ISI

Sikapi Gempa Dan Tsunami Sulteng, Dandim 0430/BA Dan Forkopimda Gelar Istighosa, Do’a Dan Zdikir Bersama


10-October-2018, 19:53


BANYUASIN — Sikapi Musibah musibah gempa bumi dan Stunami yang melanda Kabupaten Donggala dan Palu Provinsi Sulteng, Dandim 0430 Banyuasin menggelar Shalat Istighosa, do’a dan Dzikir bersama di Masjid Al Amir komplek Perkantoran Pemkab Banyuasin. Rabu (10/10).

Giat ini berdasarkan surat perintah dari Komandan Kodim 0430/BA yang dibacakan oleh Kasdim 0430/BA Mayor Czi Agus Supriyadi, S.Ag berdasarkan ST Danrem 044/Gapo Nomor : ST/630/2018 tanggal 05 Oktober 2018 tentang Giat Istighosah, Dzikir dan doa bersama untuk korban bencana alam di Palu, Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

Selaku imam dalam Shalat Istighosa, do’a dan zdikir bersama itu yakni Ustadz Taharuddin, S.Pdi dan dihadiri Bupati Banyuasin yang diwakili oleh Sekda Banyuasin DR.Ir.H. Firmansyah, M.Sc, Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan, SH. M.Si, Ass II Pemkab Banyuasin Ir. Kosaruddin.

Selanjutnya Plt. Kepala Inspektorat Banyuasin Subhan Suryansyah, SE, Kabag Kesra Banyuasin Drs.H.A.Mastur, Dandim 0430/BA diwakili Kasdim 0430/BA Mayor Czi Agus Supriyadi, S.Ag, Kapolres Banyuasin diwakili AKP Hipni.

Juga turut hadir Kakemenag Banyuasin diwakili Kabag TU H. Mahyudin Iskandar, Imam besar Masjid Al-Amir Ustadz Taharuddin, S.Pdi Alhafiz, Para Danramil Jajaran Kodim 0430/BA, Para Perwira Staf Kodim 0430/BA, Para BA/TA Jajaran Kodim 0430/BA, Anggota Polres Banyuasin, Anggota Satpol PP Banyuasin dan Para Siswa/i MAN 1 Banyuasin.

Bencana gempa bumi disertai badai Tsunami yang pertama kali melanda Kabupaten Donggala, dan Palu, Provinsi Sulteng disikapi secara arif dan bijaksana oleh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Banyuasin dengan menggagas ide, pelaksanaan Shalat Istighosa, do’a dan zdikir bersama.

Dalam kegiatan Istighosah, Dzikir dan Doa bersama untuk korban bencana alam di Palu, Sigi dan Donggala didapat dana berjumlah Rp. 2. 799.000, 00 yang akan di Donasikan kepada para korban bencana alam di Palu, Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan Istighosah, Zikir dan Do’a bersama yang kita laksanakan pada hari ini, mengandung makna dan tujuan yang sangat mulia. Istighosah, zdikir dan do’a bersama merupakan wahana paling tepat untuk bermuhasabah, berserah diri, meminta pertolongan dan ridho serta perlindungan dari Allah SWT.

“Agar Bangsa dan Negara Indonesia senantiasa aman, damai dan dihindarkan dari segala bala dan bencana serta saudara-saudara kita yang berada di Palu, Donggala dan Sigi yang saat ini tengah mengalami cobaan dan kesusahan semoga diberikan kekuatan, kesabaran, keikhlasan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan serta segera dipulihkan seperti sediakala,” ujar Kasdim 0430/BA Mayor Czi Agus Supriadi, S.Ag.

Semua kejadian tersebut diluar kehendak kita semua, untuk itu mari kita berdoa bersama semoga arwah para korban diterima amal ibadahnya dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. “Mari kita bersama-sama bekerja bahu membahu dan berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita oleh saudara-saudara kita tersebut,” tutur dia.

