pada akhir-akhir ini Bangsa kita silih berganti ditimpa bencana. Bencana dan cobaan ini bila kita sadari mungkin karena perbuatan kita yang telah terlanjur berbuat zdalim serta lalai terhadap perintah-perintah Allah SWT, sebagaimana yang telah menimpa umat terdahulu seperti kaum ‘Ad dan Tsamud kerena mereka berani dan bangga melanggar aturan Allah SWT.

“Belajar dari kejadian yang menimpa umat terdahulu itu, mari kita bersama-sama Instropeksi diri (Bermuhasabah), karena mungkin kita telah melakukan seperti yang telah mereka lakukan. Dengan menyadari berbagai kesalahan dan segera memohon ampun terhadap dosa dan kesalahan yang pernah kita lakukan,” ucap dia.

Mari kita Istiqomah melaksanakan serta mentaati segala kewajiban dan perintah Allah SWT dan rosulnya sebagaimana yang telah dijanjikan Allah dalam Surat Al-Anfal Ayat 33, yang artinya “dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu ada diantara mereka, dan tidaklah pula Allah akan mengazab mereka.

“Sedangkan mereka meminta ampun” dalam Surat Ar-Rum Ayat 41 Allah menjelaskan : “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia”, urainya singkat.

Kasdim juga mengajak marilah bersama-sama berdoa semoga Allah SWT yang maha kuasa selalu memberikan perlindungan, keselamatan, kedamaian, kerukunan dan ketentraman kepada Bangsa Indonesia serta dijauhkan dari segala balak dan bencana.

Sementara Bupati Banyuasin ya yang disampaikan Sekda Banyuasin DR. Ir. H. Firmansyah, M.Sc mengajak terlebih dahulu marilah kita berdo’a untuk saudara-saudara kita yang saat ini tertimpa bencana gempa bumi dan Tsunami di Sulawesi Tengah khususnya kota Donggala dan Palu.

“Semoga mereka diberikan kekuatan Iman dan Islam serta kesabaran dalam menghadapi cobaan tersebut. Demikian pula sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan, ujian dan cobaan yang sering terasa amat berat dan kompleks, kita harus tetap tegar tidak boleh menyerah justru semakin kompak, rukun dan bersatu,” kata dia.

Dia menambahkan, jangan kita saling salah menyalahkan, marilah dengan penuh kesadaran kita bekerja lebih keras lagi menjemput kemakmuran yang dijanjikan Allah dalam Al-Qur’an demi terwujudnya kesejahteraan rakyat secara keseluruhan khususnya di Kabupaten yang kita cintai ini.

Doa dan dzikir akbar ini lanjut dia, tentunya merupakan bagian dari wujud upaya kita untuk merenungkan kembali nilai-nilai luhur, dan ungkapan penghormatan atas kecintaan kita yang mendalam kepada Nabi Muhammad SAW serta dalam rangka menyemarakkan syiar Islam di Negeri Bumi Sedulang Setudung tercinta.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah saya sangat, memberikan apresiasi dan terima kasih yang tulus kepada Kodim 0430/Banyuasin beserta jajaran atas terlaksananya kegiatan doa dan zdikir akbar pada hari ini,” ujar dia.

Kegiatan dzikir bersama ini tentunya merupakan kewajiban yang dituntun dalam ajaran Islam yang mulia. Berkenaan dengan itu, pada kesempatan ini perkenankan saya mengajak kita semua untuk marilah kita awali dzikir ini dengan niat dan doa yang tulus.

“Kiranya melalui dzikir ini Allah SWT mengampuni dosa, kehilafan dan kesalahan yang pernah kita lakukan selama ini, kiranya hari esok kita akan dituntun untuk mampu mengatasi berbagai persoalan yang kita hadapi dalam membangun daerah ini menuju negeri yang baldatun thayibatun warabbul ghafur, tutup dia. (Adam)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PALI - 24-May-2019, 13:22

Ringankan korban kebakaran, TNI-Polri melakukan ini ?

