ISI

DI BOGOR, KADISKOMINFO KENALKAN PENGELOLAAN INFRASTRUKTUR E-GOVERNMENT BANYUASIN


28-May-2018, 22:15[post-views]


BANYUASIN — Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Banyuasin Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA didaulat sebagai salah satu narasumber pada Workshop di Bogor, Provinsi Jawa Barat. Workshop yang digelar Kementerian Kominfo RI ini bertajuk ‘Workshop Infrastruktur E-Government Nasional” di Hotel Aston Sentul Lake Resort, Bogor, Senin (28/05/2018).

Acara ini merupakan fasilitasi dari Direktorat e-Government Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui penyediaan infrastruktur e-Government melalui Private Network Security (PNS) Box. Pada saat ini Pengelolaan data elektronik pemerintah yang andal bukan hanya sekadar kebutuhan masing-masing instansi sektoral. Lebih dari itu, guna memastikan layanan lembaga pemerintah berlangsung efektif dan efisien dibutuhkan  pengelolaan terintegrasi.

Erwin Ibrahim dalam materinya menjelaskan tentang pengelolaan Infrastruktur e-Government di Kabupaten Banyuasin. Dinas Kominfo menurutnya memiliki peran sebagai Policy, think/tank, koordinasi, dan adminiatrasi. “Peran pelayanan publik berbasis elektronik dimulai sejak perencanaan sampai akuntabilitas” kata Erwin

Dalam mengatasi beberapa masalah yang terjadi antara lain belum adanya pusat infrastruktur yang meng- integrasikan seluruh pelayanan publik, kurangnya pemanfaatan dan kesadaran dari OPD tentang pentingnya integrasi TIK. Erwin mengungkapkan pihaknya akan melakukan beberapa langkah strategis antara lain menyediakan infrastruktur yang terencana terintregasi dan berkelanjutan, menyediakan produk hukum daerah yang mengatur tata kelola TIK, dan Sistem aplikasi elektronik integrasi pelayanan publik.

“Kita sudah dan sedang mengembangkan data center yang handal sebagi pusat pengendali infrastruktur TIK yang terintregasi. Kemudian melakukan manajemen internet protokol address, identitas server dan distribusi jaringan. Mengatur distribusi backbone, monitoring jaringan, mengedukasi ASN, mencari pembiayaan non APBD, dan memberdayakan infrastruktur publik” papar Erwin

Sementara, seperti dilansir dari laman resmi Keenkominfo RI, Kasubdit Teknologi dan Infrastruktur e-Government Bambang Dwi Anggono mengungkapkan saat ini dunia telah memasuki era connectivity dan internet of things (IoT) yang membuat batasan ruang diterjang dan waktu dipersingkat.  Demikian juga dalam tata kelola pemerintahan, penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau yang lebih dikenal dengan e-Government adalah sebuah keniscayaan

Ia melanjutkan PNS Box memanfaatkan teknologi Virtual Private Network (VPN) dengan arsitektur pemerintah provinsi berperan sebagai penghubung untuk pemerintah kabupaten dan kota. “Semua akan terkoneksi dengan seluruh Indonesia. Ke depan, dengan andanya interkoneksi ini diharapkan bisa digunakan untuk pertukaran data antar instansi, misalnya data kependudukan,” jelasnya.

Dalam Workshop Teknis Pengamanan Infrastruktur e-Goverment melalui PNSBox Tingkat Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota di Wilayah Jawa dan Sumatera, Ditjen Aptika memandu dan memberikan gambaran bagi Pengelola TIK pemerintah daerah untuk melakukan inventarisasi aplikasi, perangkat teknologi informasi, jaringan, dan data center yang ada. “Kita memerlukan penyamaan persepsi bagi para peserta seminar teknis infrastruktur e-Government melalui Private Network Security (PNS) Box,” tegasnya.

Melalui kegiatan itu pula, Bambang Dwi Anggona menargetkan pemetaan infrastruktur e-Government di seluruh instansi pemeritah pusat, provinsi, kabupaten dan kota.  “Perlu kami tekankan bahwa data infrastruktur e-Government yang dimaksudkan merupakan data infrastruktur e-Government berasal dari seluruh unit kerja pada Instansi masing-masing.

Tak hanya itu, Kementerian Kominfo juga membantu menyiapkan pembekalan untuk aparatur sipil negara pengelola TIK. “Secara paralel kami juga mengadakan workshop teknis pengamanan infrastruktur e-Government bagi staf teknis sebagai upaya mewujudkan ASN Pemerintah Daerah yang mahir dalam menyelenggarakan infrastruktur yang andal,” jelasnya.

Kasubdit Teknologi dan Infrastruktur e-Government mengharapkan implementasi aplikasi dan layanan infrastruktur gratis dapat mempercepat pelaksanaan e-Government. “Para peserta workshop bisa mempercepat pelaksanaan e-government termasuk penerapan aplikasi seperti Simaya, Mantra dan PNS BOX. Selain itu Infrastruktur yang bisa digunakan adalah seperti hosting dan VPS,” harapnya.

Fitur Flesibel PNSBox

PNS Box merupakan sistem operasi berbasis UNIX yang diremasterisasi dari sistem operasi FreeBSD. Dengan penyempurnaan beberapa modul aplikasi antara lain keamanan jaringan, manajemen jaringan, web server diharapkan dapat lebih mudah diimplementasikan pada jaringan berskala kecil, besar, dan enterprise.

PNSBox dikembangkan dengan sistem berbasis open source yang memiliki fitur  Pelayanan, Pengaturan, dan Pengamanan Jaringan; Proxy, Accelerator, dan Bandwidth Management; NMS dan Pelayanan Aplikasi dan email.

Dalam PNS Box memungkinkan untuk penambahan fitur-fitur lain sesuai dengan kebutuhan pengguna, misalnya database server atau database application management.

“Fitur-fitur dalam PNS Box bersifat fleksibel yang dapat diaktif/non-aktifkan sesuai kebutuhan, skala jaringan, dan speksifikasi hardware,” jelas Bambang.

PNS Box dirancang sebagai sistem yang memiliki kemiripan dengan sistem yang dikembangkan oleh komunitas internasional. Baik itu pfSense (berbasis sistem operasi FreeBSD); ShoreWall (berbasis sistem operasi Linux); dan BackTrack (berbasis sistem operasi Linux).

Workshop bertema “Pemetaan dan Sinergitas Infrastruktur e-Government Nasional bagi Kepentingan Penyelenggaraan Otonomi Daerah” ini diikuti 192 peserta dari jajaran pimpinan dan pengelola Infrastruktur e-Government pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Jawa dan Sumatera.Turut hadir sebagai pemateri Deputi Sarana dan Prasarana BAPPENAS, Sylvain Gauget dari Sofrecom, Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Kepala Diskominfo Kota Bogor, dan Kepala Diskominfo Kab Banyuasin. (Adam/rell)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

LAHAT - 24-May-2019, 09:58

Urkes Polres Banyuasin Terjun Langsung Cek Kesehatan Personil Saat Siaga 1

MUARA ENIM - 24-May-2019, 03:47

Masyarakat Kec. Lubai Sambut kehadiran Wagup Sumsel dan Wabup Muara Enim

MUARA ENIM - 23-May-2019, 23:49

Bupati Muara Enin Minta Kades Untuk Jalankan APBDes 2019 dengan Baik

OKU SELATAN - 23-May-2019, 23:41

Safari PGK OKU Selatan, Bagikan Santunan, Buku Hingga Alat Kebersihan Masjid

BANYU ASIN 23-May-2019, 23:40

Erwin : Sangat Minimnya Penelitian, Kita Tertinggal Dari Negara Tetangga

MUARA ENIM - 23-May-2019, 23:00

Wagub Sumsel dan Wabup Muara Enim Safari Ramadhan bersama Warga Lubai

OKU - 23-May-2019, 22:45

Bupati OKU Didampingi Kapolres OKU Serahkan Bantuan Pada Masjid Al-falah

BANYU ASIN 23-May-2019, 17:55

PPDB SMAN 1 Banyuasin III Melalui Tiga Jalur

PALI - 23-May-2019, 17:52

Warga PALI keluhkan, dibatasinya akses medsos

BANYU ASIN 23-May-2019, 12:31

Dukung Banyuasin Religius, Satpol PP Banyuasin Tingkatkan Razia

BANYU ASIN 23-May-2019, 12:19

Bappeda Litbang Banyuasin Sosialisasikan Perencanaan Berbasis Geospasial

BANYU ASIN 23-May-2019, 12:18

Hari Ke-2 Siaga 1, Sitkamtibmas di Bawaslu Provinsi Sumsel Terpatau Kondusif

OKU - 22-May-2019, 15:58

Karyawan Minanga Ogan Kembali Unjuk Rasa Lantaran Mestinya 20 Mei Sudah Terima Gaji

BANYU ASIN 22-May-2019, 13:57

Siaga Satu, 254 Personil Polres Banyuasin Siaga di kantor Bawaslu Provinsi Sumsel

PALEMBANG - 22-May-2019, 13:14

DEMA UIN Raden Fatah Palembang Ajak Milenial Utamakan Persatuan NKRI

BANYU ASIN 22-May-2019, 10:23

Polres Banyuasin Doakan Para Personil Polri – TNI Yang Melakukan Pengamanan Pasca Pemilu

PALEMBANG - 21-May-2019, 23:49

Suparman Romans : Kenaikan Tarif PBB Tidak Rasional

MUARA ENIM - 21-May-2019, 23:02

Bupati Muara Enim Tutup Secara Resmi Festival Anak Yatim dan Du’afa

MUARA ENIM - 21-May-2019, 23:00

Bupati Muara Enim Pimpin Rapat penyelesaian Sengaketa Warga 3 Desa dengan PT GPP

BANYU ASIN 21-May-2019, 22:00

Pasca Pemilu 2019 Dan Penetapan KPU RI, Pemkab Banyuasin Gelar Deklarasi Damai

PAGAR ALAM - 21-May-2019, 21:57

JADI TUAN RUMAH JPD PROVINSI, PEMKOT PAGAR ALAM MAKSIMALKAN PERSIAPAN

OKU - 21-May-2019, 21:51

PT. SMBR Serahkan Secara Simbolis Bantuan Kepada Para Lurah Ring 1

OKU - 21-May-2019, 21:27

Unit Reskrim Polsek Lubuk Raja Bantu Warga Yang Membutuhkan Uluran Tangan

MUARA ENIM - 21-May-2019, 20:08

Saat Buka Festival, Bupati Muara Enim Umumkan Persiapan Perda untuk Anak Yatim dan Dhuafa

OKU - 21-May-2019, 17:23

Rapat Koordinasi Operasi Ketupat Musi 2019

CATATAN SRIWIJAYA

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE

VIDEO

  • Pengurus PMII OKU Nyatakan Apresiasi TNI-Polri Yang Mengamankan Pemilu 2019
  • film pengkhianat
  • LAGU DAERAH SUMSEL