Sebagaimana kita rasakan bersama lanjut dia, pada akhir-akhir ini Bangsa kita silih berganti ditimpa bencana. Bencana dan cobaan ini bila kita sadari mungkin karena perbuatan kita yang telah terlanjur berbuat zdalim serta lalai terhadap perintah-perintah Allah SWT, sebagaimana yang telah menimpa umat terdahulu seperti kaum ‘Ad dan Tsamud kerena mereka berani dan bangga melanggar aturan Allah SWT.

“Belajar dari kejadian yang menimpa umat terdahulu itu, mari kita bersama-sama Instropeksi diri (Bermuhasabah), karena mungkin kita telah melakukan seperti yang telah mereka lakukan. Dengan menyadari berbagai kesalahan dan segera memohon ampun terhadap dosa dan kesalahan yang pernah kita lakukan,” ucap dia.

Mari kita Istiqomah melaksanakan serta mentaati segala kewajiban dan perintah Allah SWT dan rosulnya sebagaimana yang telah dijanjikan Allah dalam Surat Al-Anfal Ayat 33, yang artinya “dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu ada diantara mereka, dan tidaklah pula Allah akan mengazab mereka.

“Sedangkan mereka meminta ampun” dalam Surat Ar-Rum Ayat 41 Allah menjelaskan : “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia”, urainya singkat.

Kasdim juga mengajak marilah bersama-sama berdoa semoga Allah SWT yang maha kuasa selalu memberikan perlindungan, keselamatan, kedamaian, kerukunan dan ketentraman kepada Bangsa Indonesia serta dijauhkan dari segala balak dan bencana.

Sementara Bupati Banyuasin ya yang disampaikan Sekda Banyuasin DR. Ir. H. Firmansyah, M.Sc mengajak terlebih dahulu marilah kita berdo’a untuk saudara-saudara kita yang saat ini tertimpa bencana gempa bumi dan Tsunami di Sulawesi Tengah khususnya kota Donggala dan Palu.

“Semoga mereka diberikan kekuatan Iman dan Islam serta kesabaran dalam menghadapi cobaan tersebut. Demikian pula sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan, ujian dan cobaan yang sering terasa amat berat dan kompleks, kita harus tetap tegar tidak boleh menyerah justru semakin kompak, rukun dan bersatu,” kata dia.

Dia menambahkan, jangan kita saling salah menyalahkan, marilah dengan penuh kesadaran kita bekerja lebih keras lagi menjemput kemakmuran yang dijanjikan Allah dalam Al-Qur’an demi terwujudnya kesejahteraan rakyat secara keseluruhan khususnya di Kabupaten yang kita cintai ini.

Doa dan dzikir akbar ini lanjut dia, tentunya merupakan bagian dari wujud upaya kita untuk merenungkan kembali nilai-nilai luhur, dan ungkapan penghormatan atas kecintaan kita yang mendalam kepada Nabi Muhammad SAW serta dalam rangka menyemarakkan syiar Islam di Negeri Bumi Sedulang Setudung tercinta.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah saya sangat, memberikan apresiasi dan terima kasih yang tulus kepada Kodim 0430/Banyuasin beserta jajaran atas terlaksananya kegiatan doa dan zdikir akbar pada hari ini,” ujar dia.

Kegiatan dzikir bersama ini tentunya merupakan kewajiban yang dituntun dalam ajaran Islam yang mulia. Berkenaan dengan itu, pada kesempatan ini perkenankan saya mengajak kita semua untuk marilah kita awali dzikir ini dengan niat dan doa yang tulus.