LAHAT - 24-May-2019, 09:58

Urkes Polres Banyuasin Terjun Langsung Cek Kesehatan Personil Saat Siaga 1

MUARA ENIM - 24-May-2019, 03:47

Masyarakat Kec. Lubai Sambut kehadiran Wagup Sumsel dan Wabup Muara Enim

MUARA ENIM - 23-May-2019, 23:49

Bupati Muara Enin Minta Kades Untuk Jalankan APBDes 2019 dengan Baik

OKU SELATAN - 23-May-2019, 23:41

Safari PGK OKU Selatan, Bagikan Santunan, Buku Hingga Alat Kebersihan Masjid

BANYU ASIN 23-May-2019, 23:40

Erwin : Sangat Minimnya Penelitian, Kita Tertinggal Dari Negara Tetangga

MUARA ENIM - 23-May-2019, 23:00

Wagub Sumsel dan Wabup Muara Enim Safari Ramadhan bersama Warga Lubai

OKU - 23-May-2019, 22:45

Bupati OKU Didampingi Kapolres OKU Serahkan Bantuan Pada Masjid Al-falah

BANYU ASIN 23-May-2019, 17:55

PPDB SMAN 1 Banyuasin III Melalui Tiga Jalur

PALI - 23-May-2019, 17:52

Warga PALI keluhkan, dibatasinya akses medsos

BANYU ASIN 23-May-2019, 12:31

Dukung Banyuasin Religius, Satpol PP Banyuasin Tingkatkan Razia

BANYU ASIN 23-May-2019, 12:19

Bappeda Litbang Banyuasin Sosialisasikan Perencanaan Berbasis Geospasial

BANYU ASIN 23-May-2019, 12:18

Hari Ke-2 Siaga 1, Sitkamtibmas di Bawaslu Provinsi Sumsel Terpatau Kondusif

OKU - 22-May-2019, 15:58

Karyawan Minanga Ogan Kembali Unjuk Rasa Lantaran Mestinya 20 Mei Sudah Terima Gaji

BANYU ASIN 22-May-2019, 13:57

Siaga Satu, 254 Personil Polres Banyuasin Siaga di kantor Bawaslu Provinsi Sumsel

PALEMBANG - 22-May-2019, 13:14

DEMA UIN Raden Fatah Palembang Ajak Milenial Utamakan Persatuan NKRI

BANYU ASIN 22-May-2019, 10:23

Polres Banyuasin Doakan Para Personil Polri – TNI Yang Melakukan Pengamanan Pasca Pemilu

PALEMBANG - 21-May-2019, 23:49

Suparman Romans : Kenaikan Tarif PBB Tidak Rasional

MUARA ENIM - 21-May-2019, 23:02

Bupati Muara Enim Tutup Secara Resmi Festival Anak Yatim dan Du’afa

MUARA ENIM - 21-May-2019, 23:00

Bupati Muara Enim Pimpin Rapat penyelesaian Sengaketa Warga 3 Desa dengan PT GPP

BANYU ASIN 21-May-2019, 22:00

Pasca Pemilu 2019 Dan Penetapan KPU RI, Pemkab Banyuasin Gelar Deklarasi Damai

PAGAR ALAM - 21-May-2019, 21:57

JADI TUAN RUMAH JPD PROVINSI, PEMKOT PAGAR ALAM MAKSIMALKAN PERSIAPAN

OKU - 21-May-2019, 21:51

PT. SMBR Serahkan Secara Simbolis Bantuan Kepada Para Lurah Ring 1

OKU - 21-May-2019, 21:27

Unit Reskrim Polsek Lubuk Raja Bantu Warga Yang Membutuhkan Uluran Tangan

MUARA ENIM - 21-May-2019, 20:08

Saat Buka Festival, Bupati Muara Enim Umumkan Persiapan Perda untuk Anak Yatim dan Dhuafa

CATATAN SRIWIJAYA

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE

VIDEO

  • Pengurus PMII OKU Nyatakan Apresiasi TNI-Polri Yang Mengamankan Pemilu 2019
  • film pengkhianat
  • LAGU DAERAH SUMSEL