ISI

BINTARA REMAJA ANGKATAN 47 POLRES MURA IKUTI EKSDAR


24-September-2022, 23:48


SRIWIJAYAONLINE.COM, MUSI RAWAS-25 personel Bintara Remaja (Baja), Angkatan 47 Polres Musi Rawas (Mura), mengikuti Ekspedisi Darat (Eksdar), sekaligus tradisi upacara pembaretan.

Dimana Eksdar dan Pembaretan dilaksanakan dengan cara mendaki medan terjal perbukitan wisata alam Bukit Gatan, di Desa Sukorejo, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Mura, sekitar pukul 06.00 WIB, Sabtu (24/9/2022).

Hadir sekaligus mempimpin langsung jalannya serangkaian kegiatan Ekpedisi darat, sekaligus posesi upacara pembaretan, Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono didampingi Wakapolres, Kompol Willian Harbensyah, Kabag Ops Kompol, Polin E.A Pakpahan, Kabag SDM, Kompol Harisson Manik.

Selain itu juga dihadiri, Kasi Humas AKP Purwono Jaya, Kasat Narkoba, AKP Herman, Kasat Lantas, AKP Budi Harto, Kasat Intelkam, AKP Rudi Hartono, Kasat Samapta, AKP Heri Hurairah, Kapolsek Terawas, AKP Nastain, Kapolsek Muara Lakitan, AKP Ujang AR, Kapolsek BTS Ulu, Iptu Nopera bersama jajaran PJU Polres Mura dan 25 personel Baja, Angkatan 47 Polres Mura.

Perjalan penuh tantangan begitu terasa, ketika para Baja, melangsungkan ekpedisi daratnya. Masing-masing peserta terbagai beberapa kelompok dengan dipandu para panitia memulai perjalanya dengan dilepas langsung Kepala Desa Sukorejo.
Kemudian, dibeberapa titik lokasi setiap kelompok secara estapet menghampiri pos pembekalan materi.

Sebelum melaksanakan perjalanan, Wakapolres Mura, Kompol Willian Harbensyah, memimpin apel sebelum keberangkatan, mengatakan bahwa hari ini kita berkumpul dikaki Bukit Gatan, ada beberapa hal kegiatan eskpedisi dikhususkan kegiatan pembaretan bintara remaja.

“Tradisi sengaja dilaksanakan sehingga nantinya benar-benar dihargai susahnya mendapatkan baret,” kata wakapolres.

Wakapolres menjelaskan, baret merupakan lambang kehormatan besar Satuan Samapta, dalam artian mempererat tali silahturahmi personel. Nantinya, akan terlihat sifat individu masing-masing personel, kebersamaan dilihat ketika berada diatas, khususnya melewati beberapa pos mengikuti kegiatan.

“Jaga, keselamatan, dari informasi, tim melaporkan medan cukup berat, baik dipos 1 2 dan 3 hingga dipos 4. Maka harus hati-hati dan tetap kerjasama. Tim dokes berperan, misal menangani pertolongan pertama tabung oksigen, sekali lagi kegiatan paling utama keselamatan diri. Jika ada butuh pertolongan, terdekat tolong beri bantuan, jaga kekompakan rekan-rekan dari atas kebawah, begitupun sebaliknya, dari atas turun kebawah,” pesan Kompol Willian.

Selanjutnya, setelah menempuh waktu perjalan mendaki selamat tiga jam. Tibalah, dipucak bukit para peserta dikumpulkan mengikuti upacara tradisi pembaretan secara langsung dipimpin, Kapolres Mura AKBP Achmad Gusti Hartono.

Dalam sambutanya, AKBP Achmad Gusti Hartono, mengpresiasi semangat para bintara remaja. Yang mana, secara langsung terpantau kalau kesemuanya dalam kondisi sehat, dengan tanpa ada kendala berjalan kaki, menerima materi pembekalan, hingga dengan mendaki sampai ke puncak bukit Gatan ini.