“Kiranya melalui dzikir ini Allah SWT mengampuni dosa, kehilafan dan kesalahan yang pernah kita lakukan selama ini, kiranya hari esok kita akan dituntun untuk mampu mengatasi berbagai persoalan yang kita hadapi dalam membangun daerah ini menuju negeri yang baldatun thayibatun warabbul ghafur, tutup dia. (Adam)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

MUBA - 26-March-2024, 14:14

Mantapkan Persiapan Tuan Rumah MTQ ke-30, Pemkab Muba Kembali Gelar Rapat Bersama OPD Terkait dan EO 

MUARA ENIM - 26-March-2024, 13:37

Lakukan Walping, Serka Ibrahim Hadiri Mediasi Antara Masyarakat Dengan PT BAS

PALEMBANG - 26-March-2024, 13:21

Pj. Bupati Banyuasin Terima Penghargaan Kategori Birokrat Peduli Pers

BANYU ASIN 26-March-2024, 13:11

KEPALA DESA PANGKALAN PANJI SALURKAN BLT EKTREM 

MUBA - 26-March-2024, 12:54

Memalukan,Mantan Angota DPRD Muba Serang Panwascam dan Komisioner Bawaslu 

LAHAT - 26-March-2024, 01:16

Jalan Lintas Merapi – Muara Enim Macat Total, Termasuk Mobil Pj Bupati Lahat

MUARA ENIM - 25-March-2024, 21:39

Team Trabas Polsek Gunung Megang Tangkap Pelaku Pengguna Narkoba di perlintasan rel kereta api

LAHAT - 25-March-2024, 21:31

Polres Lahat Buka Puasa Bersama Personel, Bhayangkari Lahat dan Anak Yatim 

BANYU ASIN 25-March-2024, 19:39

RAPAT PARIPURNA PERTANGGUNGJAWABAN LKPJ BUPATI BANYUASIN TAHUN 2023 

MUBA - 25-March-2024, 19:38

Pj Bupati Apriyadi Hadiri Pelantikan Pengurus PWI Sumsel 2024-2029 

MUARA ENIM - 25-March-2024, 19:24

Bukit Asam (PTBA) Bantu Warga Desa Bangkitkan Usaha Jamur Tiram

PALEMBANG - 25-March-2024, 19:05

Mapolda Sumsel Banjir Karangan Bunga, Dukung Polisi Tindak Tegas Premanisme Berkedok Debt Collector 

PALEMBANG - 25-March-2024, 19:04

Mapolda Sumsel Banjir Karangan Bunga, Dukung Polisi Tindak Tegas Premanisme Berkedok Debt Collector 

PALEMBANG - 25-March-2024, 18:15

Bidpropam Polda Sumsel Pastikan AIPTU FN Diproses Pelanggaran Etik POLRI dan Pidana 

MUBA - 25-March-2024, 14:34

Tuntaskan Permasalahan Masyarakat, Pemkab Muba Gelar Mediasi Bersama PT BSS 

PALEMBANG - 25-March-2024, 14:32

Awal April Peralihan Jaringan Listrik MEP ke PLN Dimulai 

OKU - 25-March-2024, 14:27

Kebelet Berat Ujung, Pemuda Ini Paksa Masukkan Anunya Ke Mulut Teman Ceweknya Sampai Muncr*t , Lalu Ancam Sebarkan Video Porno Korban.

MUARA ENIM - 25-March-2024, 14:04

Babinsa Koramil 404-05/TE, Lakukan Pembinaan Komsos, Himbau Anak Muda Supaya Tidak Balap Liar

LAHAT - 24-March-2024, 23:28

PJ WALI KOTA PAGAR ALAM GELAR PENUTUPAN GIAT PAGAR ALAM WEDDING EXPO 2024

LAHAT - 24-March-2024, 22:05

PWI Lahat Borong Hadiah Mancing Mania Bersama PTBA 

LAHAT - 24-March-2024, 21:34

Polres Lahat Gelar Apel Patroli dan Razia Berskala Besar 

PALEMBANG - 24-March-2024, 21:32

Polda Sumsel Terbitkan AIPTU FN DPO 

PALEMBANG - 24-March-2024, 17:08

Apriyadi Dinobatkan Birokrat Peduli Pers oleh PWI Sumsel 

MUARA ENIM - 24-March-2024, 04:12

Didampingi Dandim, PJ Bupati Muara Enim Gelar Pasar Murah

BANYU ASIN 23-March-2024, 23:59

WARGA TANAH MAS INDAH TOLAK TRUK GALIAN C MELINTAS 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE