ISI

Lapas Kelas IIA Lahat Lakukan MoU Dengan APH dan Stake Holder


31-January-2023, 15:31


LAHAT SRIWIJAYA ONLINE—— Demi untuk wujudkan Zona Integritas WBK Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Lahat, melakukan MoU dengan Aparat Penegak Hukum (APH) dan Stake Holder.

Penandatangan kerjasama dengan APH serta Stake Holder tersebut, dipusatkan di ruang Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat, dilaksanakan pada Selasa (31/1/2023) sekira pukul 10.45 WIB.

Turut hadir dalam giat penandatangan kerjasama itu, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr.Ilham Djaya beserta jajaran, Bupati Lahat diwakili Wabup Lahat H.Haryanto SE, MM, MBA, Kalapas Lahat Imam Purwato, dan jajaran, Kabapas Lahat Ferimansyah S.Sos, Kejari Lahat yang diwakili Kasi Pidsus Raden SH, Kapolres Lahat diwakili Wakapolres Lahat Kompol Feby Febriyana SIK, Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Toni Oky Priyono SIP, Kepala Pengadilan Negeri (PN) Lahat Renaldo Meiji Hasoloan Tobing SH MH, Kepala Pengadilan Agama Lahat, Kakamenag Lahat Drs Rusidy Ja’far, Kabag hukum Setda Lahat Aries Toteles SH, Dan Dodikjur, Secaba, Secata, Kepala BNN Kota Pagaralam, Kasat Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat Heri Kurniawan SSTP, MM, Kadis Naker Lahat diwakili Sekretaris Drs.Miharta MSi, MM, Kaban Kesbangpol Lahat Hendri SH, Kadinsos Lahat di wakili Sekretaris Budi Utama, Kadis PPPA, Kalapas Pagaralam, Kalapas Muara Enim, Kalapas Empat Lawang, Kalapas Lubuk Linggau, Kepala Imigrasi Muara Enim, Kadis PPPA Nurlela S.Ag, serta tamu undangan lainnya.

Sebelum kegiatan dimulai dengan sambutan, para tamu undangan disugukan dengan Tarian oleh warga binaan Perempuan dari Lapas Kelas IIA Lahat, lalu, pembacaan doa, dan dilanjutkan Penandatangan perjanjian kerjasama APH dan Stake Holder dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat.

Dalam acara penandatangan perjanjian kerjasama Aparat Penegak Hukum (APH) bersama Stake Holder dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat tersebut, langsung di Saksikan Wabup Lahat H.Haryanto SE, MM, MBA dan Kemenkumham Sumsel Dr.Ilham Djaya.

Kalapas IIA Lahat Kemenkumham Sumsel Imam Purwanto Bc.IP.SH.MH dalam sambutannya mengucapakan, terima kasih kepada semua rekan rekan yang telah hadir dalam rangka Perjanjian Kerjasama yang telah dilaksanakan pada hari ini.

Penandatangan perjanjian kerjasama dengan aparat penegak hukum (APH) dan Stake Holder dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat, yang semula akan dilakukan pada Senin kemarin, namun, dikarenakan sesuatu hal sehingga, baru dilaksanakan pada hari ini.

“Untuk diketahui warga binaan di Lapas Kelas IIA Lahat saat ini berjumlah 527 orang, diantaranya ada anak anak sebanyak 14 orang Alhamdulillah semuanya sehat. Giat ini merupakan salah satu bentuk untuk mewujudkan Zona Integritas WBK di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat dan melengkapi program hukum yang akan kami laksanakan kedepannya.Terkahir nanti di akhir kegiatan Kakanwil Kemenkumham Sumsel juga akan meresmikan Blok Anak di Lapas kelas IIA Lahat,” kata Kalapas Kelas II Lahat.

Bupati Lahat diwakili Wabup Lahat H.Haryanto SE, MM, MBA menegaskan, melalui kegiatan ini agar dapat mewujudkan akses terhadap keadilan dan kesamaan didepan hukum bagi seluruh masyarakat, dengan menjamin hak warga Negara Republik Indonesia sebagaimana dituangkan dalam UUD 1945.

Diharapkan jaminan terhadap hak konstitusional, setiap orang untuk mendapatkan pengakuan jaminan perlindungan dan kepastian hukum yang adil, serta perlakuan yang sama di hadapan hukum dapat dilaksanakan lebih baik lagi.

Selain itu, dikatakan Wabup Lahat, dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Pemerintah dan bisa dimaklumi bersama akhir akhir ini, banyak permasalahan-permasalahan hukum dihadapi Pemkab Lahat yang harus mendapatkan perhatian khusus seperti masalah Pajak, Retribusi, Royalti, Pengadaan Barang dan Jasa serta masalah Aset Daerah yang tidak dapat dikuasai oleh Pemerintah Daerah termasuk penegak kewibawaan Pemerintah.