“Semua ini merupakan tradisi, dimana kita pastikan peserta ekpedisi darat dan pembaretan di ikuti oleh 25 orang bintara. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan dimula berjalan kaki, mendaki mengikuti pembekalan. Ya, kepada adik-adik jadikan ini sebuah pengalaman,” kata AKBP Achmad Gusti.

Kapolres Mura menuturkan, upacara Tradisi Pembaretan 25 Bintara Remaja (Baja), Angkatan 47 Satuan Samapta Polres Mura Tahun 2022.

“Tentunya melalui beberapa kegiatan rangkaian pembaretan, apa yang dilalui banyak kenangan, pengalaman pribadi dan untuk diceritakan kepada keluarga,” kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, pembaretan ini bertujuan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta integritas polri supaya anggota polri khususnya personil Polres Mura semakin kompak dan barsatu dijauhkan dari perbutan tercela yang merugikan diri sendiri.

Serta, tidak melakukan pelanggaran terhadap institusi polri menjaga marwah polri untuk dapat dicintai oleh masyarakat umum khususnya warga masyarakat Musi Rawas dan sekitarnya.

“Oleh sebab itu baret ini adalah sebuah simbol dari kemampuan, khususnya Samapta dimana simbol ini merupakan dasar kepolisian,” jelas suami Ny Irene Gusti Hartono.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, sebelum sampai dipuncak ini, personel telah melewati pos-pos, dimana disetiap pos para personel diberikan pertanyaan sekaligus pendoman sebagai anggota Polri.

Dan, secara pribadi serta sebagai anggota Polri harus dipedomani, dipahami dan dipraktekan baik dalam kehidupan pribadi hingga dalam menjalankan tugas sebagai anggota Polri.

Baret coklat, ini merupakan simbol menganalisa, memiliki daya juang dan baret coklat merupakan asal mula dan tempat kalian hidup (Pijak), dalam artian Bumi, bahwa Samapta harus jadi seorang diandalkan sekaligus dipupuk, ditanam dan bahkan menjadi tulang punggung Polres Mura.

“Dan, harus menjadi mitra masyarakat, penompang masyarakat dalam artian apabila masyarakat melapor meminta bantuan, maka harus memberikan bantuan, pelayanan terbaik untuk masyarakat, karena tugas seorang Polri yakni, melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum,” papar perwira low profil ini.

Kembali, AKBP Gusti sapaanya memaparkan, sebagai seorang anggota Polri tentunya harus mempunyai kemampuan, seperti salah satu contoh personel dibidang Turjawali maka harus mengerti dalam tugasnya yakni, paham dalam unit pengaturan, penjagaan, pengawalan dan Patroli, kemudian, Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP), lalu Tindak Pidana Ringan (TIPIRING).

Jadilah polisi yang cerdas dalam berbagai hal, dalam negosiator, dalam kepedulian seperti contoh yang dilakukan hari ini, meningkatkan kesatuan, kepedulian, meningkatkan kemampuan, menjaga fisik dan peralatan.

Jadi baret itu, bukan gagah-gagahan sebagi Polri, namun mempunyai simbol gagah dalam bermitra, empati, menjalankan tugas serta menjalankan kemampuan sebagai anggota Polri.

“Saya berpesan dan berharap, kepada personel sekaligus adik-adik saya, jadilah polisi yang bermitra dan dicintai masyakarakat, serta bisa membantu, melaksanakan semaksimal mungkin harapan masyarakat,” harap perwira berpangkat melati dua yang dikenal peduli terhadap personelnya ini.

Dias/HumasPolresMura

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Pin on Pinterest

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PALEMBANG - 12-April-2024, 19:05

Pakai Batik Motif Ambung Dan Khaman, Pj. Bupati Muara Enim Bersama Jajaran Silaturahmi ke Griya Agung 

MUARA ENIM - 12-April-2024, 19:04

Himbauan Kaposyan Jembatan Enim Dua untuk Keselamatan di Masa Arus Balik 

MUARA ENIM - 12-April-2024, 19:03

Pantauan Situasi Arus Balik di Pos Pelayanan Cinta Kasih Kec. Belimbing mulai Padat 

LAHAT - 11-April-2024, 21:59

Muhammad Farid : “Tepian Sungai Lematang Akan Menjadi Atensi Pemkab Lahat”

PALEMBANG - 11-April-2024, 20:47

Kompak Pakai Gambo Muba, Pj Bupati Apriyadi Boyong Kepala OPD Halal Bihalal ke Forkopimda Sumsel 

LAHAT - 11-April-2024, 18:51

Waw.!!! Video Remaja Bermesraan di Tepian Sungai Lematang Viral Didunia Maya 

LAHAT - 11-April-2024, 17:49

Dua Warga Desa Setupe Digiring Kesel Tahanan Polsek Tanjung Sakti 

LAHAT - 10-April-2024, 16:22

Halal Bihalal Kapolres Lahat Dengan Forkopimda Lahat 

PALEMBANG - 10-April-2024, 16:20

Kapolda Sumsel Datangi Mapolsek Plaju Berikan Penghargaan Kepada Personel 

LAHAT - 10-April-2024, 15:01

Polres Lahat Bersama Forkopimda Cek dan Kontrol Serta Pemberian Bingkisan 

BANYU ASIN 10-April-2024, 12:23

PJ BUPATI BANYUASIN SHOLAT IDUL FITRI 1 SAWAL 1445 H 

MUBA - 10-April-2024, 11:11

Bareng Keluarga dan Warga Muba, Pj Bupati Apriyadi Salat Id di Rumdin 

MUBA - 10-April-2024, 11:10

Gelar Halal Bihalal Terbuka untuk Warga Muba, Pj Bupati Apriyadi Siapkan Jajanan Gerobak UMKM 

MUBA - 9-April-2024, 23:59

Pj Bupati Apriyadi Pawai Takbir Bareng Ribuan Warga Muba 

MUARA ENIM - 9-April-2024, 21:20

Babinsa Koramil 404-05/TE, Himbau Anak Muda Untuk Tidak Kebut-Kebutan Saat Bermotor

PAGAR ALAM - 9-April-2024, 19:03

Sebab Antri di ATM, Fernando Ditangkap Team Opsnal Polres Pagar Alam

OKU - 9-April-2024, 16:04

Penyandang Tuna Netra Mendapat Bingkisan Lebaran Dari Polres Oku

PAGAR ALAM - 9-April-2024, 13:53

 POLRES PAGAR ALAM GELAR PEMBAGIAN SEMBAKO KEPADA PERSONEL YANG MELAKSANAKAN OPERASI KETUPAT MUSI 2024

LAHAT - 9-April-2024, 07:51

Amankan Sandra, Tim Jagal Bandit Polres Lahat Ungkap Kasus Pengeroyokan 

LAHAT - 9-April-2024, 07:50

Kapolres Lahat Cek Pos Pam Jalur Mudik Idul Fitri 1445 H Sekaligus Berikan Bingkisan 

LAHAT - 9-April-2024, 07:49

Polres Lahat Polda Sumsel Evakuasi Penumpang Bus Marlin Alami Kerusakan 

MUBA - 8-April-2024, 22:54

Usai Salat Id, Pj Bupati Apriyadi Buka Rumah Dinas untuk Halal Bihalal dengan Warga

OKU - 8-April-2024, 21:02

Bingkisan Lebaran Dari Kapolres OKU Untuk Purnawirawan Polri Dan Warakawuri

BANYU ASIN 8-April-2024, 20:40

Kapolda Sumsel Beserta PJU, PJ Bupati dan Kapolres Banyuasin Tinjau Arus Lalin H-2 Lebaran Dibetung 

LAHAT - 8-April-2024, 20:39

Peras Sopir Uang 20 Ribu, Warga Bunga Mas Kikim Timur Dijebloskan Kepenjara 

CATATAN SRIWIJAYA

  • Catatan Sriwijaya 26-November-2023, 22:50

    DETERMINASI POLITIK TERHADAP HUKUM

    Oleh Burmansyahtia Darma,S.H.

    Muara Enim - Pemilihan Calon Legislatif atau yang trend nya Calon Anggota D

APA dan SIAPA

FACEBOOKERS SRIWIJAYA ONLINE