Dari semua permasalahan yang ada, dimungkinkan karena kurangnya pengetahuan dan kewenangan Aparatur Pemerintah dalam menindaklanjuti sesuai dengan Mekanisme serta aturan yang berlaku.

“Sehingga, harapan kami dengan adanya kerjasama ini dapat terjalin hubungan yang harmonis dengan Aparatur Penegak Hukum dan Stakeholder lainnya,” ujar H.Haryanto.

Sementara, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr.Ilham Djaya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Lahat yang telah merespon baik dalam kegiatan Penandatanganan Kerjasama ini.

“Kami bersyukur, kita telah melaksanakan penandatanganan 12 MoU, kuncinya sebenarnya hanya satu dari semua prinsip di Lapas tidak boleh Napi dan Tahanan itu masuk lebih jelek sebelum, yang artinya kalau dia masuk jelek saat dia keluar harus bagus, dan Negara harus Adil,” ucap Ilham Djaya.

Usai dari acara penandatanganan kerjasama, kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Blok anak anak di Lapas Kelas IIA Lahat oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr.Ilham Djaya didampingi Forkompinda Kabupaten Lahat. (Din)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

BANYU ASIN 14-March-2024, 23:59

DUA ASN DI BANYUASIN JADI TERSANGKA 

PAGAR ALAM - 14-March-2024, 23:45

PJ.WALIKOTA PAGAR ALAM GELAR SHOLAT TARAWIH DI GRIYA TEGU WANGI

BANYU ASIN 14-March-2024, 22:42

PJ BUPATI BANYUASIN SAFARI RAMADHAN 1445 H 

MUBA - 14-March-2024, 22:17

Pemkab Muba Terima Kunjungan Ombudsman RI Sumsel 

BANYU ASIN 14-March-2024, 19:13

RUMAH SINGGAH DINSOS DI RESMIKAN PJ BUPATI BANYUASIN 

BANYU ASIN 14-March-2024, 19:12

FORUM KONSULTASI PUBLIK RKPD DIBUKA PJ BUPATI BANYUASIN 

LAHAT - 14-March-2024, 18:42

Polres Lahat Berikan Bantuan Sembako Untuk Purnawirawan dan Warakauri 

PALEMBANG - 14-March-2024, 18:18

Ungkap Jaringan Narkoba Terbesar, Polda Sumsel Terima Penghargaan Lemkapi 

MUBA - 14-March-2024, 17:45

PJ Sekda Muba : Survei Seismik diharapkan Mampu Serap Tenaga Kerja Lokal 

MUBA - 14-March-2024, 17:35

Bantu Umak Dicairkan, Pj Bupati Apriyadi Buat Emak-emak Sumringah Saat Bulan Puasa 

PALEMBANG - 14-March-2024, 15:07

AKBP Yenni Diarty SIK Jabat Kasat Lantas Polrestabes Palembang 

LAHAT - 14-March-2024, 15:01

Subbid Penmas Polda Sumsel Tampung Tuntutan LSM GEMPUR 

OKU - 14-March-2024, 13:31

Buka Puasa Bersama Dirut PT. SSP, Serahkan Bantuan Dana Operasional & Perbaikan Masjid

LAHAT - 14-March-2024, 10:36

Team SERGAP Kota Lahat Ungkap Kasus Curas 

PALEMBANG - 13-March-2024, 21:52

Kapolda Sumsel menerima Audiensi Kakanwil BPN Provinsi Sumsel 

BANYU ASIN 13-March-2024, 19:13

PEMDA BANYUASIN ATASI BANJIR NORMALISASI SUNGAI GASING 

MUBA - 13-March-2024, 18:10

Pj Bupati Apriyadi Buka Pasar Beduk, Spot Baru Dongkrak UMKM di Muba 

MUARA ENIM - 13-March-2024, 16:27

Sat Narkoba Polres Muara Enim Ringkus ‘GP’ Bandar Narkoba

OKU - 13-March-2024, 16:14

Ini Harapan Pj. Bupati OKU Pada Direktur PDAM Tirta Raja OKU Yang Dilantik,

MUBA - 13-March-2024, 16:11

Eksekutif – Legislatif Setujui Jadwal Pembahasan LKPJ TA 2023 

OKU - 13-March-2024, 15:32

Pasar Beduk Baturaja Merupakan Tradisi Positif Sejak Lama.

MUBA - 13-March-2024, 13:51

Pj Bupati Apriyadi Fasilitasi Mudik Lebaran Gratis ke Muba 

BANYU ASIN 13-March-2024, 13:49

PASAR BAZAR MURAH DIGELAR DI TALANG KElAPA 

LAHAT - 12-March-2024, 23:59

Hari Pertama Puasa, Pangdam II/Sriwijaya Buka Bersama Dengan Anak Panti dan Forkompinda Lahat 

LAHAT - 12-March-2024, 23:59

Polres Lahat Gelar Patroli Stasioner Gabungan 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE